Simak 8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah!( Dok:grid)

Simak 8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah!

Huira | Kesehatan | 21-07-2022

PARBOABOA - Kutu kucing menyerang kucing kesayangan mu? Jangan khawatir, saat ini sudah banyak cara menghilangkan kutu kucing yang efektif dan mudah untuk kamu lakukan.

Kucing yang menggemaskan tentu akan berubah menjadi mengerikan ketika ia memiliki kutu, apalagi dalam jumlah yang besar. Selain mengerikan, kutu kucing juga cukup membahayakan dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan hewan peliharaan beserta dengan tuannya.

Mengingat mudahnya kucing terkena kutu, maka ada baiknya jika catlovers mengetahui cara menghilangkan kutu kucing yang ampuh dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak hingga tuntas!

8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing

1. Gunakan Shampo Kutu Kucing

Seperti kata pepatah, “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Maka penting untuk selalu menjaga kebersihan hewan peliharaan kesayangan maupun lingkungan sekitar.

Untuk membersihkannya dari kutu serta kotoran yang melekat pada tubuhnya, kamu bisa memandikannya dengan menggunakan shampo anti kutu khusus kucing. Shampo kutu kucing, dapat dengan mudah kamu dapatkan di pet shop dan berbagai platform belanja online.

2. Gunakan Sisir Kutu Kucing

Sisir kutu kucing biasanya berbahan logam dengan gigi yang rapat.

Menyisir bulu kucing menggunkan sisir kutu kucing berfungsi untuk membasami kutu sekaligus telur kutu kucing. Selain itu, cara ini juga mampu mengurangi rasa gatal akibat infeksi kutu.

3. Pisahkan Kandang Kucing dari Hewan Lain

Jika kamu memiliki hewan peliharaan lain selain kucing, setelah memastikannya terhindar dari kutu, kamu bisa mengisolasi kucing kesayangan mu agar tidak terpapar kutu dari hewan lain.

4. Gunakan Obat Kutu Kucing

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnya adalah dengan cara menggunakan  obat kutu kucing. Obat kutu kucing juga beraneka ragam, ada yang berbentuk bedak dan ada yang berbentuk spray. Kamu dapat memilih bentuk obat kutu kucing mana yang lebih mudah untuk digunakan.

Ketika membeli obat kutu kucing, jangan lupa untuk menanyakan keamanan obat tersebut. Pasalnya, kucing biasanya akan menjilat bulunya setelah diobati.

5. Gunakan Minyak Telon

Kamu memiliki persediaan minyak telon di rumah? Minyak telon juga dapat kamu manfaatkan sebagai alternatif cara menghilangkan kutu kucing. Kandungan minyak atsiri yang terkandung dalam minyak telon, dipercaya mampu membunuh kutu beserta telur kutu kucing.

6. Semprotkan Air Cuka

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnya adalah dengan menyemprotkan air cuka pada tubuh kucing. Air cuka juga mudah untuk dibuat, kamu cukup mencampurkan cuka dengan air biasa dengan komposisi 50:50. Lalu, campuran air cuka tersebut dapat kamu hangatkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

7. Mandikan dengan Air Garam

Bahan-bahan rumah tangga selanjutnya yang dapat kamu manfaatkan untuk membasmi kutu pada kucing adalah garam. Cara membuatnya juga mudah, cukup campurkan garam secukupnya dengan air hangat. Nantinya, campuran ini dapat kamu gunakan untuk merendam dan membilas kucing.

8. Semprotkan Jus Lidah Buaya

Bahan alami lain yang dapat kamu gunakan dan telah terbukti ampuh menghilangkan kutu kucing adalah jus lidah buaya.

Selain mudah diperoleh, jus lidah buaya juga mudah untuk dibuat. Kamu cukup mengolah lidah buaya menjadi jus dan dicampurkan dengan sedikit cabai rawit. Setelah semua campuran tercampur, kamu bisa menyaring larutan dan memasukkannya ke dalam botol penyemprot. Jus lidah buaya pembasmi kutu serta telur kutu kucing pun siap untuk digunakan.

Nah, itulah informasi mengenai 8 cara menghilangkan kutu kucing yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga berhasil dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh kucing serta lingkungan sekitarnya.

Tag : #Kucing    #kutu kucing    #kesehatan    #cara menghilangkan kutu kucing    #shampo kutu kucing   

Baca Juga