Cara Mengukur Tinggi Badan (Dok. siapgrak.com)

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Mengukur Tinggi Badan yang Benar dan Akurat

Juni | Kesehatan | 02-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pernahkah kamu mengukur tinggi badan? Apakah cara mengukur tinggi badan yang kamu lakukan sudah benar? Ketika sedang berada di ruang praktik dokter, kamu mungkin akan menemukan alat pengukur tinggi badan yang disebut dengan stadiometer.

Alat tersebut dapat mengukur tinggi badan dengan akurat. Namun, akan terasa merepotkan apabila harus bolak-balik ke ruang praktik dokter untuk menggunakan stadiometer untuk memastikan tinggi badan.

Faktanya, ada beberapa cara mengukur tinggi badan yang bisa dilakukan secara mandiri tanpa membutuhkan alat khusus maupun bantuan dari orang lain.

Lalu, bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengukur Tinggi Badan yang Benar dan Akurat

Anda hanya memerlukan beberapa benda sederhana, seperti meteran, pensil, dan kotak sereal atau yang lainnya. Berikut ini merupakan hal yang perlu Anda lakukan untuk mengukur tinggi badan , antara lain:

1. Berdiri Tegak Tanpa Alas Kaki

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam pengukuran tinggi badan yakni dengan berdiri tegak tanpa menggunakan alas kaki. Untuk memperoleh ukuran tinggi badan yang akurat, pastikan bahwa Anda berdiri dengan keadaan kepala tegak lurus.

2. Letakkan Kotak di Atas Kepala

Selanjutnya, kamu dapat meletakkan kotak sereal ataupun bekas makanan di atas kepala. Perlu diketahui bahwa kotak sereal lebih disarankan dibandingkan dengan buku ataupun penggaris. Hal itu karena buku maupun penggaris dinilai lebih sulit bertahan di posisi lurus dan rata di atas kepala.

3. Ukur Tinggi Badan dengan Meteran

Setelah meletakkan kotak sereal di atas kepala, kemudian sematkan tanda pada tembok, lalu ukurlah tinggi badan Anda menggunakan meteran. Amati angka yang ada di meteran dengan seksama.

Untuk Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan, pengukuran tinggi badan bisa dilakukan secara berkala.

Waktu yang Tepat Mengukur Tinggi Badan

Setelah mengetahui cara mengukur tinggi badan tanpa alat, saatnya kamu mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pengukuran. Di masa pertumbuhan, tinggi badan seseorang dapat berubah-ubah sepanjang hari.

Sama halnya dengan berat badan, mengukur tinggi badan sebaiknya dilakukan pada titik yang sama setiap harinya. Hal tersebut bertujuan untuk merekam pertumbuhan yang dialami dari waktu ke waktu.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menggunakan peralatan yang sama termasuk pita ukur untuk memastikan keakuratannya.

Mengetahui Tinggi Badan Rata-Rata

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pria Amerika Serikat memiliki tinggi badan rata-rata 177 cm dan wanita umumnya memiliki tinggi badan rata-rata 163,5 cm.

Di Indonesia sendiri, tinggi badan rata-rata pria adalah 168 cm dan wanita punya tinggi badan rata-rata sebesar 159 cm.

Itulah penjelasan mengenai cara mengukur tinggi badan yang benar dan akurat. Bagaimana, mudah bukan?

Tag : #tinggi badan    #mengukur tinggi badan    #kesehatan    #stadiometer    #tips    #tinggi badan rata rata   

Baca Juga