Ilustrasi

Cara Mengubah HP Android dan iPhone Jadi Webcam

Wanovy | Teknologi | 01-11-2021

Kualitas kamera laptop sering jadi permasalahan untuk kita semua, bukan hanya laptop murah yang memiliki kualitas tidak bagus, laptop mahal pun bahkan bisa datang dengan webcam di bawah kualitas standar, dan beberapa bahkan tidak memilikinya.

Di tengah situasi pandemi yang mengharuskan untuk bekerja dari rumah, webcam merupakan sebuah alat yang wajib kita miliki untuk menunjang kinerja selama kita bekerja dari rumah atau mengikuti pembelajaran daring. Namun sekarang harga wabcam naik sehingga kita ragu untuk membelinya.

Namun, tak perlu khawatir. Kini perangkat seperti ponsel Android ataupun iOS bisa digunakan untuk membuat webcam. Dikutip dari The Verge,berikut cara mengubah ponsel menjadi webcam:

Android

Untuk pengguna Android, Anda dapat menggunakan aplikasi DroidCam yang menawarkan pengaturan termudah dengan hasil cukup andal. Droidcam membutuhkan perangkat yang menjalankan setidaknya Android 5.0 Lollipop atau perangkat lunak yang lebih baru, seperti dilansir dari The Verge.

1. Download Droidcam di Play Store kemudian instal pada ponsel dan laptop Anda.

2. Setelah aplikasi diinstal pada ponsel Android Anda, fokuslah untuk mengaktifkan dan menjalankan aplikasi desktop. Selama instalasi, Anda harus mengizinkan aplikasi untuk menginstal driver audio.

3. Setelah aplikasi Windows berjalan, Anda akan melihat opsi di dekat bagian atas jendela aplikasi yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat Anda secara nirkabel atau melalui USB.

4. Di bawah opsi tersebut, Anda akan melihat kotak di mana Anda perlu memasukkan alamat IP perangkat Android Anda.

5. Di titik ini, buka aplikasi DroidCam di ponsel atau tablet Android Anda. Kemudian akan menunjukkan alamat IP perangkat Anda.

6. Kembali ke PC Anda dan masukkan alamat itu di bidang yang disebut "IP Perangkat."

7. Ada dua hal yang harus dilakukan sebelum Anda menekan "Mulai" di aplikasi desktop. Pertama, pastikan kedua kotak untuk "video" dan "audio" dicentang. Jika hanya video yang dicentang, mikrofon ponsel Anda tidak akan menerima suara Anda.

8. Selanjutnya, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi Android untuk membuka pengaturan. Di sana, di bagian "kamera", Anda dapat memilih apakah akan menggunakan kamera depan atau belakang.

9. Terakhir, tekan "mulai" di aplikasi desktop untuk memulai koneksi. Anda akan melihat pratinjau umpan video di layar PC Anda.

10. Sekarang, cukup buka aplikasi konferensi video pilihan Anda, seperti Zoom, Google Meet, atau Skype. Di pengaturan video dalam setiap aplikasi, alihkan kamera default ke “DroidCam Source 2” atau “DroidCam Source 3.” Salah satunya harus mencerminkan apa yang Anda lihat di jendela DroidCam Client.

iPhone

Sama seperti Android, ada beberapa aplikasi iOS yang mengklaim dapat mengubah perangkat seluler Anda menjadi webcam. Baru-baru ini, Dev47Apps merilis DroidCam di iOS.

Aplikasi ini mudah diatur, dapat berfungsi dengan baik, dan menggunakan klien Windows DroidCam yang sama dengan yang digunakan versi Android. Sayangnya, aplikasi itu masih belum tersedia di macOS. Petunjuk di atas di bagian Android mencerminkan apa yang harus Anda lakukan untuk menjalankannya di perangkat iOS Anda.

Untuk pengguna iPhone, aplikasi lain yang dapat digunakan adalah EpocCam. Aplikasi ini membutuhkan iOS 13 atau lebih baru. Seperti DroidCam, Anda tidak perlu menggunakan kabel apa pun untuk membuatnya berfungsi.

Ada versi terbatas gratis dan versi berbayar yang memiliki lebih banyak fitur dan aliran resolusi lebih tinggi untuk kamera Anda. Berikut cara menggunakannya:

1. Set driver desktop untuk EpocCam tersedia untuk Windows 10 dan macOS. Buka situs Elgato untuk mengunduh driver yang diperlukan untuk mesin Anda.

2. Setelah Anda menginstal driver desktop, pastikan perangkat iOS dan komputer Anda menggunakan Wi-Fi atau LAN yang sama. Buka aplikasi seluler, dan jalankan aplikasi konferensi video di komputer Anda.

3. Buka aplikasi obrolan video yang Anda gunakan, kemudian pilih "EpocCam" di pengaturan kamera. Setelah Anda memilihnya, Anda akan melihat pemberitahuan muncul di komputer Anda yang mengonfirmasi bahwa kamera terhubung melalui Wi-Fi.

Dalam beberapa kasus aplikasi Zoom, pembaruan terbaru kemungkinan dapat merusak kompatibilitas dengan EpocCam. Untuk mengatasinya, pengguna memerlukan aplikasi Zoom dengan versi yang sedikit lebih lama (4.6.7) agar dapat mengenali kamera perangkat seluler Anda sebagai kamera web.

Tag : teknologi, tips, zoom, webcam, android, ios

Berita Terkait