Ilustrasi, foto: Kompas

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Wanovy | Teknologi | 11-07-2022

PARBOABOA - Baterai merupakan nyawa dari smartphone, secanggih apapun smartphone akan tidak berguna tanpa baterai. Untuk itu, banyak pengguna iPhone yang menanyakan bagaimana cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen.

Ada banyak perbedaaan jika membandingkan iPhone dan juga Android kususnya pada bagian baterai. Untuk iPhone sendiri ada fitur untuk mengetahui kesehatan baterai iPhone.

Dimana semakin besar kesehatan baterai tersebut maka akan semakin bagus pula kedepannya.

Dengan kata lain ponsel akan bisa lebih lama digunakan untuk melakukan kegiatan selazimnya smartphone.

Jika kita membeli iPhone baru pastinya saat mengecek kesehatan baterai akan ada di angka 100%.

Namun jika membeli iPhone Second sudah pasti akan memiliki kesehatan baterai yang kurang dari angka tersebut.

Beberapa fitur Android memang memiliki kesamaan dengan iPhone. Salah satunya untuk cara screenshot iPhone serta cara cek kesehatan baterai yang hampir sama.

Semakin bagus kesehatan baterai iPhone maka akan semakin baik juga ponsel tersebut digunakan dalam waktu yang lama. Seperti yang kita ketahui iPhone memang pas digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Nah, dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 persen

Dikutip dari beberapa sumber, berikut cara mengembalikan baterai iPhone 100 pesen:

1. Kalibrasi baterai otomatis

Kabar gembira untuk pengguna iPhone 11 series! Pasalnya, iOS 14.5 menghadirkan fitur kalibrasi baterai khusus untuk iPhone 11, iPhone 11 pro, iPhone 11 pro max.

Kalibrasi sendiri bertujuan untuk mengecek dan mengatur ulang kapasitas baterai maksimum agar lebih akurat.

Dengan kata lain, data kapasitas maksimum dan peak performance bisa diperbarui. Proses kalibrasi ulang di iOS 14.5 sendiri berjalan secara otomatis sebab terintegrasi langsung dengan sistem.

Selama proses kalibrasi dilakukan, pengguna bisa melihat notifikasi pada menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

2. Kalibrasi baterai manual

Jangan berkecil hati bagi pengguna iPhone lainnya. Sebab, proses kalibrasi baterai juga bisa dilakukan secara manual, kok.

Artinya, kita bisa melakukan beberapa langkah agar sistem bisa memperbarui data kapasitas maksimum baterai.

Tetapi, sebelum melakukan kalibrasi manual, pastikan kamu sedang tidak menggunakan iPhone. Hal ini dibutuhkan lantaran proses kalibrasi memakan waktu yang cukup lama.

Dilansir Makeusof, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

- Habiskan baterai ponsel hingga benar-benar mati

- Tunggu hingga 3 jam dalam keadaan mati

- Isi daya baterai hingga mencapai 100 persen dan tunggu 2 jam sebelum dicabut

- Lakukan proses ini satu kali lagi, mulai dari proses awal hingga akhir

3. Gunakan iPhone hingga Mati

Pakai iPhone kamu sampai mati secara otomatis dan jika daya baterai mendekati 0% agar cepat habis kamu bisa pakai untuk menyetel video atau lainnya.

Jika sudah mati secara otomatis selanjutnya adalah charge iPhone kamu dan tunggu hingga menyala, pastikan pakai charger original. Biarkan iPhone mengisi daya setidaknya 3 jam.

4. Nyalakan iPhone dan Tunggu Tombol Apple Muncul

Dengan charger yang masih terhubung, tekan tombol 'Power' untuk menyalakan iPhone dan tunggu hingga tombol 'Apple' muncul. Setelah itu, baru lepaskan kabel charger kamu.

Cara di atas sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan karena memang tidak banyak orang yang berhasil mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 dengan cara kalibrasi.

5. Ganti Baterai iPhone

Ketika kamu menggunakan iPhone yang dilindungi garansi, AppleCare+, atau undang-undang konsumen, maka bisa ganti baterai tanpa biaya.

Cek apakah iPhone dilindungi AppleCare+ atau tidak di alamat checkcoverage.apple.com/us/en/ dan masukkan serial numbre yang diminta pada kolom tersedia. Ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Jika tidak ada AppleCare+, masih bisa diganti atau diperbaiki namun dengan biaya yang tertera di support.apple.com/iphone/repair/service/battery-power.

Selanjutnya adalah kirim iPhone kamu yang ingin diperbaiki tersebut ke Apple Store terdekat dari tempat tinggalmu. Jika kasus lebih serius maka pihak Apple akan mengirim ke Pusat Perbaikan Apple.

Tunggu hingga iPhone selesai diperbaiki, mungkin membutuhkan 3 hingga 5 hari. Setelah itu, ambil kembali iPhone kamu dan kesehatan baterai pun sudah kembali ke 100%.

Dengan mengganti baterai kamu bisa mendapatkan kesehatan baterai iPhone menjadi 100 kembali. Pastikan kamu mengganti baterai iPhone di tempat resmi mereka untuk mendapatkan sparepart asli dan original.

Demikianlah informasi mengenai cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!

Tag : #baterai    #iphone    #tips    #teknologi    #gadget    #apple    #ios    #battery health   

Baca Juga