Logo Baru Chrome

Setelah 8 Tahun, Chrome Akhirnya Ganti Logo

Wanovy | Teknologi | 07-02-2022

PARBOABOA - Chrome mengubah logonya untuk pertama kalinya sejak 2014. Elvin Hu, seorang desainer untuk Google Chrome, menawarkan pandangan pertama pada desain ulang logo di utas di Twitter.

“Beberapa dari Anda mungkin telah memperhatikan ikon baru di pembaruan Canary Chrome hari ini. Ya! Kami menyegarkan ikon merek Chrome untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Ikon baru akan segera muncul di perangkat Anda,” tulis Elvin Hu melalui akun Twitternya pada Jumat, dilansir dari The Verge, (6/2/2022).

Pada logo sebelumnya, bayangan dari setiap warna melebar ke warna lainnya. Namun pada logo kali ini, Hu ingin menghilangkan itu karena menurutnya menciptakan warna yang tidak menyenangkan. Logo baru juga disebut lebih modern karena menggunakan gradien warna baru.

“Kami menyederhanakan ikon merek utama dengan menghilangkan bayangan, menyempurnakan proporsi dan mencerahkan warna, untuk menyelaraskan dengan ekspresi merek Google yang lebih modern,” kata Hu.

Alih-alih menggabungkan bayangan pada batas antara setiap warna, pada dasarnya “menaikkan” mereka dari layar, merah, kuning, dan hijau hanya datar. Dan meskipun tidak disebutkan oleh Hu, lingkaran biru di tengah tampaknya lebih besar.

Jika hanya melihat sekilas, perubahan pada logo ini tidak akan terlalu jelas. Pengguna mungkin perlu melihat lebih teliti dan membandingkannya dengan logo lama untuk benar-benar dapat melihat apa yang berbeda.

Hu menyebut logo baru Chrome menghilangkan elemen bayangan pada warna merah, kuning, dan hijaunya. Kemudian meski tak dijelaskan Hu, lingkaran biru di tengah tampaknya berukuran lebih besar dengan warna yang lebih biru.

Warna pada logo terlihat lebih hidup yang kemungkinan besar karena tim desain Google menghilangkan bayangan. Namun ada perubahan lain yang mungkin luput dari perhatian jika tidak membaca utas Twitter Hu.

Rupanya, tim desain Google “menempatkan nuansa hijau dan merah tertentu di samping satu sama lain menciptakan getaran warna yang tidak menyenangkan”.

Di ChromeOS, logo akan terlihat lebih berwarna untuk melengkapi ikon sistem lainnya, sedangkan di macOS, logo akan memiliki batangan kecil, membuatnya tampak seperti “muncul” dari dok.

Sedangkan versi Windows 10 dan 11 memiliki gradien yang lebih dramatis sehingga cocok dengan gaya ikon Windows lainnya.

Hu mengatakan “Anda akan mulai melihat ikon baru sekarang jika Anda menggunakan Chrome Canary (versi pengembang Chrome), tetapi itu akan mulai diluncurkan untuk semua orang selama beberapa bulan ke depan.”

Disamping itu, ada juga beberapa ikon baru untuk logo Chrome versi beta dan pengembang, dengan perubahan paling dramatis adalah ikon gaya cetak biru untuk aplikasi beta di iOS.

Hu mencatat bahwa tim desain bereksperimen dengan garis putih yang berfungsi sebagai batas antara setiap warna, tetapi menemukan bahwa ini membuat keseluruhan ikon lebih kecil, berpotensi membuatnya lebih sulit untuk dikenali di antara aplikasi Google lainnya.

Tapi ini membuat keseluruhan ikon lebih kecil, berpotensi membuatnya lebih sulit untuk dikenali di antara aplikasi Google lainnya.

Untuk memperbaikinya dan membuat ikon lebih mudah diakses, mereka memutuskan menggunakan gradien yang sangat halus. Hal ini untuk mencegah getaran warna apa pun.

Tag : #chrome    #logo    #ikon   

Baca Juga