Ilustrasi Bruntusan di Jidat (Dok. medicalnewstoday)

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat Secara Medis dan Alami

Olivia | Kesehatan | 21-04-2022

PARBOABOA – Bruntusan merupakan bintik-bintik kecil yang terdapat pada permukaan kulit dan jika diraba terasa kasar. Untuk beberapa kasus, bruntusan dapat menimbulkan rasa gatal sehingga menimbulkan ruam merah pada kulit. Hal tersebut juga dapat mengganggu penampilan.

Biasanya bruntusan disekitar wajah terutama dibagian jidat, muncul akibat produk-produk rambut yang mengandung bahan-bahan, seperti mentega kakao dan minyak kelapa. Penggunaan produk tersebut membuat kulit menjadi berminyak hingga menimbulkan jerawat.

Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di jidat?

Kamu tidak perlu khawatir jika disekitar jidatmu terdapat bruntusan. Cukup ikuti cara menghilangkan bruntusan di jidat secara medis dan alami berikut ini.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat Secara Medis

Cara menghilangkan bruntusan di jidat menurut dokter atau medis bisa kamu peroleh setelah melakukan konsultasi. Dan resep yang diberikan dokter bisa kamu dapatkan secara bebas di apotek atau dari dokter itu sendiri. 

1. Benzoil Peroksida

Cara menghilangkan bruntusan di jidat menurut dokter yang pertama yakni menggunakan benzoil peroksida. Fungsi dari benzoil peroksida ini adalah membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengeksfoliasi pori-pori wajah.

Benzoil peroksida bisa kamu temukan dalam bentuk sabun cuci muka ataupun salep khusus jerawat. Gunakan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Asam Salisilat

Asam salisilat sudah terkenal ampuh dalam merawat dan menghilangkan kulit yang bruntusan. Kandungan asam salisilat yang terdapat pada produk pembersih wajah dan obat bruntusan memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi menenangkan jerawat kistik, serta mampu melarutkan tumpukan minyak pada wajah.

Selain itu, asam salisilat juga bertugas memecah komedo dan membuat sel-sel kulit mati jadi gampang mengelupas, kulit pun akan terasa lembap.

3. Asam Azelaic

Asam azelaic biasa ditemukan dalam produk kecantikan berupa krim atau gel. Penggunaan produk yang mengandung asam azelaic secara teratur dapat membersihkan bruntusan dan jerawat pada wajah terutama dibagian jidat.

Produk ini juga sangat aman digunakan pada kulit wajah yang sensitif dan bahkan bagi ibu hamil.

4. Resorcinol dan Sulfur

Cara menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya adalah menggunakan obat-obatan yang mengandung resorcinol dan sulfur. Obat-obatan tersebut akan bekerja memecah komedo.

5. Retinoid

Retinoid adalah senyawa turunan vitamin A yang biasa terdapat pada kandungan obat-obatan khusus bruntusan dan jerawat. Cara kerja retinoid yakni mengurangi peradangan serta mencegah munculnya jerawat dan bekasnya.

Namun, penggunaan produk ini dapat membuat kulit menipis, sehingga akan lebih sensitif jika terkena paparan sinar matahari.

6. Chemical Peeling

Kamu bisa menggunakan peeling wajah untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Perawatan peeling wajah ini bisa mengangkat sel kulit mati dan juga meremajakan kulit. Lakukan chemical peeling secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Terapi Laser

Cara menghilangkan bruntusan di jidat menurut dokter yang terakhir adalah terapi laser. Biasa cara yang satu ini berada dibawah pengawasan dokter.

Terapi laser tidak hanya bisa menghilangkan bruntusan di jidat dan sekitar wajah lainnya, namun juga mengangkat sel kulit mati. Sehingga sel baru dapat tumbuh pada lapisan dalam kulit.

Cara Alami Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Selain cara yang direkomendasikan dokter atau pihak medis, kamu juga bisa mengikuti cara alami menghilangkan bruntusan di jidat. Cara alami ini bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan tidak tahan dengan bahan-bahan kimia.

1. Madu

Madu mengandung anti bakteri yang bisa meredakan bruntusan yang meradang pada jidat. Kandungan antioksidan pada madu juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah serta menghalau radikal bebas.

Madu juga mampu menuntaskan masalah kulit wajah lainnya, seperti jerawat, kulit kusam dan kulit kering.

2. Lidah Buaya

Cara alami menghilangkan bruntusan di jidat berikutnya adalah menggunakan tanaman lidah buaya. Kandungan vitamin E yang terdapat pada lidah buaya mampu meredakan iritasi akibat bruntusan serta memberi sensasi dingin pada kulit wajah.

Tanaman lidah buaya biasa dijadikan masker. Pembuatannya terbilang gampang, cukup hancurkan dan haluskan daging lidah buaya, lalu oleskan pada daerah jidat atau wajah yang mengalami bruntusan.

Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Lemon

Kandungan senyawa astringent dan antibakteri pada air lemon dapat mengelupas sel kulit mati serta mencegah penyumbatan pori-pori pada wajah. Tidak disarankan menggunakan air lemon dalam jangka panjang karena dapat menmbulkan iritasi pada kulit.

4. Teh Hijau

Selain menjadi minuman kesehatan, ternyata teh hijau berkhasiat menghilangkan bruntusan pada wajah. Kandungan senyawa polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) pada daun teh tersebut juga berkhasiat mengatasi kulit berminyak.

Cara menggunakannya cukup gampang, kamu dapat menjadikan daun atau bubuk teh hijau sebagai masker.

Seduh daun atau bubuk teh hijau dengan ditambah madu atau gel lidah buaya, lalu oles secara merata pada wajah terutama yang mengalami beruntusan. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Lakukan minimal dua kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menghilangkan bruntusan pada jidat secara alami, karena mengandungan senyawa antimikroba dan antiradan.

Kamu dapat mengoleskan tea tree oil yang sudah dicampurkan dengan air menggunakan kapas bersih pada daerah jidat atau yang mengalami bruntusan.

6. Air Beras

Cara alami menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya yakni menggunakan air cucian beras. Hal ini dilakukan karena terdapat kandungan senyawa antibakteri yang berfungsi menenangkan kulit berjerawat dan bruntusan.

Air beras juga dapat mengontrol minyak, sehingga wajah tampak lebih cerah. Cara pemakaiannya cukup hanya mengoleskan air cucian beras pada permukaan kulit yang mengalami bruntusan.

7. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zinc

Pemberian nutrisi pada kulit tidak hanya dari luar saja, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zinc sebagai perawatan tambahan untuk menghilangkan brutusan.

Makanan yang mengandung zinc bisa kamu temukan pada kacang-kacangan, telur, dan yang lainnya. suplemen yang mengandung zinc juga bisa kamu konsumsi

Itulah cara menghilangkan bruntusan di jidat secara medis dan alami yang bisa kamu gunakan. Dan ada baiknya juga meminimalisir rambut di area jidat, untuk menghindari minyak rambut yang menimbulkan bruntusan serta jerawat.

Semoga informasi ini bermanfaat dan nantikan rekomendasi-rekomendasi lainnya yang disediakan Parboaboa untuk kamu.

Tag : #Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat    #bruntusan    #kesehatan    #jerawat    #masalah kulit    #kulit wajah    #iritasi   

Baca Juga