Chord Galang Rambu Anarki (Dok. Instagram/@iwanfals)

Chord Galang Rambu Anarki dan 7 Fakta Seputar Anak Sulung Iwan Fals

Olivia | Hiburan | 08-06-2022

Intro : A D A
E A
A            D   A  E   A
Galang rambu anarki anakku
      D         A  E           A
Lahir awal januari menjelang pemilu
A            D   A  E     A
Galang rambu anarki dengarlah
  D            A      E      A
Terompet tahun baru menyambutmu

E A...
A            D   A  E   A
Galang rambu anarki ingatlah
     D          A    E    D
Tangisan pertamamu ditandai bbm
E              A
Membumbung tinggi (melambung)

Reff
E
Maafkan kedua orangtuamu
  D       E          A
Kalau tak mampu beli susu
 D       A
Bbm naik tinggi
  E           A     
Susu tak terbeli 
      D            A
orang pintar tarik subsidi
        E           A
Mungkin bayi kurang gizi (anak kami)
A            D   A  E   A
Galang rambu anarki anakku
  A         C#m      D E
Cepatlah besar matahariku
  F#m           E              D7 E
Menangis yang keras, janganlah ragu
   A            C#m       D        E
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku
    F#m       E A
Doa kami di nadimu

Int. D E F#m E 
     D A G F#m F E A
     G F#m F E A
     E A E A

 

Bagi pemain gitar pemula dan ingin mencoba memainkan lagu Galang Rambu Anarki karya Iwan Fals, dapat menggunakan chord Galang Rambu Anarki di atas.

Lirik Galang Rambu Anarki diadopsi langsung dari nama putra sulung Iwan Fals, yang bercerita tentang keresahan hati orang tua menghadapi kenaikan harga-harga barang akibat imbas dari kenaikan harga BBM di awal tahun 1982. Saat itu bertepatan dengan hari kelahiran sang buah hati, Galang.

Pada waktu itu tahun baru (lahirnya Galang) bersama dengan keputusan pemerintah menaikkan harga BBM. Saya pun ‘wah abis ini harga yang lain naik, biasanya begitu,” ucap Iwan Fals dalam acara ‘Ngalor Ngidulnya’, Kamis (25/3/2021).

“Gimana nanti untuk susu, beli kebutuhan, sementara saya sebagai penyanyi baru belum pasti penghasilan saat itu. Walaupun sudah ada hit, ‘Oemar Bakrie’ dan yang lain. Cukup kerepotan saat itu, sehingga lahirlah lagu ini,” tambah pencipta lagu “Galang Rambu Anarki” itu.

7 Fakta Seputar Anak Sulung Iwan Fals, Galang Rambu Anarki

1. Tanggal lahir putra sulung Iwan Fals, Galang Rambu Anarki bertepatan dengan keluarnya keputusan pemerintah yang menaikkan harga BBM sehingga berdampak pada kebutuhan sehari-hari (1 Januari 1982).

2. Galang Rambu Anarki mengikuti jejak Iwan Fals jadi musisi. Akan tetapi genre musik yang dibawakannya berbeda dengan sang ayah.

Putra sulung pelantun lagu Sarjana Muda ini memulai karir dengan membentuk band musik bernama Bunga. Mereka juga telah merilis album perdananya di tahun 1997 dan sempat booming kala itu.

3. Salah satu lagu dari album perdana band Bunga yang bertajuk Kasih Jangan Pergi menjadi yang paling hits pada zamannya. Semua itu berkat nama besar sang pelopor, Galang Rambu Anarki.

Namun, popularitas band tersebut hanya seumur jagung, karena tidak mampu bertahan akan persaingan di pasar nasional.

4. Ketika masih duduk dibangku sekolah, pria kelahiran 1982 tersebut memutuskan tidak melanjutkan sekolahnya di SMP Pembangunan Jaya Bintaro, dengan alasan ingin fokus bermusik.

5. Kepada ayahnya, Galang sempat mengutarakan keinginannya untuk menikah muda. Kala itu diketahui dirinya tengah menjalin asmara dengan Ine Febriyanti, yang merupakan aktris sekaligus sutradara terkenal saat ini.

Belakangan nama putra sulung Iwan fals dan mantan kekasihnya, Ine Febriyanti kembali ramai diperbincangkan karena beredar video tentang kisah cinta dua sejoli tersebut. Hubungan keduanya kandas karena maut memisahkan.

6. Diketahui, Galang Rambu Anarki meninggal diusianya yang terbilang muda, yakni 15 tahun. Dia ditemukan sudah tak bernyawa dikamarnya. Banyak yang berpendapat perihal penyebab kematian anggota band Bunga tersebut.

Ada yang menyebutkan Galang Rambu Anarki meninggal karena overdosis. Karena saat itu putra Iwan Fals ini dikabarkan sempat menggunakan obat-obatan terlarang jenis narkoba.

Akan tetapi kabar tersebut dibantah pelantun lagu Aku Milikmu Malam Ini. Dia menyebutkan penyebab kematian sang buah hati karena mengidap penyakit asma akut.

7. Semenjak kepergian sang buah hati untuk selamanya, warna dan gaya bermusik Iwan Fals berubah. Dirinya tak segarang dan seliar dulu dalam menciptakan karya-karya terbaru. Kebanyakan lirik lagu yang diciptakannya memiliki makna lebih mendalam dan religius.

Dia juga terlihat mencukur habis rambut panjangnya serta kumis dan jenggotnya hingga gundul. Kini penampilan sang maestro tampak lebih bersahaja, dengan rambut yang disisir rapi.

Itulah chord Galang Rambu Anarki dan ke-7 fakta seputar putra Iwan Fals. Semoga bermanfaat dan temukan berita menarik lainnya di Parboaboa.

Tag : #chord galang rambu anarki    #iwan fals    #hiburan    #galang rambu anarki    #musisi    #penyanyi   

Baca Juga