Sudah Diumumkan, Cara Mudah Cek Kelolosan Kartu Prakerja Gelombang 22

Sudah Diumumkan, Cara Mudah Cek Kelolosan Kartu Prakerja Gelombang 22

Sondang | Ekonomi | 01-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Program prakerja sudah sampai pada gelombang 22. Gelombang ini merupakan gelombang pemulihan untuk status kepesertaan di gelombang 18 sampai 21. Pendaftaran prakerja gelombang 22 sudah ditutup sejak Rabu (27/10).

Pemerintah baru saja mengumumkan kelolosan peserta melalui akun instagram resminya @prakerja.go.id pada Senin (1/11) sore.

“Selamat Kepada Penerima Kartu Prakerja Gelombang 22” Tulisan poster yang diunggah pihak prakerja.

Peserta yang berhasil menerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Cara untuk memeriksa status penerimaan seleksi kartu prakerja gelombang 22:

1. Status penerimaan bisa diperiksa melalui notifikasi di dashboard pada laman prakerja.go.id

Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, berarti proses seleksi sedang berjalan.

2. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja. Peserta tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Hal ini dilakukan agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

3. Selanjutnya, apabila dinyatakan tidak lolos, peserta akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard.

Peserta bisa memeriksa alasan ketidaklolosan melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

4. Selain melalui dashboard, status penerimaan akan diumumkan melalui SMS atau e-mail.

Buat yang lolos diminta segera mengikuti pelatihan pertama. Sebab pemerintah hanya memberikan batas waktu dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi.

Batas waktu 30 hari ini disesuaikan dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020.

Nantinya mereka yang lolos akan mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Saldo ini bermanfaat untuk membeli pelatihan melalui tujuh platform digital, antara lain Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Tag : ekonomi, prakerja gelombang 22, pengumuman

Berita Terkait