Ilustrasi penggunaan mobil pribadi saat mudik (liputan6.com)

Berikut Cara Menghemat BBM Mobil saat Mudik Lebaran

Dimas | Otomotif | 14-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit masyarakat Indonesia yang memilih mudik lebaran menggunakan mobil pribadi. Pasalnya, penggunaan mobil pribadi dinilai lebih aman dan nyaman untuk dipakai perjalanan jauh.

Bagi Anda yang ingin menggunakan mobil pribadi untuk mudik lebaran, Anda  harus memikirkan cara menghemat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil selama perjalanan.

Menghemat penggunaan BBM sangat penting, mengingat  perjalanan yang akan ditempuh saat mudik cukup jauh dan akan memakan banyak BBM. 

Jika Anda tidak menggunakan mobil dengan cermat, penggunaan BBM pun akan sangat boros dan pastinya Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. 

Lantas, bagaimana cara menghemat BBM bagi pengguna mobil saat mudik? Berikut penjelasannya.

Cara Menghemat BBM Mobil saat Mudik Lebaran

1. Periksa tekanan angin pada ban

Tekanan angin pada ban yang kurang bisa mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Tekanan angin biasanya akan berkurang 2 Psi setiap bulan. Karena itu, menjaga tekanan angin perlu dilakukan setiap sebulan sekali.

2. Efektif menggunakan AC

Untuk menghemat bahan bakar, AC sebaiknya tidak dinyalakan bila kabin mobil tidak diserang hawa udara panas. Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch saat membutuhkan engine power, misalnya saat melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

3. Kurangi beban pada kendaraan

 Kendaraan akan lebih boros bahan bakar sekitar 1-2 persen untuk setiap beban seberat 50 kilogram di mobil. Untuk menghindari bobot berlebih, bawalah barang-barang yang penting saat berpergian.

4. Mengemudi dengan kecepatan konstan

Mengemudi dengan cara ini dilakukan dengan menghindari berhenti mendadak dan mulai membuka gas dengan perlahan. Pengendara disarankan mempertahankan RPM di angka 2.000 sampai 2.500 agar kecepatan mesin tetap serendah mungkin.

5. Matikan mesin saat berhenti

Mematikan mesin saat mobil berhenti dinilai bisa menghemat bahan bakar, contohnya saat kemacetan lalu lintas atau di perhentian kereta api.

6. Menutup jendela saat kecepatan tinggi

Saat berkecepatan tinggi, kaca jendela sebaiknya ditutup. Contohnya saat berkendara di jalan tol. Sebab, kaca jendela yang terbuka dinilai bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar karena angin yang masuk ke kabin bisa menambah beban.

7. Kurangi penggunaan aksesori

Tanggalkan aksesori yang tidak dipakai seperti rak atap dan pengangkut bagasi. Sebab, penggunaannya bisa membuat seretan aerodinamik yang berdampak ke konsumsi bahan bakar.

8. Batasi penggunaan elektronik

Peralatan elektrik yang dicolokkan disebut turut menguras energi dan bahan bakar.

9. Perhatikan filter udara

Filter udara yang sudah terlalu kotor pada kendaraan bisa membuat bahan bakar boros. Sebab mesin akan bekerja lebih berat jika filter sudah tersumbat debu dan kotoran. Karena itu filter udara sebaiknya dibersihkan setiap 2.000-3.000 kilometer. Filter juga perlu diganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

10. Servis berkala

Servis berkala idealnya dilakukan setiap tiga bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5.000 Kilometer. Dengan melakukan servis berkala, saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaik.

Itulah seputar informasi terkait cara menghemat BBM bagi pengguna mobil saat mudik lebaran. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #mudik lebaran    #otomotif    #bbm   

Baca Juga