Ilustrasi karat pada sepeda motor (Dok: moladin.com)

Simak! Inilah Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Dimas | Otomotif | 07-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Memiliki motor yang bersih dan sehat tentunya menjadi impian seluruh pemilik motor. Namun, tak bisa dipungkiri jika berbagai masalah pada motor bisa saja muncul, salah satunya karat pada besi sepeda motor.

Seperti yang kita ketahui, munculnya karat pada besi sepeda motor bisa di sebabkan oleh air hujan yang menempel dan tidak langsung dibersihkan. Sehingga, zat asam dari air hujan merusak permukaan besi dan berujung menjadi karat.

Jika hal tersebut tidak segera ditangani, maka karat akan menyebabkan keropos pada besi motor dan berakhir dengan kerusakan. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda para pemilik sepeda motor untuk mengetahui cara membersihkan karat pada besi sepeda motor.

Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Besi Motor

Menghilangkan karat pada sepeda motor sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat dan terbukti efektif.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum cara mudah menghilangkan karat pada besi motor, di antaranya:

1. Gunakan Pembersih Keramik

salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada besi motor adalah pembersih keramik. Caranya, Anda bisa mengoleskan pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat.

kemudian, diamkan beberapa saat lalu gosok dengan sikat agar karat benar-benar hilang.

2. Gunakan Oli Bekas

Oli bekasa bisa menghilangkan karat pada besi motor. Sebagai contoh, Anda bisa mengoleskan oli bekas pada knalpot motor yang telah berkarat.

Selanjutnya, nyalakan mesin motor dan biarkan knalpot panas kurang lebih satu hingga dua menit. Knalpot yang panas dinilai dapat membantu oli meluruhkan karat pada knalpot.

3. Gunakan Stempet atau Gemuk

Stempet atau gemuk ini merupakan cairan yang memiliki tekstur sangat kental dan cenderung mirip dengan gel. Sebenarnya, fungsi dari stempet atau gemuk ini yaitu sebagai pelumas suku cadang motor.

Stempet atau gemuk memang memiliki sifat yang lengket dan inilah yang membuat stempet atau gemuk dapat bertahan lebih lama di bagian yang dilumasi, terutama jika dibandingkan dengan oli.

Sedangkan pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, cairan kental ini sering digunakan untuk mencegah karat pada bagian tersebut. Bahkan di bagian rangka motor yang catnya sudah rusak juga dapat diberi cairan ini.

4. Gunakan Baking Soda

Baking soda mengandung bermacam-macam bahan aktif yang terbukti ampuh untuk menghilangkan karat. Cara menghilangkannya adalah dengan menyikat karat menggunakan baking soda yang sebelumnya sudah dicampur dengan air.

Anda bisa lakukan penggosokan beberapa kali pada bagian yang berkarat agar memperoleh hasil yang maksimal.

5. Gunakan Pasta Gigi

Cara selanjutnya yang juga sangat mudah adalah menggunakan pasta gigi. Caranya, Anda bisa mengoleskan pasta gigi ke bagian motor yang berkarat lalu diamkan selama beberapa menit dan gosok dengan kain lap.

Anda bisa mengulanginya hingga motor benar-benar sudah bebas dari karat. Meskipun cukup mudah, namun cara ini tidak disarankan untuk memberihkan motor dengan karat yang sudah banyak.

6. Gunakan Cuka

Sama seperti bahan-bahan diatas, Anda bisa memanfaatkan cuka sebagai penghilang karat pada motor. Kadar asam pada cuka dinilai mampu menghilangkan karat pada besi motor.

Menghilangkan karat dengan cuka terbilang cukup mudah. Namun, lebih baik jika benda yang dibersihkan memiliki ukuran kecil seperti baut.

7. Gunakan Bensin

Anda bisa menghilangkan karat pada motor menggunakan bensin dengan nilai oktan 92. Caranya, campurkan  bensin oktan 92 dan solar dengan perbandingan 1:2. Selanjutnya, oleskan campuran dari kedua cairan tersebut ke bagian motor yang berkarat.

Ambil sikat gigi dan gosok-gosok menggunakan sikat tersebut. Karat pasti akan hilang dan motor akan kembali bersih.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara mudah menghilangkan karat pada sepeda motor. Jika motor Anda mulai berkarat, silahkan lakukan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat

Tag : #sepeda motor    #karat    #otomotif    #oli bekas    #pembersih keramik   

Baca Juga