Cara restart laptop dengan keyboard, foto: Nooblasto.com

5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard Semua Merek

Wanovy | Teknologi | 11-04-2022

PARBOABOA - Cara restart laptop dengan keyboard memang cukup mudah. Terkadang saat mengerjakan pekerjaan di laptop, terdapat kendala yang mengganggu, seperti layar hang, keyboard tidak berfungsi, kursor yang tidak dapat diarahkan, dan lain sebagainya.

Cara mudah dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, umumnya dilakukan dengan restart laptop.

Tetapi, jika yang terjadi layar hang maupun kursor tidak berfungsi, artinya kita tidak dapat melakukan restart seperti pada umumnya.

Alternatif yang biasa dilakukan adalah memanfaatkan tombol keyboard. Hanya saja, tidak semua pengguna laptop mengetahui cara restart laptop dengan keyboard.

Cara Restart Laptop dengan Keyboard

Melakukan restart pada komputer maupun laptop umumnya dipilih untukk menjadi suatu langkah yang sederhana ketika menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada Windows 10.

Tidak hanya itu, selain dapat menyelesaikan sebuah permasalahan, melakukan restart juga umumnya bisa dilakukan apabila kita sudah menyinstall sebuah program aplikasi.

Dikutip dari berbagai sumber, Parboaboa sudah rangkum beberapa cara restart laptop dengan keyboard yang bisa kamu coba. Yuk, simak informasi selengkapnya dibawah ini!

1. Menggunakan ALT + F4

Cara restart laptop dengan keyboard pada umumnya hampir sama dengan cara mematikan laptop dengan keyboard. Yaitu, hanya perlu menekan ALT+F4 bersamaan, kemudian akan muncul pilihan.

Yang membedakan adalah tidak memilih shut down, melainkan Restart. Jangan lupa untuk tekan ENTER, maka laptop akan me-restart sendiri secara otomatis.

2. Menggunakan CTRL + Alt +Del

Untuk melakukan restart menggunakan keyboard yang berikutnya yaitu, kamu hanya cukup untuk menggunakan shortcut berupa CTRL + Alt + Del. Baca juga: Daftar Shortcut Keyboard Windows 10 Terlengkap

Kamu harus mengetikkan ketiga tombol tersebut secara bersamaan. Maka akan muncul beberapa opsi seperti pada gambar dibawah ini.

Maka dapat kamu lihat pada posisi sudut kanan bawah terdapat tombol Shutdown. Untuk melakukan restart, kamu harus menekan tombol tersebut diikuti dengan menekan tombol CTRL yang terdapat pada keyboard.

Setelahnya maka akan muncul restart darurat. Untuk melanjutkannya, kamu dapat klik tombol OK. Maka laptop maupun komputer kamu akan melakukan restart dengan sendirinya.

3. Start Menu

Cara restart laptop dengan keyboard satu ini sebenarnya adalah cara yang paling umum. Kamu akan me-restart laptop dari Start Menu. Namun, kali ini kamu menggunakan keyboard untuk melakukan navigasi.

Untuk Windows 7, caranya tekan tombol “Windows” pada keyboard, lalu tekan tombol arah kanan 2 kali, pilih Restart dengan cara menekan tombol arah atas.

Sedangkan untuk Windows 8, tekan Windows+C, lalu navigasikan kursor ke ikon “Power”, lalu pilih Restart.

4. Kombinasi Tombol Lainnya

Selain ketiga cara di atas, kamu bisa me-restart laptop kamu dengan menekan kombinasi tombol keyboard untuk masing-masing OS.

Untuk laptop yang menggunakan Windows XP, gunakan kombinasi tombol berikut:

- Start + R

- Alt + F4 + R

Sedangkan, untuk laptop yang terinstal Windows 7, bisa menggunakan kombinasi tombol berikut:

- Start > Arah Kanan 2 kali > R

- Alt + F4 > R > Enter

5. Menggunakan Windows Run

Cara restart laptop dengan keyboard yang satu ini bisa digunakan di seluruh varian Windows, baik Windows Xp, 7, hingga Windows 10. Hanya perlu memanfaatkan fitur Windows Run untuk merestart laptop dengan keyboard.

Caranya cukup dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “shutdown -r” (tanpa tanda kutip), dan akhiri dengan menekan tombol Enter. Selanjutnya, laptop kalian akan merestart sendiri.

Nah, itulah 5 cara restart laptop dengan keyboard yang bisa kamu coba terapkan. Pastikan kamu sudah melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar. Semoga bermanfaat!

Tag : #restart laptop    #keyboard    #tips    #teknologi    #shotcut   

Baca Juga