Ilustrasi cara mengubah TV analog ke digital

Gak Perlu Ganti TV! Ini Cara Mengubah TV Analog Ke TV Digital

Wanovy | Teknologi | 29-01-2022

PARBOABOA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mulai menghentikan siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) secara bertahap. Tahap pertama akan rampung paling lambat pada 17 Agustus mendatang.

Namun, tak perlu khawatir. Kami sudah siapkan cara mengubah TV analog ke digital yang bisa kamu coba. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Keberadaan ASO akan membuat masyarakat cukup bingung antara mengganti televisi analog dengan televisi digital. Padahal opsi mengganti dengan televisi baru tidak perlu dilakukan. Cukup ketahui bagaimana cara mengubah TV analog ke digital.

Salah satu kelebihan TV digital adalah kualitas gambar dan suara akan lebih jernih dan bersih dibandingkan dengan TV analog. Tidak akan ada lagi noise seperti bintik-bintik semut seperti pada siaran TV analog.

Cara mengubah TV analog ke digital

Cara mengubah TV analog ke digital dapat menggunakan set top box (STB) DVBT2. STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa.

STB ini bisa dibeli di marketplace online dengan harga yang bervariasi. Untuk memasang perangkat STB sangat mudah. Pengguna cukup memasukkan kabel konektor untuk audio dan video (AV) ke port yang tersedia di pesawat televisi.

Jika sudah menggunakan TV model LED atau LCD, cukup masukkan kabel audio dan video (AV) di port yang berada di samping atau belakang televisi.

Untuk mulai menyaksikan siaran digital, nyalakan televisi seperti biasa dan masuk ke menu AV. Sama seperti siaran biasa, pengguna juga harus mencari siaran digital melalui STB.

Dengan menggunakan STB, pengguna tidak perlu mengganti TV biasa yang dimiliki. Namun, pengguna tetap harus memiliki antena digital.

Pasalnya, STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog. Sinyal digital tersebut masih harus ditangkap menggunakan antena digital.

Dengan demikian, cara mengubah TV analog ke digital yang pertama adalah dengan membeli set top box (STB) dan antena digital. Alat ini bisa dibeli melalui marketplace dengan harga yang berbeda-beda.

Cara mencari siaran digital melalui STB

Lalu, bagaimana cara mencari siaran digital melalui STB? berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pastikan TV analog dan perangkat STB DVBT2 sudah saling terhubung.

2. Kemudian, nyalakan TV lalu masuk ke mode AV.

3. Apabila terdapat beberapa mode AV, sesuaikan dengan koneksi STB, misalnya AV1, AV2, atau lainnya.

4. Jika mode AV sudah ditentukan, kamu bisa langsung menyalakan perangkat STB.

5. Tekan tombol "Menu" pada remot STB, lalu cari opsi "Pencarian Saluran" dan klik "Pencarian Otomatis".

6. Tunggu hingga perangkat berhasil mencari sinyal siaran TV digital sampai selesai.

7. Setelah pencarian sinyal sudah selesai, kamu bisa langsung memilih opsi "Simpan".

8. Nantinya, TV analog akan menampilkan siaran TV digital secara otomatis.

9. Perlu dicatat, untuk tetap bisa menikmati siaran TV digital dengan menggunakan STB, TV analog kamu harus selalu berada dalam mode AV.

Saat proses ASO/digitalisasi penyiaran selesai nanti, tidak akan ada siaran analog yang tersedia, sehingga pemilik TV analog tidak akan bisa menerima siaran digital televisi jika tidak memasang STB.

Ada banyak dampak pada masyarakat dengan migrasi ke siaran TV digital. Misalnya masyarakat bisa menonton siaran televisi jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

Program ini juga bukan artinya harus mengganti perangkat TV analog menjadi digital. Namun TV lama masih bisa digunakan walaupun siaran televisi analog nantinya dimatikan. Masyarakat hanya perlu menambah perangkat set top box DVBT2 seperti cara diatas.

Pemerintah juga menjanjikan memberikan STB gratis pada masyarakat miskin. Pihak Kementerian Kominfo mengatakan sedang dalam tahap finalisasi aturan terkait pembagian STB gratis untuk rakyat miskin.

Demikianlah cara mengubah TV analog ke digital yang bisa kamu terapkan untuk dapat menikmati siaran TV yang lebih baik. Semoga membantu!

Tag : #tv    #tv analog    #tv digital    #migrasi tv   

Baca Juga