Cara menghemat baterai iPhone, foto: MacPoin

6 Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Ampuh

Wanovy | Teknologi | 12-07-2022

PARBOABOA - Cara menghemat baterai iPhone rupanya bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Bukan hanya dengan menggunakan mode daya rendah saja seperti yang umum didengar.

Sejumlah pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 15 merasakan daya baterainya lebih boros. Sudah melakukan beberapa cara, tetapi tetap saja daya baterai terasa cepat terkuras dari biasanya.

Pengguna tidak perlu khawatir, kerusakan bukan pada baterai ponsel, namun lebih kepada sistem yang bekerja berlebihan dan hal lainnya.

Untuk diingat, ketahanan daya baterai tergantung pemakaian ponsel. Besar kemungkinan pengguna tanpa menyadari ada aplikasi yang terbuka bisa menyedot baterai.

Dilansir dari Make Use Of, (12/07), berikut cara menghemat baterai iPhone yang bisa kamu coba. Yuk, simak panduannya!

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang lebih cepat menghabiskan baterai iPhone ketimbang layar redup. Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar, kamu bisa mengaturnya di Control Center.

Caranya, geser layar iPhone ke bawah, kemudian, geser tingkat kecerahan ke bawah untuk membuatnya lebih redup.

Selain itu kamu bisa menonaktifkan Auto-Brightness. Jika tidak, fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika di bawah cahaya matahari yang cerah.

Caranya, buka Setting > Accessibility > Display & Text Size > scroll ke bagian paling bawah, dan nonaktifkan Auto-Brightness.

2. Ubah ke Dark Mode

Untuk iPhone yang didukung layar OLED, berpindah ke Dark Mode bisa memberikan manfaat bagi masa pakai baterai.

iPhone yang menggunakan panel OLED antara lain iPhone X, iPhone XS/ XS Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 series, serta iPhone 13 series.

Cara ubah ke Dark Mode adalah masuk ke Setting > Display & Brightness > pilih Dark. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai iPhone.

3. Gunakan Low Power Mode

Fitur ini bekerja dengan baik dalam menghemat baterai. Ketika pengguna mengaktifkan Low Power Mode, sejumlah fitur iPhone dinonaktifkan, mulai dari download otomatis, backup iCloud, mengambil email, hingga fitur pemanggil Siri "Hey, Siri!"

iPhone kamu bakal menanyakan ke pengguna untuk berpindah ke Low Power Mode ketika baterai berada di angka 20 persen atau 10 persen.

Pengguna bisa mengatur manual dengan masuk ke Setting > Battery > Low Power Mode.

4. Matikan Push dan Fetch Email

Jika kamu menerima banyak email tiap harinya, pastikan untuk nonaktifkan sinkronisasi push, yakni fitur yang memperbarui perangkat kamu dengan email baru yang masuk.

Sebagai gantinya, kamu bisa meningkatkan interval fetch atau pengambilan email, sehingga perangkat hanya memeriksa email baru pada jadwal yang ditetapkan.

Hal ini memang agak merepotkan tetapi ketika pengguna sudah mengisi daya baterainya kembali, bisa mengubah pengaturan seperti biasa.

Caranya, buka Setting > Mail > Account > Fetch New Data dan atur secara manual.

5. Atur Waktu Penguncian Otomatis (Auto-Lock)

Auto-Lock adalah fitur yang mengunci layar iPhone ketika pengguna tidak memakainya selama beberapa waktu tertentu.

Dalam hal ini pengguna bisa memilih dari 30 detik hingga 5 menit sebelum fitur ini aktif.

Pilihan terbaik adalah mengatur waktu paling singkat, jika kamu ingin menjaga baterai lebih lama.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke Setting > Display & Brightness > Auto-Lock, pilih periode waktu sebelum membuat layar jadi gelap.

6. Hindari Pemakaian Aplikasi yang Menguras Baterai

iPhone mengumpulkan data tentang aplikasi-aplikasi yang menghabiskan banyak baterai. Untuk memeriksanya, buka Setting > Battery.

Bagian ini akan memberi tahu ke pengguna, berapa banyak baterai yang digunakan aplikasi tertentu dalam 24 jam dan 10 hari terakhir.

Jika kamu melihat Background Activity, di bawah nama aplikasi, artinya aplikasi tersebut menghabiskan baterai iPhone meski kamu tidak menggunakannya secara aktif.

Untuk mencegahnya, kamu harus mematikan Background App Refresh untuk aplikasi, melalui Setting > General > Background App Refresh.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghemat baterai iPhone iOS 15 atau versi sebelumnya yang bisa kamu coba terapkan.

Jika kamu mengalami masalah pada battery health, kamu bisa coba cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen di Parboaboa.com juga ya. Semoga membantu!

Tag : #baterai    #iphone    #tips    #teknologi    #gadget    #apple    #ios    #battery health   

Baca Juga