Gambar Hewan Vertebrata (foto : utakatikotak.com)

Ciri Ciri Hewan Vertebrata : Pengertian, Jenis, Contoh dan Perbedaannya Dengan Hewan Avertebrata

Halima | Pendidikan | 01-09-2022

PARBOABOA - Apa itu hewan vertebrata ? Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam sistem klasifikasi, vertebrata merupakan subfilum dari filum Chordata. Filum Chordata terdiri dari tiga subfilum, yaitu Urochordata, Cephalochordata, dan vertebrata.

Hewan vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki tulang belakang. Tulang belakang berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer atau notokorda (korda dorsalis). Notokorda vertebrata hanya ada pada masa embrionik, setelah dewasa akan mengalami penulangan menjadi sistem penyokong tubuh sekunder, yaitu tulang belakang (vertebrae).

Ciri Ciri Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata berbeda dengan hewan invertebrata. Berikut ciri-ciri unik yang bisa ditemukan pada setiap hewan vertebrata:
1. Tubuh memiliki tulang belakang sejati, dengan kerangka internal (endoskeleton) dan otot yang melekat pada tulang.

2. Sistem peredaran darah tertutup, dan alat pernapasan paru-paru atau insang untuk penukaran gas (oksigen dan karbon dioksida).

3. Jantung ventral dengan 2 –  4 ruang

4. Sistem pencernaan yang dilengkapi dengan hati, kelenjar pencernaan, dan pankreas. 

5. Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor. 

6. Sistem saraf dari sistem saraf pusat otak yang memproses informasi melalui organ sensorik.

7. Memiliki selaput kulit.

8. Alat gerak aktif berupa kaki, sayap, atau sirip.

9. Sistem ekskresi berupa ginjal.

Jenis Hewan Vertebrata

Menurut pengelompokan Biologi kelompok hewan vertebrata adalah  hewan yang dibagi menjadi lima jenis yaitu : 

1. Pisces

Kelas pisces atau ikan adalah hewan yang seluruh anggotanya hidup di air, baik air tawar maupun air laut. 
Contoh hewan vertebrata adalah ikan hiu, ikan pari, ikan lele, ikan tuna, ikan gurami, dan sebagainya.

2. Amphibia

Amphibia berasal dari bahasa Yunani, yaitu amphi yang berarti kedua dan bios yang berarti hidup. Amphibia merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam, yakni darat dan air tawar, tetapi tidak hidup di air laut.
Contoh hewan vertebrata adalah katak dan salamander.

3. Reptilia

Istilah reptilia berasal dari bahasa Latin, yaitu repto yang memiliki arti melata. Dengan begitu, reptilia adalah hewan vertebrata yang bergerak dengan cara melata dan cenderung beradaptasi dengan kehidupan darat dan perairan.
Contoh hewan vertebrata adalah kadal, tokek, buaya, kura-kura, ular, dan cecak.

4. Aves

Kelas aves merupakan anggota vertebrata dengan ciri khas tubuh tertutup bulu yang berasal dari epidermis. Selain itu, hewan kelas aves umumnya memiliki alat gerak berupa sayap untuk terbang.
Contoh hewan vertebrata adalah burung Elang, burung Kakaktua, burung Kolibri, dan sebagainya.

5. Mamalia

Istilah mamalia berasal dari bahasa Latin mamae yang berarti susu. Pengertian mamalia adalah hewan yang memiliki kelenjar susu pada hewan betinanya.
Contoh hewan vertebrata adalah kucing, sapi, kambing, beruang, monyet, harimau, anjing, kanguru, gajah, badak, dan lainnya.

Perbedaan Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Hewan vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki ruas-ruas tulang belakang yang tersusun dari vertebra. Hewan vertebrata termasuk ke dalam hewan tingkat tinggi sehingga mudah dikenali bentuk tubuhnya. Sedangkan hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki susunan tulang belakang. 

Hewan avertebrata memiliki anatomi tubuh yang jauh lebih sederhana daripada vertebrata. Hewan avertebrata ini termasuk ke dalam hewan berdarah dingin yang berarti suhu tubuhnya bergantung pada suhu atmosfer.
Perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata adalah jumlah spesiesnya. Vertebrata memiliki jumlah spesies dan keanekaragaman yang sangat tinggi dibanding dengan vertebrata. Para ilmuan memperkirakan sekitar 97 persen hewan yang ada di bumi adalah avertebrata atau invertebrata. Sedangkan tiga persen sisanya adalah hewan vertebrata.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hewan avertebrata beserta dengan klasifikasi dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Tag : #hewan vertebrata    #ciri ciri hewan vertebrata    #pendidikan    #jenis hewan vertebrata    #vertebrata   

Baca Juga