Cara screenshot HP Samsung A03s, foto: aramedia.id

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A03s dengan Mudah

Wanovy | Teknologi | 13-08-2022

PARBOABOA - Cara screenshot Samsung A03s sama saja dengan smartphone Samsung yang lainnya. Namun bagi pengguna baru pasti belum mengetahui bagaimana caranya. Oleh karena itulah kami akan memberikan informasinya pada artikel berikut ini.

Sebelum membahas mengenai cara menscreenshot Samsung A03s, mari kita terlebih dahulu berkenalan dengan smartphone terbaru dari Samsung tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03s

Samsung Galaxy A03s hadir membawa layar berukuran 6.5 inci dengan panel PLS LCD beresolusi HD 720 x 1600 pixels. Layar tersebut mengadopsi desain Infinity-V Display yang familiar dipakai smartphone murah Samsung.

Samsung membekali tiga buah kamera dengan resolusi yang cukup baik sehingga mampu menghasilkan konten foto yang tajam. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan foto maupun screenshot di kartu memori tambahan.

Untuk software, sistem operasi yang didukung adalah One UI Core 3.1 Android 11 yang saat ini paling canggih sehingga memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah dalam mengambil screenshot layar Hp Samsung A03s.

Fitur screenshot memang menjadi salah satu dukungan wajib untuk perangkat di masa sekarang. Kita dapat memanfaatkannya untuk mengabadikan berbagai macam hal penting saat menggunakan handphone.

Dengan memakai fitur tersebut, kita nantinya dapat mengabadikan artikel web, percakapan di layanan pesan singkat, hingga tampilan antarmuka dari suatu aplikasi secara lebih mudah. Kita juga akan memperoleh hasil lebih maksimal dari pada memfoto layar.

Galaxy A03s secara khusus mempunyai fitur tersebut dengan adanya antarmuka sistem operasi bernama One UI 3.1 Core.

Cara menscreenshot Samsung A03s

Sama seperti untuk berbagai macam handphone buatan Samsung, kita pun dapat dengan cukup mudah untuk menggunakannya.

Bagi kamu yang belum tahu, setidaknya ada dua metode yang bisa kita pilih untuk melakukan hal itu meliputi menggunakan tombol fisik dan bantuan Assistant menu.

Selain itu, ada pula screenshot panjang untuk mengambil gambar dengan konten yang tampil di beberapa layar.

Nah, langsung saja yuk simak cara menscreenshot Samsung A03s dibawah ini!

1. Tombol power + volume bawah

Pertama, cara screenshot yang paling umum ditemukan di kebanyakan smartphone Android, termasuk merek Samsung, adalah dengan menekan tombol power dan volume bawah (down) secara bersamaan.

Dengan menekan kombinasi dua tombol tersebut, tampilan layar pun akan didokumentasikan dalam bentuk gambar. Gambar hasil SS-an dapat dilihat di galeri ponsel.

Cara menscreenshot Samsung A03s dengan kombinasi tombol power dan volume bawah ini juga bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar dalam bentuk panjang.

Hal ini berguna untuk menyimpan tampilan seperti website atau chat panjang secara utuh tanpa terpotong.

Sehingga dapat menyimpan seluruh informasi di dalam satu gambar saja. Caranya adalah sebagai berikut:

- Tekan tombol volume bawah (down) dan tombol daya (power) secara bersamaan. Nantinya, akan muncul jendela pop-up kecil di bagian bawah, yang menampilkan beberapa opsi.

- Klik opsi "Scroll Capture" (ikon panah ke bawah) untuk menggulirkan tangkapan layar.

- Gulirkan layar hingga ke bagian bawah untuk menangkap seluruh tampilan secara utuh.

- Sebelum disimpan, kamu juga bisa melihat sekilas, bagaimana hasil tangkapan layar tersebut, lewat jendela "Preview" yang terletak di pojor kiri bawah.

- Jika sudah, tekan tombol "Back" untuk menyimpan hasil tangkapan layar. Secara otomatis, gambar hasil screenshot akan tersimpan di galeri ponsel kamu.

2. Usapan telapak tangan

Cara menscreenshot Samsung A03s kedua adalah dengan gestur mengusap telapak tangan ke layar. Fitur ini bernama "Palm swipe to capture".

Cara SS model ini terbilang eksklusif karena hanya tersedia pada ponsel dan tablet bikinan Samsung.

Untuk menggunakannya, pengguna perlu menempatkan telapak tangan bagian luar (sepanjang jari kelingking dan telapak tangan) ke atas layar HP Samsung.

Lalu usap telapak tangan bagian luar ke arah kiri atau kanan. Dengan begitu, tangkapan layar pun berhasil didapatkan.

Kemampuan screenshot dengan usapan telapak tangan di HP Samsung ini sudah aktif secara bawaan.

Jadi, pengguna bisa langsung mempraktikkannya tanpa perlu menginstal aplikasi lain atau mengaktifkan fitur tertentu.

Kendati begitu, gestur SS dengan usapan telapak tangan ini bisa dinonaktifkan oleh pengguna.

Caranya, buka "Settings" > klik "Advanced features" > klik "Motions and gestures" > geser toggle "Palm swipe to capture" ke arah off. Dengan begitu, fitur tersebut akan dinonaktifkan.

3. Menu Asisten

Cara menscreenshot Samsung A03s terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengaktifkan menu asisten (assistant menu).

Cara mengaktifkannya dengan membuka menu "Settings" > klik "Accessibility" > klik "Interaction and dexterity" > geser toggle "Assistant menu" ke arah on.

Nantinya, menu asisten akan diwakilkan dengan ikon persegi kecil yang muncul di layar. Pengguna hanya perlu mengeklik ikon menui asisten itu untuk menemukan opsi "sreenshots".

Klik opsi "sreenshots" tersebut untuk mendokumentasikan layar ponsel pengguna. Itu dia tiga cara screenshot (SS) di HP Samsung.

Jadi, cara menscreenshot Samsung A03s mana yang paling sering kalian gunakan?

Tag : #samsung    #screenshot    #tips    #teknologi    #gadget    #samsung a03s    #tutorial screenshot   

Baca Juga