7 Cara Merawat HP Agar Awet dan Tidak Rusak

Penulis : Ester | Teknologi | 11-01-2023

Ilustrasi Cara Merawat HP agar tetap awet (Foto:sarjanapedia.com)

PARBOABOA – Sebagai salah satu sarana dalam penunjang kehidupan kita sehari-hari, tentu ponsel yang kita gunakan membutuhkan perawatan tertentu agar tetap awet, terlebih jika ponsel tersebut sering kita pakai, bahkan hampir 24 jam lamanya.

Baik HP kamera terbaik ataupun HP mirip iPhone, tentu seluruhnya membutuhkan cara merawat agar awet dan tidak mudah rusak.

Nah, di bawah ini Parboaboa sudah merangkum beberapa cara merawat HP agar tetap awet yang wajib kamu ketahui sebagai pengguna perangkat elektronik ini. Cara di bawah ini tentu dapat menjaga ponsel kamu agar tidak rusak dan masa penggunaannya dapat lebih lama lagi.

Seperti apa sebenarnya cara merawat HP android yang baik dan benar? Berikut kami berikan caranya untuk kamu ketahui.

1. Menggunakan Charger Original

Cara merawat HP agar awet yang pertama adalah dengan menggunakan perangkat-perangkat original ponsel kamu sendiri,seperti charger. Pasalnya, charger adalah salah satu alat yang paling sering kita gunakan untuk ponsel kita agar tidak kehabisan baterai.

Jika kamu menggunakan charger abal-abal atau tidak original, maka baterai ponsel kamu dapat rusak atau bahkan bagian dalam lain dari ponsel yang kamu gunakan tidak bekerja maksimal.

Penggunaan powerbank juga tidak terlalu dianjurkan untuk digunakan setiap harinya, karena alat ini dapat berpotensi menyebabkan kerusakan. Gunakanlah powerbank jika keadaan benar-benar memaksa agar peluang kerusakan ponsel kamu semakin kecil.

2. Membersihkan Debu yang Menempel di Ponsel Kamu

Salah satu hal sepele yang kerap dilewatkan banyak orang saat menggunakan HP Samsung terbaru atau pun jenis ponsel lainnya adalah, jarang membersihkan debu yang menempel. Padahal, debu yang menumpuk di dalam ponsel dapat membuat perangkat lebih mudah panas bahkan menyebabkan kerusakan.

Untuk itu, kamu dianjurkan untuk membersihkan ponsel kamu dari debu-debu yang menempel agar kinerja smartphone dapat lebih cepat. Untuk membersihkan debu ini sendiri juga kamu perlu menggunakan alat khusus, seperti kain microfiber atau lap kacamata untuk hasil maksimal tanpa merusak ponsel.

3. Menggunakan Case Smartphone Yang Sesuai

Seperti yang kita tau, ada banyak sekali aksesoris atau case ponsel yang beredar di luaran sana. Tentu hal tersebut kerap membuat kita bingung ingin menggunakan aksesoris yang mana agar ponsel kita terlihat cantik.

Padahal, hal terpenting dalam cara merawat HP dengan baik adalah dengan menggunakan aksesoris yang sesuai. Maksudnya adalah, pastikan aksesoris yang kamu gunakan dapat melepas panas dan nyaman untuk kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan aksesoris ponsel yang terkesan sulit melepaskan panas, maka kamu dapat melepaskannya ketika mengisi daya. Dengan begitu, ponsel akan tetap dingin dan terhindar dari kerusakan.

4. Hindari Menggunaakan Ponsel di Tempat Panas

Cara merawat android agar tidak rusak selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan dari tempat panas atau suhu udara tinggi. Suhu yang dianjurkan ketika kita ingin menggunakan perangkat elektronik adalah 16-30 derajat celcius.

Dengan begitu, dapur pacu atau bagian dalam ponsel akan tetap aman dan tidak terlalu panas. Sebab, ponsel yang terlalu panas atau bahkan terpapar langsung oleh sinar matahari akan mudah rusak dan tidak awet.

5. Menghapus Aplikasi Tidak Penting

Salah satu hal yang membuat suatu ponsel sering lambat adalah banyaknya aplikasi tidak penting yang terunduh di dalam smartphone tersebut. Hal itu membuat kinerja dari CPU dan RAM menurun.

Nah, cara merawat HP agar awet bertahun-tahun yang bisa kamu terapkan dengan mudah adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang memang kurang dibutuhkan. Kamu juga perlu memperhatikan kapasitas RAM dan ROM yang kamu miliki sebelum mengunduh suatu aplikasi.

6. Hindari Menggunakan Ponsel saat sedang Mengisi Daya

Kesalahan banyak orang saat menggunakan ponsel mereka adalah sering sekali menggunakannya ketika sedang mengisi daya. Padahal, hal itu dapat menyebabkan ponsel cepat rusak dan kapasitas baterai berkurang.

Untuk itu, cara merawat HP yang wajib kamu perhatikan adalah dengan membiarkan ponsel terisi sepenuhnya, barulah kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan kamu.

7. Menggunakan Antivirus

Cara merawat HP yang penting untuk diperhatikan adalah dengan mengakses antivirus di dalam ponsel kamu. Tentu kita semua tidak ingin ponsel kita di hack atau memiliki virus yang membuatnya menjadi sangat lambat bahkan rusak.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengunduh antivirus sebagai salah satu langkah dalam mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan di dalam ponsel kamu. Cara merawat HP ini juga tentu dapat membuat smartphone kamu lebih cepat dan awet.

Itulah cara merawat HP agar tidak rusak yang bisa kamu gunakan di dalam HP kamu, baik HP terlaris 2022 atau pun HP Google terbaru. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Editor : -

Tag : #hp    #ponsel    #teknologi    #smartphone    #cara merawat    #samsung    #google    #cara merawat hp   

Baca Juga