Ilustrasi cara mengubah file Excel ke PDF

Cara Mudah Mengubah File Excel ke PDF Tanpa Tepotong

Wanovy | Teknologi | 27-01-2022

PARBOABOA - Sebagaian orang banyak mencari cara mengubah file excel ke PDF. Pasalnya, file PDF diklaim memiliki banyak kelebihan dan fleksibel.

Format PDF juga menghemat ruang penyimpanan perangkat, karena ukuran file yang tidak begitu besar. Dan tidak hanya dokumen Word saja, dokumen Excel juga bisa disimpan dalam format PDF loh.

Mengubah Excel ke PDF memang memiliki banyak kemudahan, terutama jika kamu ingin mencetaknya atau membagikan hasil kerja kepada orang lain.

Selain itu, kamu juga dapat membuka file PDF di perangkat apapun, tanpa mengubah susunan dan komposisi pada dokumen tersebut. Format PDF juga menghemat ruang pemnyimpanan perangkat, dikarenakan ukuran file yang tidak begitu besar sehingga menghemat memori penyimpanan perangkat.

Sesuai dengan judul diatas, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengubah file Excel ke PDF dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengubah dokumen Microsoft Excel ke PDF, baik menggunakan aplikasi Microsoft Office ataupun situs mengubah Excel ke PDF online yang tersedia secara gratis.

Cara mengubah file Excel ke PDF di Microsoft Word

Berikut ini adalah cara mengubah file Excel ke PDF melalui Microsoft Word. Cara ini bisa diterapkan bagi kamu pengguna MS Word 2010-2019.

1. Siapkan dokumen Excel yang akan diubah ke dalam format PDF, jangan lupa untuk mengatur layout dari dokumen Excel kamu. Hal ini bertujuan agar hasilnya nanti akan terlihat rapi.

2. Selanjutnya klik menu “File” kemudian pilih “Save As” lalu klik “Browse” untuk menentukan dimana nantinya hasil convert PDF akan disimpan.

3. Pada jendela Save As isi nama file dan di bagian Save As type pilih “PDF”.

4. Akan muncul beberapa opsi baru sebelum kamu memutuskan untuk menyimpan file Excel ke dalam format PDF. Di bagian “Optimize for” pilih “Standard” agar hasilnya nanti tidak pecah.

5. Jika ingin mengatur dokumen PDF klik tombol “Options”, setelah di atur silahkan klik Ok.

6. Langkah terakhir klik tombol “Save”, maka dokumen Excel tadi sudah berubah bentuk ke format PDF.

Cara lainnya setelah klik menu File, bisa langsung menuju menu export kemudian klik tombol Create PDF/XPS akan muncul jendela baru, isi nama file dan klik tombol Publish, maka dokumen PDF kamu pun sudah jadi.

Cara mengubah file Excel ke PDF online

Ada beberapa situs konversi file Excel ke PDF online yang bisa diakses secara gratis. Berikut ini kami rangkum cara mengubah file Excel ke PDF online melalui beberapa situs gratis.

1. SmallPDF

Cara mengubah file Excel ke PDF online bisa kamu lakukan di situs SmallPDF. Kamu juga tidak perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu saat menggunakan SmallPDF. Tools yang dimiliki juga lebih lengkap seperti PDF converter, compress, scanner dokumen PDF hingga fitur tanda tangan di PDF langsung.

Cara menggunakannya, pengguna cukup mengunggah file excel yang diubah dari perangkat, Google Drive, atau dropbox. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan konversi rampung. Jika sudah selesai, file PDF bisa diunduh.

2. I Love PDF

Kamu mungkin sudah tak asing dengan situs converter yang satu ini bukan? I Love PDF juga memungkinkan kamu untuk mengubah file Excel ke PDF loh. Cara menggunakannya, cukup unggah file excel mu melalui perangkat komputer atau Google Drive dengan klik ikon “Select Excel Files”.

Untuk menggunakannya, pengguna juga tidak perlu melalukun sign up. Situs I Love PDF juga dapat digunakan untukmengubah berbagai format file seperti Word ke PDF, JPG ke PDF, PowerPoint ke PDF, dan lainnya

3. Soda PDF

Cara mengubah file Excel ke PDF online yang berikutnya bisa kamu lakukan di situs Soda PDF. Adapun Soda PDF juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Cara menggunakannya cukup mudah, upload file Excel kamu dari Google Drive, DropBox, maupun PC, lalu tunggu beberapa saat hingga file PDF terkonversi dan bisa disimpan.

4. CloudConvert

Sama seperti layanan diatas, CloudConvert juga menyediakan beberapa pilihan untuk mengubah format file. Mulai dari dokumen, video, audio, image, font, vector dan beberapa file lainnya. Untuk mengubah file Excel ke PDF menggunakan layanan Cloud Convert ini sangat mudah.

Pada halaman utama kamu bisa langsung meng-upload file Excel yang akan kamu ubah formatnya ke PDF. Klik tombol Select File jika ingin mengupload file dari PC/laptop, dan klik pada panah bawah untuk memilih opsi lainnya dimana file yang kamu simpan. Bisa dari Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box dan dari URL sekalipun.

Setelah file dipilih, langkah selanjutnya kamu harus memilih format file dengan cara klik tombol select format lalu pilih document dan pilih PDF. Klik tombol start conversion untuk memulai proses konversi Excel ke PDF.

Setelah proses konversi selesai maka file PDF bisa langsung di download dengan mengklik tombol download yang tersedia.

Nah, itulah beberapa cara mengubah file Excel ke PDF yang bisa kamu pilih. Semoga membantu!

Tag : #tips    #pdf    #covert    #excel   

Baca Juga