Ilustrasi seseorang yang mengalami penyakit paru-paru (dok:orami.co.id)

Berikut Cara Mudah dan Alami Membersihkan Paru-Paru

Dimas | Kesehatan | 07-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menjaga kebersihan paru-paru wajib dilakukan, karena paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi sistem pernafasan manusia.

Meski begitu, banyak orang yang lalai dalam menjaga kebersihan paru-paru dengan melakukan beberapa kebiasaan buruk, seperti merokok atau terlalu sering berada di lingkungan dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Menurut World Health Organization (WHO), tingkat kematian akibat paparan polusi udara setiap tahun mencapai 4,2 juta jiwa. Selain itu, terlalu sering terkena paparan polusi udara juga dinilai sebagai pemicu munculnya berbagai penyakit pada paru-paru, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (POK) serta fibrosis sistik.

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Parboaboa akan mengulas beberapa cara mudah dan alami yang dapat dilakukan untuk membersihkan paru-paru. Simak sampai akhir ya!

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Seperti yang diketahui, berbagai zat beracun di dalam rokok dapat membahayakan kesehatan paru-paru. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau PPOK bahkan memperparah infeksi di saluran pernapasan.

Maka dari itu, jika Anda seorang perokok aktif, sangat dianjurkan untuk mulai mengurangi atau kalau bisa berhenti dari kebiasaan merokok.

Terlebih lagi, merokok tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan Anda, tapi juga bisa berimbas pada orang lain yang berada di dekat Anda.

2. Batuk

Batuk adalah cara alami tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir secara alami. jika Anda bisa mengendalikan batuk sendiri, dahak berlebih dan partikel kotor di paru-paru bisa terangkat dan dikeluarkan secara efektif tanpa harus kehabisan energi karena batuk yang menerus.

Berikut adalah tahap-tahap untuk membersihkan paru dari dahak dengan menerapkan cara batuk efektif:

  • Duduk dengan posisi tegap dan menapakkan kaki di lantai.
  • Lipat lengan di atas perut
  • Ambil napas secara perlahan melalui hidung
  • Buang napas perlahan-lahan sembari mencondongkan tubuh ke depan
  • Usahakan untuk batuk 2-3 kali ketika membuang napas dengan mulut sedikit terbuka.
  • Ambil napas kembali.
  • Istirahat dan ulangi seperlunya saja.

3. Minum Teh Hijau

Teh hijau diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah beberapa jenis penyakit paru-paru. Dalam sebuah studi pada 2018, peserta yang mengonsumsi teh hijau 2 kali atau lebih dalam satu hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan PPOK.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik untuk kesehatan paru melalui konsumsi makanan sehat. Apa yang Anda makan sangat memengaruhi kesehatan paru Anda. Oleh karena itu, mulailah konsumsi makanan sehat dengan cara:

  • Mulai hari dengan minum segelas air lemon. Jika tubuh kita terhidrasi dengan baik, proses membersihkan paru pun menjadi lebih lancar.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti anggur, kiwi, jeruk, tomat, dan brokoli.
  • Tidak lupa, masukkan juga makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi misalnya bawang putih, apel, dan jahe.

5. Terapi Uap

Terapi uap yaitu menghirup uap air untuk mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan di saluran udara. Jika Anda sering melakukan terapi uap, hal ini akan meningkatkan kemampuan pernafasan secara signifikan.

6. Olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga sangat penting dilakukan untuk membersihkan paru-paru dari kotoran. Olahraga dapat menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi paru-paru Anda.

Anda bisa berjalan-jalan santai di luar rumah agar membantu kantung udara di paru-paru tetap terbuka. Jika kantung-kantung itu tetap terbuka, bagian itu akan dapat sirkulasi oksigen dan membawanya ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan.

Itulah seputar informasi mengenai cara membersihkan paru-paru dengan mudah dan alami. Semoga bermanfaat.

Tag : #paru paru    #kebersihan paru    #kesehatan    #who    #penyakit paru    #ppok    #asma    #merokok    #polusi udara    #   

Baca Juga