Ilustrasi

Cara Mengatasi WhatsApp Video yang Tak Bisa Dibuka

Wanovy | Teknologi | 27-11-2021

Pernah mengalami video WhatsApp tidak bisa dibuka dan diputar? Jika pernah mengalaminya itu adalah hal yang biasa karena sebagian orang juga pernah mengalaminya juga. Kasus ini sama seperti halnya video yang ada di Facebook dan Instagram yang tidak bisa diputar.

Ketika tidak bisa memutar video, baik itu video di dalam chat maupun story WA, WhatsApp biasanya akan menampilkan keterangan “Terjadi kesalahan”. Untuk itu, ketahui cara mengatasi video WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Masalah video WhatsApp yang tidak bisa dibuka dapat terjadi di smartphone apa pun. Biasanya, video WhatsApp tidak bisa diputar disebabkan oleh banyak faktor.

Bisa jadi karena aplikasi WhatsApp belum di update, pengaturan belum benar, setingg-an berjalan di latar belakang pada data seluler belum diaktifkan, atau koneksi internet yang mungkin sedang mengalami masalah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Update aplikasi WhatsApp

Seperti aplikasi pada umumnya, WhatsApp pun melakukan update secara berkala untuk memperbaiki bug dan menambah fitur.

Agar tidak mengalami kendala saat menggunakan WhatsApp, pengguna disarankan untuk selalu update atau melakukan pembaruan aplikasi WA.

Periksa aplikasi WhatsApp di smartphone Anda, jika ada permintaan pembaruan, maka segera update ke versi teranyarnya.

Setelah itu, Anda bisa mengoperasikannya kembali seperti biasa dan membuka video di WhatsApp. Namun, jika tidak ada permintaan update, berarti penyebab bisa disebabkan masalah lain.

2. Pastikan kapasitas memori tidak penuh

Ruang penyimpanan atau kapasitas memori internal smartphone yang penuh juga menyebabkan video di WhatsApp tidak bisa diunduh dan dibuka.

Pasalnya, konten multimedia seperti gambar, suara, dan video memproduksi sejumlah data yang akan tersimpan ke dalam memori internal.

Internal storage ponsel yang sudah penuh otomatis akan membuat file baru tidak dapat tersimpan. Jika demikian, disarankan hapus berkas media yang tidak digunakan, seperti aplikasi, dokumen, foto, dan video yang tidak diperlukan.

3. Hapus cache WhatsApp

Menghapus cache bertujuan untuk menghapus bug dan crash di WhatsApp sehingga kinerja aplikasi menjadi ringan. Aplikasi yang tadinya error dapat berfungsi normal.

Akan tetapi, sebelum mencoba cara hapus cache WhatsApp ini pastikan melakukan back up data atau pencadangan sebagai antisipasi semua data yang hilang karena sistem aplikasi akan memulai ulang dari awal.

- Buka menu Pengaturan di perangkat Anda

- Pilih opsi Aplikasi atau “App management”, kemudian pilih daftar aplikasi

- Cari aplikasi WhatsApp dan klik

- Selanjutnya, buka Penyimpanan atau “Storage usage”

- Klik Clear data dan “Clear cache”

- Kemudian, coba restart smartphone Anda dan buka aplikasi WhatsApp lalu login kembali seperti biasa.

Cara ini bisa Anda lakukan jika sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah tidak bisa memutar dan membuka video di WhatsApp

4. Instal ulang WhatsApp

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi beragam masalah error termasuk memperbaiki video WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Sama seperti sebelumnya, jika ada data penting di WhatsApp Anda disarankan mencadangkan data sebelum melakukan reinstall.

Caranya, Anda hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp yang ada. Selanjutnya, buka Google Playstore dan unduh kembali WhatsApp.

5. Cek koneksi internet

Video WhatsApp yang gagal diputar paling sering disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil atau sedang lemot. Jika koneksi buruk, biasanya thumbnail video akan berwarna hitam.

Untuk mengatasinya, periksa ulang koneksi internet di ponsel Anda. Jika menggunakan kuota data, cek kembali kuota internet masih tersedia atau sudah habis. Sedangkan jika menggunakan WiFi, Anda bisa me-reset modem.

Tunggu sampai koneksi internet kembali stabil, kemudian coba kembali mengunduh dan memutar video WhasApp.

Itulah beberapa cara mengatasi video WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tag : #whatsapp    #tips    #video    #android   

Baca Juga