Ilustrasi

Cara Menyisipkan Caption Gambar di Microsoft Word

Wanovy | Teknologi | 26-10-2021

Dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Word tidak hanya terdiri dari teks saja, Anda juga dapat menyisipkan obyek lain seperti gambar, clip art, grafik dan lain sebagainya. Menyertakan gambar yang memiliki keterkaitan erat dengan dokumen Word dapat membantu memperkuat isi dokumen dan menambah kesan profesional.

Microsoft Word memiliki fitur yang memberi kemudahan kepada Anda untuk menyisipkan gambar ke dokumen Word. Namun tidak sedikit gambar hanya sekedar disisipkan saja ke dokumen tanpa diberi keterangan (caption) yang bisa menjelaskan gambar tersebut.

Keterangan (caption) pada gambar sejatinya dapat membantu pembaca memahami gambar yang disertakan. Dengan menambahkan keterangan foto di Word 2010, Anda dapat memberikan pembaca terkait rincian tambahan tentang gambar yang dimasukkan tersebut.

Image caption di Microsoft Word itu juga berguna menjelaskan alasan mengapa foto tersebut relevan dengan informasi lainnya di dokumen.

Selain itu, memberi caption foto juga memberimu kesempatan untuk memasukkan informasi tambahan yang mungkin tidak dapat disertakan dalam dokumen.

Untuk mengetahui cara menambahkan caption gambar di Microsoft Word, simak panduan berikut ini, sebagaimana dikutip dari halaman Microsoft, Senin (25/10/2021).

1. Buka aplikasi Microsoft Word melalui PC/Laptop.

2. Masukkan gambar yang diinginkan dengan menekan tab "Insert" pada menu "Home". Setelah gambar berhasil dimasukkan, klik kanan pada gambar yang diinginkan dan pilih opsi "Insert Caption".

3. Klik tombol "New Label" untuk menambahkan kategori label baru dan isi sesuai dengan keterangan yang diinginkan.

4. Anda juga dapat mencantumkan keterangan tambahan pada kolom caption. Caranya, cukup ketikkan kata atau kalimat yang ingin disertakan pada caption gambar.

5. Selain keterangan teks, Anda juga dapat menambahkan keterangan angka pada caption gambar. Caranya, klik tombol "Numbering" dan pilih "Format". Tentukan jenis keterangan yang diinginkan seperti angka desimal, angka romawi, atau sub-nomor.

6. Selanjutnya tentukan posisi di mana letak caption ingin di taruh. Pilih opsi "Below selected number" apabila ingin mencantumkan keterangan caption di bawah gambar.

7. Sebaliknya, pilih "Above selected number" untuk meletakkan caption di bagian atas gambar. Setelah semua pengaturan di atas selesai dilakukan, klik tombol "Ok" untuk menambahkan caption pada gambar.

Demikianlah ulasan tentang cara menambahkan caption (keterangan) pada gambar atau foto di Microsoft Word. Selamat mencoba!

Tag : teknologi, tips, microsoft word

Berita Terkait