Planet Bumi (Dok. Gramedia.com)

Ciri Planet Bumi, Satu-Satunya Bintang Siaran Yang Dihuni Oleh Makhluk Hidup

Mei | Pendidikan | 09-06-2022

PARBOABOA - Tahukah kamu? Planet Bumi merupakan salah satu bintang siaran yang menempati ruang tata surya dan menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh mahkluk hidup.

Letak planet Bumi berada diurutan ketiga yang jaraknya paling dekat dengan matahari, yakni tepat setelah planet Merkurius, dan Venus, itu berarti planet yang paling dekat dengan bumi adalah Venus.

Letak planet Bumi berada diantara Venus dan juga Mars. Bintang siaran ini juga menempati peringkat ke lima kategori ukuran planet terbesar dari 8 bintang siaran yang ada di tata surya.

Kalian juga harus tahu, ternyata bumi menjadi satu-satunya planet yang mengandung air pada permukaannya, hingga tak jarang bumi disebut sebagai planet berair karena mengandung 70% air, yang menjadi salah satu sumber kehidupan di bintang siaran yang satu ini.

Nah, sebenarnya apa saja sih ciri dan karakteristik planet Bumi? Untuk menjawab rasa penasaran kalian, mari simak penjelasan berikut ini.

Rotasi dan Revolusi Bumi

Sama seperti planet lainnya yang mengalami rotasi dan juga revolusi, Bumi juga melakukan hal yang demikian.

Salah satu ciri-ciri planet Bumi adalah akan melakukan rotasi atau perputaran Bumi pada porosnya selama kurang dari 24 jam, yakni membutuhkan waktu sekitar 23,9 jam.

Selain melakukan rotasi, ciri ciri planet Bumi yang berikutnya adalah melakukan revolusi. Pada dasarnya, revolusi merupakan suatu proses Bumi yang melakukan aktivitasnya untuk mengelilingi matahari.

Waktu yang diperlukan planet Bumi untuk melakukan sekali revolusi adalah 365,25 hari. Tambahan 0,25 itu berarti setiap empat tahun kita perlu menambahkan satu hari ke kalender kita, yaitu tahun kabisat.

Struktur dan Permukaan Bumi

Karateristik planet Bumi yang berikutnya adalah sebagian besar permukaannya di selimuti oleh air. Mengapa tidak? Sekitar 70% permukaan bintang siaran yang satu ini adalah air.

Selain itu, ternyata planet Bumi juga dikenal sebagai planet terrestrial, yang memiliki artian bahwa permukaan bumi terbentuk dari material bebatuan, seperti yang terdapat pada Merkurius, Venus, dan Mars.

Ciri ciri planet Bumi yang berikutnya adalah cenderung terdiri dari 4 lapisan utama, yang terdiri dari inti dalam Bumi, inti luar Bumi, mantel, dan kerak bumi. Selain itu, diameter Bumi dapat mencapai angka diameter 12.742 kilometer.

Ciri-ciri planet Bumi yang berikutnya adalah memiliki atmopsfer dengan ketebalan yang pas untuk melindungi bumi dari berapa bahaya yang berasal dari ruang angkasa dan tetap menjaga kehangatan yang tepat untuk kehidupan makhluk hidup.

Karakteristik planet Bumi yang berikutnya adalah merupakan satu-satunya Planet yang ada di ruang angkasa dengan kadungan oksigen yang melimpah, sehingga dapat menunjang kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Suhu Bumi

Ciri-ciri planet Bumi yang berikutnya adalah cenderung memiliki suhu yang normal untuk mendukung kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

Namun, pada umumnya suhu di Bumi akan mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Berdasarkan data di tahun 2020, suhu permukaan Bumi meningkat hingga 1,02° celcius. Tahun 2020, rata-rata suhu permukaan Bumi adalah 15,5° - 21° celcius.

Terbentuknya Bumi

Proses terbentuknya bumi dimulai ketika adanya sebuah gaya gravitasi yang menyebabkan gas dan debu berputar secara terus menerus di satu titik.

Perputaran ini secara perlahan membentuk sebuah planet, yang kini kita kenal dengan sebuah planet Bumi. Nah, peristiwa pembentukan ini diyakini terjadi kurang lebih pada 4,5 miliar tahun yang lalu.

Tidak jauh dengan ciri planet yang lainnya, bintang siaran yang satu ini juga memiliki sebuah inti pusat, mantel berbatu, dan kerak padat.

Karakteristik planet Bumi yang berikutnya adalah menjadi satu-satunya bintang siaran yang memiliki bulannya sendiri dan sama sekali tidak memiliki cincin.

Tag : #planet    #bintang siaran    #pendidikan    #tata surya    #bumi    #planet bumi   

Baca Juga