Ilustrasi rem tangan yang alami macet (Dok: medcom.id)

Rem Tangan Mobil Sering Macet? Begini Cara Mengatasinya!

Dimas | Otomotif | 20-06-2022

PARBOABOA – Rem tangan merupakan salah satu fitur penting yang sering digunakan oleh para pemilik mobil. Pasalnya, fitur yang satu ini berguna untuk menahan mobil saat melintasi jalan menanjak atau menurun.

Selain itu, rem tangan mobil bisa juga difungsikan sebagai pengganti rem utama jika mobil dalam kondisi berhenti cukup lama, seperti saat terjebak macet atau parkir.

Namun mengingat seringnya para pemilik mobil menggunakan rem tangan, pastinya fitur ini rentan mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang kerap muncul, yakni rem tangan sering alami macet saat hendak digunakan.

Penyebab Rem Tangan Macet

Seperti yang kita ketahui, kondisi rem tangan yang macet saat hendak digunakan bukan terjadi tanpa sebab. Beberapa hal ini adalah pemicu dari munculnya masalah tersebut, di antaranya:

1. Penggunaan Rem Tangan yang Terlalu Lama

Menggunakan rem tangan dalam jangka waktu yang lama sangat tidak disarankan. Apalagi jika medannya terdapat genangan air dan juga banjir. Dimana kondisi tersebut bisa berdampak karat dan karatan tersebut bisa lengket pada rem dan sulit untuk dilepaskan.

2. Terlalu Kuat Menarik Rem Tangan

Penyebab rem tangan mobil macet selanjutnya adalah Anda terlalu kuat dalam menarik tuas rem tangan. Bahkan tarikan tersebut melebihi ambang batas gerigi di dalamnya. Jika Anda menariknya dengan perlahan bahkan tidak terlalu kuat, maka hal semacam ini tidak akan terjadi.

3. Sulit Bedakan Rem Tangan Transmisi Manual maupun Otomatis

Penyebab rem tangan mobil macet tersebut bisa dikarenakan pengendara tidak dapat membedakan rem tangan. Sebab, mobil memiliki dua jenis transmisi yaitu manual dan juga otomatis. Keduanya memiliki cara menggunakan rem tangan yang berbeda-beda.

Jika Anda sering salah menggunakannya, tentu saja hal itu akan berakibat pada rem tangan yang tidak berfungsi dengan normal.

4. Sering melewati genangan air

Jika mobil terlalu sering melewati genangan air, maka rem tangan juga rentan mengalami macet. Hal itu dikarenakan genangan air dapat menyebabkan rem atau tromol menjadi basah.

Cara Mencegah Rem Tangan yang Alami Macet

Jika Anda sudah mengetahu penyebab dari masalah rem tangan yang macet, tentu Anda juga harus mengetahui cara mencegahnya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rem tangan alami macet, di antaranya:

1. Tarik Rem Tangan Secara Perlahan

Jika penyebab pertama rem tangan sering macet dikarenakan pengendara terlalu kuat dalam menarik rem tersebut, maka solusinya adalah perlahan dalam menarik rem tangan tersebut. Jangan terlalu kuat dalam menarik rem tangan tersebut, sehingga rem tangan mobil tidak akan macet.

2. Tidak Menggunakan Rem Tangan dalam Waktu yang Lama

Apabila di kondisi atau medan tertentu seperti jalan yang tergenang air karena banjir, maka tidak disarankan untuk Sahabat menggunakan rem tangan dalam waktu yang lama. Sahabat bisa memanfaatkan rem kaki saja untuk menghindari jalanan yang tidak stabil tersebut. Karena dengan begitu rem tangan mobil akan terjaga aman sehingga tidak akan macet ketika akan digunakan.

3. Harus Memahami Rem Tangan Manual dan Otomatis

Sebelum menggunakan rem tangan, sebaiknya Anda mengetahui dulu jenis-jenis rem tangan pada mobil. Umumnya, pabrikan mobil akan menggunakan jenis yang berbeda pada mobil transmisi manual dan juga otomatis.

Diantara keduanya Anda harus memahami cara penggunaannya, dimana untuk transmisi manual rem tangan mobil yang digunakan berjenis rem stik, sedangkan pada transmisi otomatis adalah rem pedal.

Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil yang Macet

Jika rem tangan sudah terlanjur mengalami macet, Anda sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

  • Gunakan dongkrak untuk mengangkat bagian belakang mobil dan lepaskan tromol yang masih terkunci;
  • Jika rem tangan mobil tidak bisa diturunkan, maka kamu dapat mengangkat tuas rem tangan sekeras dan secepat mungkin dan menurunkannya hingga kembali ke posisi semula;
  • Jika kampas rem mobil lengket, maka Anda dapat membebaskan tuas rem sambil menghidupkan mobil. Untuk melakukan ini, mobil juga perlu dipaksa maju atau mundur sampai menjadi ringan ketika melaju.

Demikianlah seputar informasi mengenai cara mengatasi rem tangan mobil yang alami macet. Semoga membantu!

Tag : #mobil    #rem mobil    #otomotif    #rem tangan    #kampas rem   

Baca Juga