parboaboa

Cara Tepat Merawat Kopling Mobil Agar Tetap Awet

Juni | Otomotif | 20-08-2022

Ilustrasi Kopling Mobil (Foto: lifepal.co.id)

PARBOABOA – Kopling yang terpasang pada mobil merupakan komponen vital khususnya pada mobil bertransmisi manual. Bagian ini berperan untuk memutus dan menyambung tenaga mesin ke roda melalui transmisi.

Jika kopling mengalami kerusakan, tentunya akan berdampak pada sistem pengendaraan mobil dan berpengaruh pada kenyamanan pengemudi. Karenanya, perlu dilakukan pengecekan rutin untuk memastikan mobil dalam kondisi prima.

Sebagai tindakan preventif, Anda bisa melakukan beberapa langkah-langkah konkrit mengenai perawatan kopling mobil. Apa sajakah itu? yuk, kita simak bersama penjelasan lengkapnya.

1. Pengecekan Secara Berkala

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala atau service rutin. Jika tidak bisa menangani sendiri, ada baiknya langsung membawa ke bengkel terpercaya. Mereka akan memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik.

Jika ditemukan tanda-tanda kopling mengalami kerusakan, kita dapat memahaminya lebih cepat. Dengan demikian, kerusakan yang lebih parah dapat dihindari.

2. Perpindahan Gigi

Dalam posisi normal dan mobil sedang berhenti, saat memulai perjalanan gunakan gigi satu agar mesin beradaptasi terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghindari mobil merasa terbebani secara tiba-tiba.

Selain itu, perhatikan medan jalan untuk menyesuaikan perpindahan gigi. Malukan perpindahan gigi secara tiba-tiba, cepat atau lambat akan membuat kopling mudah rusak.

3. Jangan Menggantungkan Kaki di Pedal Kopling Saat Jalan

Kebiasaan menginjakkan kaki di pedal kopling akan menambah gesekan di kampas yang akhirnya bisa membuat kampas aus. Gesekan berlebih akan membuat sebuah benda lebih cepat aus. Cara pengoperasian kopling mobil yang benar adalah dengan melepaskan kaki dari kopling saat mobil sudah berjalan.

4. Lepas Kopling Secara Perlahan

Lepas kopling setelah memindahkan transmisi dengan perlahan. Penting diketahui agar jangan melepas kopling dengan menghentak atau dilepas secara mendadak. Saat kamu merasakan hentakan, maka sebenarnya hal itu adalag gesekan keras yang terjadi di kopling.

Banyak pengendara yang tidak menyadari hal tersebut. Namun jika terjadi berulang kali, maka akan berpengaruh buruk pada kondisi kopling mobilmu.

5. Jangan Menahan mobil dengan Setengah Kopling

Tak jarang pengendara mobil memiliki kebiasaan menahan setengah kopling ketika melewati tanjakan yang tinggi. Langkah ini memang bisa menjadi solusi efektif untuk mempermudah pengemudi dalam menyesuaikan kopling dengan gas.

Akan tetapi, kebiasaan itu ternyata berdampak buruk pada kondisi kopling. Pasalnya, jika dilakukan secara terus menerus justru akan menyebabkan gesekan antara cluth cover dan kampas kopling sehingga membuat kopling aus.

Itulah lima cara merawat kopling mobil yang harus diketahui. Dengan memastikan kopling dalam kondisi baik, kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman tentunya.

Editor: -

Tag: #kopling    #mobil    #otomotif    #komponen mobil    #tips   

BACA JUGA

BERITA TERBARU