Cara Screenshot di Laptop dan Komputer (Dok:Indozone)

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Yang Mudah

Ester | Teknologi | 04-05-2022

PARBOABOA – Salah satu fitur yang ada di laptop dan PC yang kerap digunakan banyak penggunanya adalah screenshot. Screenshot atau tangkap layar memang sering sekali digunakan banyak orang untuk menangkap sebuah gambar atau tulisan.

Namun, hal itu terkadang sulit dilakukan oleh beberapa orang apalagi yang masih awam dalam penggunaan laptop atau computer. Mungkin di dalam smartphone yang biasa kita gunakan, melakukan screenshot cukup mudah.

Kamu cukup menekan tombol volume bagian atas dan power bersamaan, atau mengusap jarimu di layar. Lalu, bagaimana dengan laptop atau komputer? Apakah kita juga harus menekan tombol power dan volume? Atau mengusap layar?

Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara screenshot di laptop dan komputer, di bawah ini kami akan memberikan ulasannya untuk mempermudah kamu dalam melakukan screenshot di laptop.

Menggunakan Tombol Print Screen

Cara yang paling mudah untuk screenshot di laptop dan komputer adalah dengan menekan tombol Print Screen. Biasanya tombol ini berada di bagian atas sebelah kanan keyboard.

Cara untuk melakukannya adalah, kamu cukup membuka gambar yang ingin kamu screenshot di dalam laptop atau komputer kamu. Kemudian tekan tombol Print Screen dan paste ke dalam clipboard. Lalu, masukkan ke dalam aplikasi Paint dengan klik Ctrl+v.

Setelah itu, kamu dapat menyimpannya dengan klik file lalu Save As. Bagaimana cukup mudah bukan?

Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara screenshot laptop yang kedua ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar yang ada di jendel aktif saja.

Cara untuk melakukannya adalah buka gambar yang ingin kamu ambil gambarnya. Kemudian tekan Alt + Print screen secara bersamaan untuk meyimpan gambar di dalam clipboard.

Lalu buka aplikasi paint dan paste gambar yang sudah diambil tadi. Gambar yang keluar hanya jendela yang kamu buka dan tidak termasuk background layar.

Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Cara yang screenshot laptop yang satu ini lebih mudah lagi. Kamu tinggal membuka gambar yang ingin kamu screenshot dan tekan tombol kombinasi Windows dan Print Screen. Kemudian layar akan berkedip ketika kamu berhasil mengambil screenshot.

Untuk dapat melihat hasil screenshotnya, kamu cukup cari direktori C:/Users[nama user]/Pictures/Screenshots.

Itulah cara screenshot di laptop dan komputer yang mudah untuk kamu gunakan. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Tag : #screenshot    #screenshot di laptop    #teknologi    #screenshot di komputer    #laptop    #komputer   

Baca Juga