Ilustrasi bentuk interior mobil (dok:demico.co)

Berikut Cara Mudah Merawat Interior Mobil agar Tetap Awet

Dimas | Otomotif | 26-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Selain merawat mesin mobil, Anda tentunya harus memperhatikan juga perawatan pada interior mobil. Hal tersebut berguna untuk menciptakan rasa nyaman kepada pengemudi dan penumpang saat melakukan perjalanan menggunakan mobil.

Selain menciptakan rasa nyaman, merawat interior mobil juga memiliki beberapa alasan penting, seperti:

1. Interior Menjadi Lebih Awet

Interior akan lebih awet jika dirawat dengan baik. Faktor yang mempengaruhinya juga bermacam-macam, seperti terkena sinar matahari terlalu sering hingga ulah hewan. Untuk itu, merawat interior mobil sangat penting agar interior mobil tidak terlalu cepat untuk diganti.

2. Harga Jual Yang Tetap Stabil

Jika interior dalam keadaan bagus, maka harga mobil akan cenderung lebih mahal. Terlebih lagi jika mobil terawat dengan baik, maka calon pembeli akan lebih tertarik karena mobil dalam keadaan sangat baik.

3. Tidak Menjadi Sarang Binatang

Mobil memiliki ruang kecil yang bisa saja hewan menempatinya. Sisa remah-remah makanan yang jatuh ke lantai dinilai bisa mengundang semut atau bahkan tikus.

Cara yang mudah untuk menghilangkan remah makanan ini adalah dengan menggunakan vacum cleaner yang bisa mencakup tempat tempat sempit pada interior mobil. Selain itu selau cek pada bagian tertentu, bisa saja ada hewan yang menampatinya.

Merawat interior mobil, bisa dilakukan secara mandiri dengan beberapa cara yang mudah tanpa harus salon mobil. Sebab, merawat interior mobil secara mandiri dapat menghemat biaya ketimbang harus membawanya ke salon mobil.

Cara Mudah Merawat Interior Mobil

1. Bersihkan dashboard

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat interior mobil adalah dengan membersihkan dashboard. Dashboard menjadi salah satu bagian penting yang harus dirawat karena bagian ini selalu terlihat saat mengemudi.

Untuk membuatnya tetap bersih, Anda bisa menggunakan kemoceng atau kuas untuk menyingkirkan debu-debu di bagian sudutnya sekaligus lubang AC yang ada di sekitarnya. Setelah itu, jangan lupa untuk oleskan sedikit cairan biopolish leather care untuk membuat dashboard tidak kering saat terpapar panasnya sinar matahari.

2. Perawatan jok mobil yang sesuai

Setiap mobil pasti memiliki jenis jok yang berbeda-beda. Dari situ, terkadang banyak kesalahan dalam membersihkannya. Sebelum jok Anda rusak, ada baiknya kamu harus tau, jenis bahan apa yang terdapat pada jok mobil Anda.

Jika jok mobil terbuat dari bahan fabric atau kain, Anda dapat membersihkan dengan cairan pembersih khusus fabric. Jika tebuat dari kulit, Anda dapat menggunakan sikat atau vacuum cleaner.

3. Membersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil dibuat dilapisi dengan berbagai jenis bahan seperti beludru atau fabric. Masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Jika plafon menggunakan bahan jenis fabric, maka Anda harus menggunakan bahan pembersih interior mobil khusus.

Bahan pembersih juga tidak langsung disemprotkan melainkan menggunakan kain yang seratnya halus. Setelah itu, baru gunakan lap untuk  seluruh area plafon secara searah. Anda bisa menggosok secara perlahan sampai debu dan kotoran menghilang.

Sementara itu, untuk plafon berbahan beludru Anda perlu menggunakan air terlebih dahulu. Gosok plafon perlahan dengan kain lap yang dibasahi air sampai bersih. Jangan langsung menggunakan air karena akan membuat lapisan bludru menyerap air dan menjadi bau.

Plafon yang menggunakan bahan bludru lebih sulit pembersihannya, oleh karena itu jangan sampai tumbuh noda apalagi jamur. Jamur dapat tumbuh jika Anda salah membersihkan seperti menyemprotkan air dan menggunakan lap yang terlalu basah.

4. Gunakan karpet

Cara merawat interior mobil yang berikutnya adalah melapisi lantai kabin mobil menggunakan karpet. Hal ini bertujuan agar kotoran seperti pasir, air, sisa-sisa makanan tidak langsung jatuh dan mengotori mobil Anda, tapi dihalau dulu oleh karpet mobil. Selain itu, karpet mobil juga akan membuat interior mobil Anda menjadi lebih bergaya .

Anda bisa memilih karpet mobil dari bahan karet antislip seperti produk karpet mobil dari Carfit. Karpet mobil antislip ini mudah dibersihkan dan bisa digunakan untuk semua jenis mobil. Dalam 1 set karpet mobil terdiri 2 buah karpet bagian depan dan sisi kemudi serta 2 karpet bagian tengah untuk sisi penumpang.

5. Membersihkan Lubang Ventilasi AC

Cara merawat interior mobil yang juga tidak boleh dilewatkan adalah bagian lubang ventilasi AC. Pada saat Anda membersihkan dashboard tentu ventilasi AC di bagian depan juga harus ikut dibersihkan.

Tapi bukan itu saja, jika mobil Anda menggunakan jenis AC double blower maka bagian tersebut juga perlu dibersihkan. Ventilasi AC yang kotor dapat menyebarkan virus dan bakteri jika tidak dijaga kebersihannya.

Cara membersihkan lubang ventilasi AC bisa menggunakan kemoceng. Bisa juga menggunakan kanebo yang yang telah dibasahi dan diperas. Tujuannya agar kotoran yang berkerak dapat terangka

6. Sediakan tempat sampah mini dalam mobil

Untuk merawat agar interior tetap bersih dan rapi, sebaiknya Anda menyediakan tempat sampah mini dalam mobil. Dengan ini, sampah dalam kabin akan terorganisir dengan baik.

Anda pun tidak kesulitan membuang sampah baik itu dibuang ke jalanan atau ditumpuk di dalam kabin bahkan hanya dibuang di atas karpet. Sampah yang tidak dibuang dengan baik dapat menjadi sumber bau nantinya.

Letakkan tempat sampah di lokasi yang strategis agar mudah untuk diakses. Jangan lupa untuk rutin mengeluarkan dan membuang sampah. Cuci juga tempat sampah agar tampilannya tetap bersih.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara mudah merawat interior mobil. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #interior mobil    #otomotif    #perawatan mobil    

Baca Juga