9 Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Ilustrasi tahi lalat (Foto: Parboaboa/Jesika)

PARBOABOA - Tahi lalat memang tak berbahaya ataupun menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, keberadaannya terkadang bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari bagaimana cara menghilangkan tahi lalat. Umumnya, tahi lalat dianggap mengganggu penampilan jika muncul di bibir, hidung, atau area wajah. Terlebih lagi jika ukurannya cukup besar.

Munculnya tahi lalat dipicu oleh penumpukan melanosit (zat pewarna) di satu area permukaan kulit. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja cara menghilangkan tahi lalat, simak penjelasannya dibawah ini!

1. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan tahi lalat yang pertama adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Kandungan asam malat dan tartaratnya mampu menghilangkan warna hitam pada kulit.

Caranya pun cukup praktis, cukup dengan mengoleskan sedikit cuka ke area yang dinginkan, kemudian diamkan sejenak dan bilas menggunakan air hingga bersih..

2. Yodium

Yodium dapat membuat tahi lalat mengelupas. Kamu dapat menggunakan petroleum jelly untuk melindungi kulit di sekitar area tahi lalat. Namun, berhati-hati lah dalam memakai Yodium. Kamu tidak disarankaan mengoleskan yodium di area kulit yang bermasalah.

3. Tea Tree Oil

Minyak ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Menggunakan Tea Tree Oil secara rutin dapat memudarkan warna tahi lalat di permukan kulit.

4. Bawang Putih

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih juga cukup manjur loh. Bumbu masak yang satu ini mampu mengecilkan, menyamarkan dan sekaligus mengobati tahi lalat berkat kandungan antiokisdan dan antivirus yang dimilikinya.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, tempelkan bawang putih pada area tahi lalat dan diamkan selama 10-15 menit. Jangan terlalu lama menempelkan bawang putih karena dapat membuat kulit iritasi.

5. Lidah Buaya

Cara menghilakan tahi lalat secara alami juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan lidah buaya ata aloe vera. Hal ini karena kandungan lidah buaya seperti antiperadangan antioksidan dan antibakteri.

Tak heran jika lidah ampuh digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya ke tahi lalat yang ingin dhilangkan. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksmal.

6. Baking Soda

Tak banyak yang tahu jika bahan pembuat kue ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat secara alami . Caranya yakni dengan mencampurkan baking soda dan minyak jarak.

Taruh di sebuah mangkuk kecil sebanyak 1 sdm minyak jaraknya dan setengah sendok baking soda. Oleskan baking soda pada tahi lalat yang ingin dihilankan, dan diamkan selama 10 menit, kemudian usap dengan kain basah hingga bersih.

Hal ini bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Bedah Cukur

Bagi kamu yang ingin cara yang lebih praktis bisa menghilangkan tahi lalat dengan bedah cukur. Metode ini umumnya dilakukan untuk tahi lalat yng ukurannya kecil. Dalam pengerjaannya, dokter akan membius area tahi lalat yang ingin kamu hilangkan.

Kemudian sebuah pisau kecil digunakan untuk memotong hingga bagian bawahnya. Dengan begitu, tahi lalat dapat menghilang dari kulit,

8. Bedah Eksisi

Tak hanya bedah cukur saja, cara praktis juga bisa dilakukan dengan bedah eksis. Metode ini dilakukan jika tahi lalat yang dinginkan cukup besar. Caranya hampir mirp dengan beda cukur.

Area tahi lalat dibius kemudian menggunakan pisau bedah untuk menghilangkannya. Bekas luka yang ditimbulkan akan ditutup dengan jahitan.

9. Metode Pembakaran

Cara menghilangkan tahi lalat yang terakhir adalah meotode pembakaran. Tahi lalat akan ditempelkan logam panas dengan tenaga listrik, agar lapisan atasnya terbakar. Memang tidak ada efek samping yang timbul, namun metode ini harus dilakukan berulang kali.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan tahi lalat secara alami maupun medis. Semoga bermanfaat yah!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS