Ilustrasi seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental (Dok: halodoc.com)

Ingin Menjaga Kesehatan Mental? Lakukan Cara Berikut!

Dimas | Kesehatan | 16-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Menjaga kesehatan mental merupakan hal penting dan wajib dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, jika kesehatan mental terganggu, hal ini akan berimbas pada gangguan fisik.

Melansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seseorang yang disebut memiliki kesehatan mental bisa digambarkan dengan keadaan dimana seseorang mampu mengatasi tekanan sosial kehidupan sehingga kualitas hidup menjadi lebih meningkat.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental?

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Berikut ini Parboaboa telah merangkum cara menjaga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan setiap hari. Di antaranya:

1. Kelola Stres dengan Baik

Stres merupakan salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari, sehingga hal ini hampir tidak mungkin untuk dihindari. Namun begitu, Anda bisa belajar untuk mengelola stres dengan baik.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres antara lain dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu, dan menulis kejadian sehari-hari di buku harian.

Cara-cara tersebut bisa membuat pikiran lebih tenang dan Anda bisa melihat hidup dengan lebih positif. Dengan begitu, stres yang Anda alami juga bisa mereda.

2. Hargai Diri Sendiri

Untuk menjaga kesehatan mental, Anda bisa mulai dengan menghargai diri sendiri terlebih dahulu. Untuk itu, biasakanlah untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri dengan positif.

Anda juga bisa lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, misalnya dengan meluangkan waktu untuk hobi dan bersantai.

Selain itu, bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu juga bisa membantumu untuk menghargai diri sendiri. Sebaliknya, hindari terlalu banyak menyalahkan diri sendiri dan membandingkan diri dengan orang lain.

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat tidak hanya membuat fisik terasa lebih bugar, tetapi juga membuat kesehatan mental lebih terjaga.

Dengan mengonsumsi nutrisi yang baik dan pikiran yang mindfull, tubuh, pikiran dan jiwa bisa saling terkoneksi. Oleh karena itu, menerapkan gaya hidup yang sehat juga akan berdampak pada kesehatan mental.

ketika seseorang melakukan olah raga secara rutin, ia dapat berpikir dengan lebih baik dan lebih efisien. Begitupun ketika seseorang memiliki waktu istirahat yang cukup. Pasalnya, tidur yang berkualitas dapat menjadi media penghilang stres.

Selain itu, menjaga kesehatan mental dengan tidur yang cukup juga dapat membantu otak memperkuat ingatan dengan memproses dan menyimpan informasi dalam jangka panjang.

4. Jalin Hubungan yang Baik dengan Orang Lain

Orang dengan hubungan sosial yang baik, terbukti lebih mampu mengatasi stres dan memelihara kesehatan fisik maupun mental. Inilah alasannya mengapa Anda perlu meluangkan waktu bersama dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat.

Selain memelihara hubungan dengan orang-orang terdekat, Anda juga bisa coba mengikuti berbagai kegiatan baru, demi memiliki kesempatan untuk bertemu orang-orang baru.

5. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Membantu orang lain tidak hanya bermanfaat bagi orang yang Anda bantu, tetapi juga membawa manfaat bagi diri sendiri.

Melakukan kegiatan sukarela atau beramal, dapat membuat seseorang merasa lebih baik dan lebih berguna dalam hidup.

Selain itu, membantu orang lain juga bisa menghindarkan Anda dari rasa kesepian.

Demikianlah seputar informasi mengenai cara menjaga kesehatan mental. Namun, jika Anda mengalami berbagai masalah kesehatan mental yang sulit dihadapi seorang diri, segera lakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Tag : #kesehatan mental    #kesehatan fisik    #kesehatan    #who    #stres    #hidup sehat   

Baca Juga