Ilustrasi

Cara Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Keamanan Data iPhone Anda

Wanovy | Teknologi | 18-09-2021

Tidak sulit untuk mencapai titik di mana iPhone Anda lebih aman dari peretas atau hacker. Bukan hanya dari peretas, tapi juga lebih aman dari risiko pencurian ataupun bug.

Seperti diketahui, sistem operasi terbaru iOS 14 yang diluncurkan beberapa waktu lalu menyertakan fitur keamanan iPhone yang mudah digunakan, sehingga dapat membantu mencegah akun Anda dibobol.

Salah satu alat yang sangat berguna adalah menu Rekomendasi Keamanan iOS 14, yang membantu mendeteksi kata sandi lemah atau disusupi sehingga Anda dapat mengubahnya dan menghindari peretas (hacker).

Berikut adalah cara sederhana yang disebut-sebut akan membuat iPhone Anda lebih aman daripada yang tidak melakukannya sama sekali.

Upgarde

Pastikan iOS Anda sudah diperbarui atau upgrade. Ini merupakan garis pertahanan utama Anda terhadap kerentanan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk terus memperbarui aplikasi Anda, tapi itu sekunder untuk menjaga iOS diperbarui.

Mengingat jumlah perbaikan bug dalam rilis iOS baru-baru ini, pengguna seharusnya berharap lebih cepat untuk menginstalnya. Tentu, mungkin ada bug seperti masalah baterai dan semacamnya yang menyusup ke rilis iOS, tapi sejauh yang diketahui, ini bukan masalah.

Kata sandi yang kuat

Jika Anda masih menggunakan angka 000000 atau 123456 atau sesuatu yang bodoh seperti itu sebagai password atau kata sandi, segera ubah. Lakukan sekarang.

Sementara serangan berbasis web memang terjadi, kemungkinan besar data akan bocor dari iPhone Anda adalah dengan seseorang mengambilnya dan membukanya.

iPhone mungkin juga menyarankan Anda mengubah kata sandi yang mudah ditebak yang digunakan oleh orang lain, dan akan memberi tahu Anda jika ada kredensial yang muncul dalam kebocoran data. Jika ternyata Anda mendapat banyak peringatan, mengubah kata sandi Anda mungkin sedikit memakan waktu.

Re-boot sistem iPhone setiap minggu

Sebagian besar kerentanan iPhone bergantung pada jailbreaking atau istilah modifikasi untuk pengguna sistem operasi iOS di produk Apple ini.

Kabar baiknya adalah jailbreak tidak dapat bertahan dari menyalakan ulang sistem atau reboot, sehingga menambahkan reboot mingguan ke jadwal Anda bukanlah hal yang buruk.

Tidak hanya melindungi Anda dari kejahatan agar tidak masuk ke iPhone Anda, tetapi juga akan mempercepat sedikit dengan mengosongkan RAM.

Tag : #teknologi    #tips    #keamanan    #iphone    #apple    #ios   

Baca Juga