Ilustrasi

Cara Menggunakan Fitur Split Bill GoPay

Wanovy | Teknologi | 28-10-2021

Metode pembayaran menggunakan dopet digital memang semakin marak digunakan di Indonesia. Ini memudahkan pengguna untuk membeli makanan, minuman maupun barang belanjaan cukup menggunakan tap atau scan QR Code saja.

Hadirnya GoPay semakin memudahkan berbagai urusan pembayaran secara digital. Berkembang nya waktu banyak merchant, restoran maupun toko yang menggunakan GoPay sebagai alat pembayaran nya.

GoPay sendiri telah menyediakan fitur patungan alias Split bill yang bisa digunakan lewat aplikasi Gojek. Secara bersama-sama Anda bisa membayar tagihan ditempat makan serta belanja yang mendukung sistem pembayaran GoPay.

Tanpa uang tunai, membayar patungan/split bill bisa saja merepotkan ketika akan membeli kado untuk sahabat, membayar tiket bioskop, atau membayar makanan atau minuman saat nongkrong bersama teman-teman.

Pengguna hanya perlu mengirimkan permintaan pembayaran secara split bill dengan nominal sesuai kesepakatan, ke nomor ponsel teman yang dituju. Kemudian, teman bisa langsung membayar permintaan split bill/patungan tadi.

Dengan adanya fitur split bill, pengguna tidak akan lagi sungkan saat meminta teman-temannya membayar hutang patungan yang belum dibayarnya.

Fitur Split Bill GoPay bisa ditemukan pada chat grup di aplikasi Gojek. Sebelum bisa melakukan split bill GoPay, pengguna dan teman-teman yang akan diajak patungan/split bill lewat GoPay harus sudah melakukan upgrade akun GoPay ke GoPay Plus. Berikut adalah cara split bill GoPay.

1. Untuk melakukan split bill, pastikan Anda sudah menyimpan nomor ponsel teman yang akan diajak patungan.

2. Buka aplikasi Gojek dan pada menu GoPay, klik "eksplor/explore"

3. Klik opsi "Minta" atau "Request"

4. Klik "Lihat kontak" atau "See contact"

5. Pilih kontak teman yang ingin diajak split bill. Atau Anda juga bisa membuat grup patungan baru barisi daftat kontak teman-teman yang ingin diajak split bill.

6. Perlu dicatat, batas maksimal anggota grup adalah 51 orang, termasuk 1 (satu) orang yang merupakan grup admin (group creator). Setelah itu, pilih kontak yang ingin diajak patungan, lalu klik "Lanjut/Proceed"

7. Masukkan total patungan, kemudian pilih satu dari dua opsi split bill. Opsi pertama, bagi rata (equal), maka nominal patungan akan dibagi rata dengan jumlah kontak yang dimintai patungan. Opsi kedua, bila memilih beda-beda (unequal), pengguna bisa mengatur secara manual nominal patungan untuk masing-masing kontak

8. Klik "konfirmasi dan ajak patungan"

Sekali lagi, fitur ini hanya bisa digunakan untuk pengguna yang sudah melakukan upgrade GoPay ke GoPay Plus. Bagi Anda yang belum melakukan upgrade tapi ingin menggunakan fitur split bill GoPay ini sebaiknya upgrade terlebih dahulu dengan langkah-langkah berikut.

Cara Upgrade GoPay ke GoPay Plus

1. Buka aplikasi GoPay Pada menu GoPay, klik "Lainnya/More"

2. Pada menu paling atas pilih "Upgrade ke Gopay Plus"

3. Lalu pilih "Upgrade Sekarang" untuk melanjutkan Upgrade Akun GoPay Ambil foto kartu identitas Anda (WNI: eKTP & WNA: Paspor)

4. Ambil foto wajah Anda (selfie) bersama kartu identitas (eKTP/PASPOR) Anda dengan jelas Lalu pilih "Upgrade Sekarang", untuk melanjutkan upgrade ke GoPay Plus membutuhkan waktu maksimal 1x24 jam.

5. Bila upgrade berhasil, maka pengguna bisa melakukan split bill dengan mudah.

 

 

Tag : teknologi, tips, gopay, split bill

Berita Terkait