Brownies Matcha (Foto : Endeus.TV)

Resep Cemilan Kekinian, Bisa Untuk Dijual!

Mei | Selera Nusantara | 17-09-2022

PARBOABOA - Siapa sih yang tak suka ngemil? Pada dasarnya, cemilan merupakan sejenis makanan ringan yang paling sering distok banyak-banyak di rumah, benar kan?

Bagaimana tidak? Hampir semua akvitas akan terasa lebih lengakap jika dibarengi dengan cemilan, mulai dari diskusi kelompok, menonton movie, mengerjakan tugas sekolah, bermain game, dan beragam aktivitas santai yang lainnya.

Namun hal ini tentu membuat kamu menjadi lebih sering pergi keluar untuk membeli cemilan dan menambah pengeluaran, bukan?

Nah, dari pada sering keluar membeli cemilan yang belum tentu sehat dan membutuhkan uang yang tak sedikit, ada baiknya jika kamu membuat cemilan simple sendiri saja di rumah.

Jadi, sudah tahu belum resep cemilan kekinian yang sedang trend banget di sosial media? Selain rasanya yang enak, resep ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu ide usaha, lho.

Selain itu, resep cemilan kekinian ini juga gampang dibuat dan yang paling penting tak membutuhkan biaya yang banyak, penasaran apa saja? yuk simak penjelasan berikut ini.

Resep Cemilan Simple

1. Brownies matcha

Bahan:

- 4 butir telur

- 250 gula pasir

- 250 tepung terigu serbaguna

- 250 gram cokelat blok Greentea

- 75 gram mentega

- 75 gram butter

- 100 ml minyak goreng

- 1 sdt matcha essence

- 1/2 sdt garam

Topping:

- Kacang mete

- KitKat greentea

Cara membuat:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat cemilan sehat ini adalah dengan melelehkan butter, mentega, serta cokelat blok greentea terlebih dahulu.

Kemudian kocok telur bersama dengan gula pasir dengan menggunakan kecepatan yang rendah saja ya, atau boleh dengan whisk.

Kemudian, kamu sudah dapat memasukkan bahan lainnya secara bertahap ya, mulai dari tepung terigu, garam, minyak, dan adonan cokelat. Sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata. Lalu masukkan kacang sangrai dan kacang mete sesuai selera.

Berikutnya kamu sudah dapat menaburi adonan kacang diatasnya bersama dengan kacang mete dan kitkat greentea, lalu panggang hingga matang dengan suhu 180 derajat.

2. Brown sugar chocochips cookies

Bahan:

- 120 gr mentega tawar

- 120 gr brown sugar atau gula semut

- 1 butir telur

- 100 gr chocochips

Bahan kering:

- 250 gr tepung terigu protein rendah

- 2 sdt munjung tepung maizena

- 1 sdt baking powder

- 1/2 sdt garam

- Vanilli bubuk secukupnya

Cara membuat:

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk membuat cemilan kekinian yang satu ini adalah dengan mencampurkan terlebih dahulu mentega tawar bersama dengan gula, lalu aduk menggunakan mixer hingga teksturnya pucat dan creamy, lalu tambahkan telur dan kocok lagi.

Sembari kecepatan mixernya diturunkan, kamu dapat memasukkan bahan kering lainnya, seperti chocochips, aduk dengan spatula.

Setelah dirasa semua bahan sudah dicampur dengan rata, selanjutnya kamu tinggal menuangkannya saja kedalam Loyang yang sudah diolesi oleh margarine terlebih dahulu, lalu panggang selama 10-12 menit di oven dengan suhu 160-170C.

3. Susu goreng

Bahan:

- 300 ml susu cair

- 50 gr maizena

- 60 gr gula pasir

- 60ml air

Bahan pencelup:

- 80 gr tepung terigu

- 20 gr tepung maizena

- 1/2 sdt baking powder

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdm minyak goreng

- 110 ml air dingin

Cara membuat:

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuat cemilan enak ini adalah dengan mencampur terlebih dahulu air dengan menggunakan maizena hingga larut.

Setelah itu, kamu dapat memanaskan susu cair bersama dengan gulu, kemudian aduk hingga larut dan berikan tepung maizena kedalam adonan susu lalu masak sambil diaduk dengan menggunakan api yang kecil saja.

Setelah dirasa sudah matang, kamu tinggal memasukkannya saja kedalam Loyang yang sudah di oleskan mentega dan masukkan kedalam kulkas.

Berikutnya kamu tinggal membuat adonan celupan saja, yakni dengan mencampur bahan tepung terigu bersama dengan gula dan sedikit air, adung hingga tercampur rata.

Kemudian, kamu dapat mengambil adonan yang ada di kulkas tadi. Potong sesuai selera dan celupkan kedalam adonan tepung dan goreng hingga warnanya berbah menjadi emas kecoklatan.

Tag : #resep makanan    #kuliner    #selera nusantara    #cemilan kekinian    #resep cemilan    #resep brownies   

Baca Juga