Cerita Sangkuriang dalam Bahasa Inggris (Dok:Popmama.com)

Cerita Sangkuriang dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Ester | Pendidikan | 26-07-2022

PARBOABOA – Kita tentu sudah sering mendengar cerita rakyat Sangkuriang dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, di bawah ini Parboaboa akan memberikan cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris beserta artinya untuk menambah wawasan kamu.

Indonesia memiliki banyak sekali cerita rakyat. Setiap cerita rakyat tersebut memiliki makna dan pengajarannya masing-masing. Seperti salah satu cerita rakyat dari Jawa Barat yakni Sangkuriang.

Tentu sudah banyak masyarakat Indonesia yang familiar dengan cerita rakyat Sangkuriang ini. Cerita ini merupakan kisah legenda dari Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi salah satu tempat destinasi wisata di Jawa Barat.

Menurut legenda, Gunung Tangkuban Perahu adalah perahu raksasa yang diciptakan oleh Sangkuriang. Perahu tersebut diciptakan untuk menikahai Dayang Sumbi yang ternyata ibunya sendiri.

Namun, rencananya digagalkan oleh Dayang Sumbi. Karena kesal, ia pun menendang perahu raksasa tersebut hingga terbalik. Perahu itulah yang saat ini dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Pesan yang dapat dipetik dari cerita Sangkuriang cukup penting, yakni jangan pernah menikahi ibu sendiri. Tidak hanya itu, kita juga diajarkan untuk saling meredakan ego masing-masing dan memiliki hati nurani dalam melakukan tindakan apapun.

Nah, dari pesan moral Sangkuriang tentu akan sangat menarik jika kamu dapat membaca cerita rayat ini kembali. Namun, akan terdengar biasa jika kamu membacanya dalam bahasa Indonesia.

Untuk itu, kami sudah menyiapkan di bawah ini cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris dan artinya yang dapat menambah wawasan kamu. Tidak jarang, cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris sering dijadian sebagai soal Ujian Nasional 9 SMP.

Lalu, seperti cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris? Berikut kami berikan ulasannya.

Cerita Sangkuriang dalam Bahasa Inggris

Long time ago, there lived a beautiful woman named Dayang Sumbi. One day, she was quilting. Suddenly, her quilt fell off from her house. She prayed to Gods, "If a man picks up my quilt, he will be my husband. If a woman, she will be my sister".

Then, a male dog picks it up. For keeping her words, she married the dog and called him Tumang. She gave birth to a baby, named him Sangkuriang, but never told him who his father was.

One day, Sangkuriang was hunting with Tumang in the forest and he found nothing. He blamed Tumang for the failure and killed him. When Dayang Sumbi knew that, she hit Sangkuriang's head with a big spoon and asked him to go away.

Many years later, Sangkuriang found a house in the forest and a beautiful woman was inside. The woman, Dayang Sumbi, recognized him as Sangkuriang. He fell in love with her without knowing that she was his mother. He forced her to marry him. Dayang Sumbi could not accept it because they were mother and son.

She asked him an impossible requirement to marry her. He must build a big boat within a night and shall be finished by dawn. Sangkuriang agreed and built it with the help of spirits.

When he was almost finished, Dayang Sumbi asked women nearby to hit the grains as a fake sign that dawn is coming. The spirits run away and Sangkuriang failed to finish the boat. He was very angry and kicked away the boat upside down and it turned into a mountain called Tangkuban Perahu.

Terjemahan Cerita Sangkuriang

Dahulu kala, hiduplah seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Suatu hari, dia sedang merajut. Tiba-tiba, alatnya jatuh dari rumahnya. Dia berdoa kepada Tuhan, "Jika seorang pria mengambilnya, dia akan menjadi suami saya. Jika seorang wanita, dia akan menjadi saudara perempuan saya".

Kemudian, seekor anjing jantan mengambilnya. Untuk menepati kata-katanya, dia menikahi anjing itu dan memanggilnya Tumang. Dia melahirkan seorang bayi bernama Sangkuriang. Tetapi dia tidak pernah memberitahu Sangkuriang siapa ayahnya.

Suatu hari, Sangkuriang sedang berburu dengan Tumang di hutan dan dia tidak menemukan apa-apa. Dia menyalahkan Tumang atas kegagalan itu dan membunuhnya. Ketika Dayang Sumbi mengetahui hal itu, dia memukul kepala Sangkuriang dengan sendok besar dan mengusirnya.

Bertahun-tahun kemudian, Sangkuriang menemukan sebuah rumah di hutan dan ada seorang wanita cantik di dalamnya. Wanita itu, Dayang Sumbi, mengenali Sangkuriang. Sangkuriang jatuh cinta padanya tanpa mengetahui bahwa dia adalah ibunya. Dia memaksa Dayang Sumbi untuk menikah dengannya. Dayang Sumbi tidak bisa menerimanya karena mereka adalah ibu dan anak.

Dia meminta persyaratan yang mustahil kepada Sangkuriang jika ingin menikahinya. Dia harus membangun perahu besar dalam waktu satu malam dan harus selesai sebelum fajar. Sangkuriang setuju dan membangunnya dengan bantuan makhluk halus.

Ketika hampir selesai, Dayang Sumbi meminta wanita di sekitarnya untuk menumbuk biji-bijian sebagai tanda palsu bahwa fajar akan datang. Roh-roh itu melarikan diri dan Sangkuriang gagal menyelesaikan perahunya.  Dia sangat marah dan menendang perahu tersebut menjadi terbalik. Kemudian, perahu terbalik itupun berubah menjadi gunung yang disebut Tangkuban Perahu.

Nah, itulah cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat membaca!

Tag : #cerita rakyat    #legenda    #pendidikan    #sangkuriang    #tempat wisata    #jawa barat   

Baca Juga