Cara Tepat Memilih Tempat Magang (Dok. dailytv.my)

5 Cara Tepat Memilih Tempat Magang Bagi mahasiswa

Juni | Pendidikan | 08-08-2022

PARBOABOA – Magang adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa sebelum lulus. Dengan magang, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman serta gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Selain berfungsi untuk memperbanyak pengalaman, kegiatan magang juga berguna untuk meningkatkan kemahiran berkomunikasi dan berorganiasasi secara profesional.

Biasanya siswa akan memilih tempat magang yang sesuai dengan keingingan mereka sendiri dan dibimbing oleh guru ataupun dosen.

Untuk mendapatkan lokasi magang yang sesuai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Cek Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas tak hanya terkait dengan nama besar perusahaan saja, tapi juga manajemen perusahaannya, sistem kerja, serta lingkungan dan budaya kerjanya. Dengan memperhatikan keseluruhan aspek tersebut, siswa akan lebih nyaman dan bersemangat dalam menjalani program magang.

2. Sesuaikan Dengan Pekerjaan Impian

Program magang akan memberikanmu berbagai pengalaman berharga yang nantinya bisa diapliaksikan di dunia kerja. Bisa dikatakan, magang menjadi pintu gerbang untuk membuka dunia kerja yang d dambakan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa lokasi magang mu sesuai dengan passion dan pekerjaan yang diimpikan di masa depan.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai dunia jurnalistik dan yang berhubungan dengan komunikasi, kamu bisa menjatuhkan lamaran untuk magang di perusahaan media maupun perusahaan rintisan yang berhubungan dengan menulis.

3. Perhatikan Durasi Magang

Hal penting berikutnya yang harud diperhatikan yaitu durasi magang. Ada beberapa perusahaan yang menetapkan aturan jam kerja karyawan magang mengikuti jadwal yang lainnya, dan ada pula yang lebih fleksibel. Penting untuk kamu menyesuaikan jadwal magang dengan kegiatan di kampus.

Dengan demikian, urusan kuliah dan magang bisa berjalan secara beriringan dan seimbang. Sbagian perusahaan juga menetapkan lamanya waktu magang, ada yang hanya sebulan, dan ada pula yang 6 bulan kontrak. Untuk hasil yang optimal, idealnya mahasiswa magang dalam kurun waktu lebih dari sebulan.

4. Perhatikan Lokasi Perusahaan

Hal lain yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan lokasi perusahaan yang hendak dituju. Sebaiknya perusahaan tersebut tidak terlalu jauh dari kampus ataupun tempat tinggalmu. Pilihlah perusahaan dengan akses yang terjangkau dan tak terbatas moda transportasinya.

5. Pilih Perusahaan yang Membayar Karyawan Magang

Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan tempat magang yang memberikan gaji atau bayaran. Alasannya cukup sederhana, karena yang dibutuhkan mahasiswa hanya pengalaman saja. Saat melaksanakan kegiatan magang, gaji memang bukanlah tujuan utama. Akan tetapi, sebagai manusia biasa tentunya mengharapkan gaji di tempatnya bekerja.

Maka dari itu, carilah perusahaan yang yang memberikan gaji kepada mahasiswa magang meskipun tidak sebesar gaji karyawan tetap.

Itulah ulasan tentang cara memilih tempat magang bagi mahasiswa yang penting untuk diketahui. Manfaatkan momen magangmu sebaik mungkin sebagai batu loncatan untuk meraih pekerjaan impian yang sesunguhnya.

Tag : #magang    #mahasiswa    #pendidikan    #tips kerja    #pekerjaan    #perusahaan   

Baca Juga