Cara Merawat Ban Tubeless Mobil yang Harus Diketahui

Penulis : Krisna | Otomotif | 09-12-2022

Ban Tubeless Mobil (Foto: Mobilmo)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Ban tubbles adalah tipe yang umum dimiliki mobil-mobil keluaran terbaru, ban ini tidak mempunyai ban bagian dalam dan menawarkan banyak kelebihan kepada para pengendara.

Oleh sebab itu pengendara perlu melakukan perawatan yang intens. Agar ban tersebut awet dan berusia panjang, sehingga keselamatan dan keamanan berkendara selalu terjaga.

Lalu, bagaimana cara merawat ban tubbles mobil? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Cek Tekanan Angin Ban Tepat

Pastikan tekanan anginnya selalu dalam keadaan tepat. Selain memastikan ban tidak kurang, kamu juga perlu menghindari tekanan berlebihan yang dapat membuat keluar velg.

2. Hindari Jalan Berlubang

Pastikan ban kendaraan kamu tidak melewati jalan lubang, karena jalan berlubang berpotensi membuat velg bengkok dan dapat mempengaruhi ban. Jika jalan berlubang tidak bisa dihindari maka turunkan kecepatan mobil agar resiko kerusakan juga semakin kecil.

3. Cek Ban Secara Teliti

Pastikan bahu dan permukaan ban, apabila batas D di bahu ban sudah terlewatkan, itu berarti perlu segera diganti dan jangan lupa juga memeriksa seluruh dinding dan tapak mobil.

4. Hindari Muatan Beban Berlebihan

Pastikan mobil yang kamu kendari tidak membawa barang bawaan dan penumpang di dalam mobil tidak melebihi batas standar beban Apabila beban muatan berlebihan dan dengan jangka waktu yang lama maka ban mobil cepat aus dan komponen lain juga bekerja ekstra dan rawan kerusakan.

Sehingga kamu harus cari tahu berapa kapasitas maksimal yang dapat ditangani oleh mobil yang anda miliki dan pastikan selalu mematuhinya.

Itulah tadi penjelasan tentang cara merawat ban tubeless mobil yang harus diketahui. Lalu pastikan untuk selalu mematuhi batas maksimal.

Editor : -

Tag : #ban tubeless    #mobil    #otomotif    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga