Ilustrasi, foto: Mobilit

Cara Menghilangkan Virus di HP Android dengan Mudah

Wanovy | Teknologi | 04-06-2022

PARBOABOA - Sejumlah smartphone saat ini memang sudah dibekali dengan berbagai macam spesifikasi mempuni di setiap kelas masing-masing.

Namun perlu dicermati bahwa seluruh seri ponsel mulai dari HP Android dan iOS masih bisa tercancam oleh keberadaan virus.

Bermacam-macam virus pun mengintai perangkat-perangkat untuk merugikan para penggunanya.

Tentu saja hal itu bukan sesuatu yang kamu inginkan dan perlu hindari bukan?

Oleh karena itu, kali ini Parboaboa.com akan memberikan informasi bagaimana cara menghilangkan virus di HP.

Penasaran? Simak selengakapnya di halaman selanjutnya.

1. Menggunakan Anti-Virus

Cara menghilangkan virus di HP paling umum yang bisa digunakan adalah dengan memasang anti-virus.

Saat ini berbagai aplikasi anti-virus sudah cukup banyak jenisnya, dari yang gratis hingga berbayar.

Untuk melihat tingkat keberhasilannya, anda bisa melihat terlebih dahulu review mengenai aplikasi tersebut di Play Store.

Selain itu, anda juga bisa mencari referensi atau rekomendasi tentang anti-virus terbaik untuk perangkat Android.

Nantinya ketika anda memasang antivirus di ponsel. Aplikasi tersebut akan langsung bekerja dengan melakukan scanning penuh pada ponsel. Setelah itu, akan terlihat jenis dan asal mula virus tersebut muncul.

2. Beralih ke Safe Mode

Saat Anda menghidupkan kembali perangkat dan masuk untuk mengisolasi aplikasi yang bermasalah, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan aplikasi yang terinfeksi.

Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu ketuk dan tahan opsi Matikan.

Cara menghilangkan virus di HP ini akan memunculkan beberapa opsi daya, termasuk untuk Reboot ke Safe mode. Pilih mode ini dan tunggu ponsel Anda melakukan reboot sebelum Anda melanjutkan.

Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat sebagai gantinya, untuk memutuskan perangkat Anda dari jaringan mana pun.

Anda biasanya dapat menemukan opsi itu di bagian atas bayangan pemberitahuan Anda.

3. Hapus Akses Administrator aplikasi asing

Menghapus Akses Administrator aplikasi asing adalah langkah mudah menghapus virus di android tanpa antivirus selanjutnya.

Jika kamu sudah menemukan aplikasi aneh yang mempunyai Akses Administrator maka yang harus kamu lakukan ialah menghapus aksesnya.

Keluarlah dari Application Settings, lalu pilih Settings, kemudian pilih menu Security, kemudian pilih Device Administrator.

Lalu coba hapus Akses Administrator aplikasi asing tersebut. Jika sudah kembali ke menu Application Settings dan seharusnya kamu sudah bisa menghapus aplikasi asing tersebut.

4. Lakukan Flashing sistem operasi HP

Cara menghilangkan virus di HP berikutnya secara total, dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan instal ulang (flashing) sistem operasi android.

Langkah ini merupakan cara paling ampuh dalam menghapus virus dari HP, dengan flashing maka sistem operasi android yang lama akan digantikan dengan yang baru. Sayangnya, untuk cara ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli saja.

5. Install ulang Firmware

Jika sudah terlalu parah, maka cara menghapus atau membersihkan virus di hp Android yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menginstall ulang Firmware.

Untuk install ulang firmware di smartphone Android ini tentunya perlu kehati-hatian, alias harus cukup ilmunya.

Karena masalah firmware ini cukup sensitif. Kamu bisa menggunakan kode rahasia hp Android untuk melakukan install ulang Firmware.

Demikianlah informasi seputar cara menghilangkan virus di HP Android dengan mudah yang bisa kamu coba terapkan. Semoga membantu!

Tag : #virus hp    #malware    #tips    #teknologi    #bersihkan virus hp    #android   

Baca Juga