potensi diri (dok. El Samara)

Cara Mengembangkan Potensi Diri Beserta Contohnya

Regina | Pendidikan | 30-06-2022

PARBOABOA – Setiap orang pastinya memiliki kepribadian serta potensi yang berbeda-beda pula pada dasarnya. Potensi diri adalah salah satu hal yang menjadi ciri khas seseorang yang dapat membedakannya dengan orang lain. Walaupun memiliki kesamaan, tidak akan mencapai 100%.

Lalu, apa maksud dari potensi diri tersebut? Hal tersebut merupakan kemampuan, kekuatan, atau kecerdasan yang ada di dalam setiap individu, baik yang sifatnya sudah terwujud atau belum terwujud secara optimal.

Potensi diri tersebut bisa berkembang dengan bakat yang sudah ada sejak lahir. Namun untuk mengembangkannya harusla melalui usaha yang cukup seperti belajar dan juga kerja keras.

Bagaimana dengan potensi yang ada di dalam diri kalian? Sudahkah kalian mnemukannya?

MACAM MACAM POTENSI DIRI

Ada banyak contoh potensi diri yang ada di dalam diri. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut adalah cara mengenali potensi tersebut dengan mudah :

1. Kemampuan Berbahasa

Kemampuan berbahasa sendiri merupakan salah satu potensi yang kamu miliki dalam segi bahasa yang kamu ucapkan dan kamu lontarkan. Orang akan melihat apakah bahasa yang kamu gunakan cukup efektif atau juga bisa dengan beberapa bahasa asing yang kamu kuasai dari berbagai negara.

Kamu yang memiliki potensi berbahasa, bisa saja lebih senang dengan hal-hal yang berbau membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

2. Kemampuan Logik

Potensi diri yang satu ini dilihat dari cara berpikir kamu secara logis dan matematis. Biasanya, orang-orang yang mempunyai kemampuan logika dalam dirinya akan membuat ia dengan mudah memahami sesuatu yang berhubungan dengan numerik, menghitung serta mengingat rumus yang berbau matematika.

3. Kemampuan Visual

Potensi diri dengan kemampuan visual mempermudah anda untuk menciptkan kreasi seperti menggambar, lukisan hingga film. Jikalau memiliki potensi ini, kamu akan dengan mudah memahami teka-teki yang berbau visual.

4. Kemampuan Kinestetik

Kemampuan ini berhubungan dengan gerakan tubuh, yang mana bisa dikembangkan elastisitas tubuh dengan cara menjadi penari profesional.

5. Kemampuan Interpersonal

Kemampuan yang satu ini berhubungan dengan cara kita untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain, seperti kemampuan komunikasi, negosiasi, dan juga saat wawancara dengan orang lain.

6. Kemampuan Naturalis

Potensi ini cukup unik karena pemilik kemampuan ini mampu peka akan lingkungan sekitar. Menariknya, pemilik kemampuan ini akan merasa sakit jikalau alam disekitarnya disakiti. Ia akan sangat peduli dan kemampuan yang dimilikinya ini dapat memahami kehidupan ekologi di bumi.

7. Kemampuan Musikal

Kemampuan musikal sendiri merupakn potensi yang mana kamu dapat menvciptakan harmoni lewat suara dan menghayati alunan nada. Biasanya pemilik potensi ini bisa berkembang melalui permainan alat musik.

CARA MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

Sebenarnya, potensi sendiri merupakan hal yang harus dikembangkan agar tidak terkubur. Ibarat kata, potensi sendiri merupakan bibit yang kamu tanam, jikalau tidak dirawat, potensi diri kamu tidak akan bisa tumbuh dan berkembang.

Kamu harus melakukan pengembangan diri yang mana bertujuan untuk membuat kepribadian kita menjadi luar biasa serta dapat menerima atau beradaptasi dengan perubahan zaman yang ada.

Pengembangan diri adalah suatu proses pembentukan potensi, bakat, sikap, perilaku dan kepribadian seseorang melalui pembelajaran dan pengalaman yang dilakukan berulang-ulang sehingga meningkatkan kapasitas atau kemampuan diri sampai pada tahap otonomi (kemandirian).

Maka dari itu, berikut adalah cara mengembangkan potensi diri yang bisa parboaboa rangkum untuk kalian :

1. Niat dan Yakin

Bertujuan agar kalian mempunyai fondasi untuk terwujudnya keinginan atau tujuan kalian.

2. Menerima Kritikan

Kadang, kritikan sendiri merupakan masukan untuk perilaku atau perbuatan kita yang kurang pas agar menjadi lebih baik lagi, maka dari itu, terima kritikand ari orang lain dalam bentuk positif ya.

3. Kenali Potensi Diri

Hal tersebut bertujuan untuk kalian lebih paham apa yang harus kaian kembangkan dalam diri kalian.

4. Berpikir Positif

Dengan berpikir positif, kalian tidak perlu menambah beban pikiran kalian di saat kalian sedang menjalani proses pengembangan diri, hal itu hanya berpengaruh buruk untuk pengembangan potensi kalian.

5. Senantiasa Optimis

Dengan kalian selalu berpikir optimis setiap saat, itu akan membuat kalian semakin yakin akan pengembangan potensi yang sedang kalian bentuk dan kalian inginkan. Secara otomatis, itu akan mempengaruhi rasa ragu saat sedang berproses.

6. Motivasi Diri

Yang satu ini merupakan cara mengembangkan potensi diri yang wajib kalian lakukan. Dengan kalian memotivasi diri sendiri, kalian akan semakin percaya diri dan semangat dalam menjalani proses.

Naah, itu dia contoh beserta cara mengembangkan potensi di dalam diri yang bisa parboaboa rangkum. Jangan lupa asah terus potensi yang kalian punya agar terus berkembang dan bisa meningkatkan kapasitas diri kalian ya. Semoga artikel ini membantu.

Tag : #potensi diri    #bakat    #pendidikan    #pengembangan diri   

Baca Juga