parboaboa

10 Rupa Channa Marulioides, Ikan Gabus Hias Termahal yang Populer di Kalangan Pecinta Ikan

Wulan | Pendidikan | 07-02-2023

Ikan Channa Marulioides (Foto: jualbelicupang.com)

PARBOABOA - Channa Marulioides adalah salah satu ikan gabus hias atau ikan air tawar yang hingga kini banyak diburu pecinta ikan. Selain tampilannya yang elok dipandang mata, perawatan ikan ini juga terbilang mudah dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Diketahui ikan Chhan Marulioies memiliki berbagai varian warna. Namun, tiap varian terdapat beberapa spesies sesuai dengan nama lokasi di mana ikan gabus hias ini ditemukan.

Dalam kesempatan kali ini, Parboaboa akan berikan ulasan terkait 10 jenis ikan Channa Marulioides yang sering dipelihara. Simak sampai selesai ya.

1. Channa Red Barito

Ikan Channa yang satu ini berasal dari Sungai Barito di Kalimantan Tengah, di mana sungai ini bertemu dengan Sungai Nagara di Kalimantan Selatan.

Ikan gabus yang satu ini memiliki warna merah yang merona dan hitam, ditambah lagi dengan corak bunganya yang pekat membuat para pecinta ikan akan terkesima saat melihat keindahannya.

Sejak ikan ini masih kecil atau baru lahir, merah pada tubuhnya sudah sangat terlihat dan begitu menyala, sehingga ikan gabus hias yang satu ini paling populer di antara Channa Red lainnya.

2. Channa Red Sampit

Channa Red Sampit berasal dari Sungai Sampit di Kalimantan Tengah, nama Sungai tersebut diambil dari nama Kota yang letaknya tak jauh dari sungai itu sendiri. Ikan gabus yang satu ini memiliki warna merah sedikit orange bahkan terkadang warnanya bisa orange pekat.

Adapun hal yang membuat ikan Channa Red Sampit dengan Channa Yellow Sentarum adalah pada bar simetrisnya. Channa Red Sampit memiliki bar yang relatif tebal-tebal dan tak banyak seperti Channa Yellow Sentarum.

3. Channa Red Sentarum

Channa yang ketiga ini berasal dari Danau Sentarum Kalimantan Barat, Channa Red Sentarum hampir sama dengan yellow sentarum. Namun, para nelayan di Danau Sentarum membedakan mereka dengan adanya warna yang lebih kemerah-merahan pada ikan ini.

Saat masih kecil, Channa Red Sentarum atau ikan gabus hias ini belum diketahui warna aslinya. Namun ketika dewasa atau berukuran 15 sentimeter hingga 20 sentimeter barulah kelihatan warna asli mereka.

4. Channa Red Pangkalan Bun

Ikan gabus hias ini berasal dari Sungai Arut, Kabupaten Waringin Barat, Kalimantan Tengah. Ikan ini memiliki corak yang khas dengan warna yang mirip dengan Red Sampit.

Bedanya, warna Channa Red Pangkalan Bun lebih cerah sehingga tampak seperti menyala. Bunga pada Channa Red Pangalan Bun juga lebih banyak daripada Channa Red Sampit.

5. Channa Red Seruyan

Ikan gabus ini berasal dari Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah. Ikan ini termasuk kedalam jenis ikan gabus termahal karena sulit didapat sehingga jumlahnya tergolong sedikit.

Ikan ini memiliki warna merah yang merata dengan bar yang relatif sedikit. Begitu juga dengan sirip-siripnya yang berwarna hitam pekat, serta perpaduan merah dan hitam pada ikan ini membuatnya terlihat begitu indah.

6. Channa Yellow Sentarum

Channa ini berasal dari Danau Sentarum di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ikan gabus hias ini paling populer diantara para pecinta Channa Marulioides karena harganya yang terbilang murah.

Karena hal itu juga, banyak pemain Channa baru yang memulai budidaya ikan gabus dari jenis Chana Yellow Sentarum terlebih dahulu. Ikan ini juga memiliki banyak perbedaan pada bar simetrisnya, mulai dari bar 5-5 hingga 12-12.

7. Channa Yellow Riau

Channa yang ketujuh ini berasal dari Riau Sumatra. Ikan ini berbeda sekali dengan Channa Yellow Sentarum. Channa Yellow Riau memiliki warna hitam yang pekat, warna kuning yang agak kelemonan, siripnya yang lebih gelap, serta matanya yang berwarna merah menyala.

Karena jumlahnya yang sedikit, membuat ikan ini dibanderol di harga yang lebih mahal dari Channa Yellow Sentarum.

8. Channa Yellow Jambi

Dari namanya saja, pasti kamu sudah tahu dari mana asal ikan gabus hias termahal yang satu ini. Channa Yellow Jambi memiliki warna kuning sedikit kehijauan. Channa ini juga memiliki loreng tutul putih pada siripnya, sehingga membuat mata terpanah jika melihatnya.

Ada perbedaan corak bunga pada Channa Yellow Jambi dengan Channa Yellow lainnya. Channa yang satu ini memiliki corak putih yang rapih pada siripnya, inilah yang membuat Channa Yellow Jambi sangat khas daripada jenis ikan gabus lainnya.

Sayangnya, ikan channa yang satu ini sangat susah ditemukan bahkan tidak ada sama sekali.

9. Channa Yellow Trengganu

Channa ini berasal dari Trengganu, Malaysia. Trengganu sendiri terletak di Semenanjung Malaysia. Ikan ini memiliki bar simetris yang mirip seperti Channa Red Sampit. Sama seperti ikan sebelumnya, jenis ikan gabus hias ini juga sangat sudah ditemukan, lho.

10. Channa Yellow Surathani

Ikan yang terakhir ini berasal dari Thailand. Channa yang satu ini memiliki tubuh berwarna kuning sedikit kehijauan seperti Channa Yellow Jambi.

Channa ini memiliki warna yang eksotis yang jarang ada di Channa lainnya, dan pastinya berharga sangat mahal. Di ukuran 10-12 sentimeter ikan ini dianggap tidak menarik, namun setelah mencapai ukuran 20-30 sentimeter maka warnanya akan muncul dan akan terlihat begitu eksotis.

Itulah 10 jenis Channa Murulioides yang populer dan sering dipelihara. Jika kamu gemar memelihara ikan hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis di atas. Kira-kira jenis mana nih yang paling susah didapat?

Editor: Lamsari Gulo

Tag: #ikan hias    #channa marulioides    #pendidikan    #ikan gabus    #ikan termahal   

BACA JUGA

BERITA TERBARU