Planet Venus (Dok. Kompas.com)

Ciri-ciri Planet Venus, Bintang Siaran Dengan Suhu Paling Panas Di Tata Surya

Mei | Pendidikan | 10-06-2022

PARBOABOA - Planet Venus adalah salah satu bintang siaran yang ada pada ruang tata surya. Letak planet ini berada diantara planet Merkurius dan juga Bumi.

Selain ini planet Venus juga menjadi planet nomor dua yang letaknya paling dekat dengan matahari, setelah planet Merkurius.

Secara fisik, banyak para ilmuan yang menganggap jika bintang siaran yang satu ini merupakan kembaran dari Bumi, karena ciri ciri planet Venus sama dengan planet yang dihuni makhluk hidup tersebut.

Planet Venus memeliki kesamaan Bumi dalam segi memiliki ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan juga dari segi gravitasi. 

Hanya saja, hal yang membedakannya adalah ukuran planet Venus sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan planet Bumi.

Diperkirakan bahwa massa plaent Venus adalah berkisar 80% dari Bumi.  Untuk bagian dalam, bintang siaran yang satu ini terbuat dari sebuah inti besi metalik yang dapat mencapai lebar kurang lebih mencapai 6.000 km. 

Sedangkan untuk bagian mantel, ketebalannya dapat mencapai ketebalan hingga mencapai angka sekitar 3.000 km.

Kemudian, untuk bagian keraknya, para ilmuan menafsir ketebalannya dapat mencapai angka 10 hingga 20 km.

Nah, itu dia sekilas mengenai ukuran dari planet Venus, lantas bagaimana dengan ciri-ciri planet Venus? Untuk menjawab pertanyaan yang ada di benak kalian, yuk simak penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri Planet Venus

1. Venus adalah planet terpanas di tata surya

Ciri ciri planet Venus yang pertama adalah dikenal sebagai planet dengan suhu yang paling panas jika dibandingkan dengan bintang siaran lainnya yang ada di tata surya.

Kita memang tahu bahwa, planet Venus memanglah bukan menjadi planet yang letanya paling dekat dengan matahari, akan tetapi julukan planet Venus adalah planet terpanas di tata surya.

Hal ini disebabkan karena karakteristik planet Venus yang memiliki atmosfer yang sangat tepal, hal ini malah membuat panas yang di dapat dari pancaran sinar matahari akan membuatnya sangat sulit keluar dan secara terus menerus menumpuk di dalam.

Proses pemerangkapan suhu di dalam planet Venus membuatnya suhu bintang siaran yang satu ini dapat mencapai angka 471 derajat Celcius, dimana suhu ini sudah lebih dari cukup untuk menghancurkan sebuah timah.

2. Atmosfer planet Venus sangat panas

Karakteristik planet Venus yang berikutnya adalah memiliki suhu atmosfer yang luar biasa panas nya, dimana sebagian besar terdiri dari kandungan karbon dioksida  dan juga awan asam sulfat dengan kandungan air yang hanya sedikit saja.

Ciri-ciri planet Venus yang lainnya adalah memiliki atmosfer yang cenderung lebih berat jika dibandingkan dengan yang ada pada bintang siaran yang lainnya.

Hal ini menyebabkan tekanan yang ada pada permukaannya meningkat menjadi lebih dari 90 kali jika dibandingkan dengan tekanan yang ada di Bumi.

Sebagai gambaran, tekanan di Venus mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 1.000 meter di lautan. 

3. Planet Venus memilik fitur permukaan yang unik

Ciri ciri planet Venus yang berikutnya adalah dikenal dengan fitur permukaannya yang cukup unik. Bayangkan saja, pada permukaan planet ini terdapat sebuah mahkota yang memiliki sebuah cincin yang lebarnya dapat mencapai ukuran 155 hingga 2.100 km, yang sering disebut dengan korona.

Banyak ilmuan yang meyakini bahwa korona itu terbentuk akibat dari naiknya suhu di bawah bagian kerat planet yang membuat permukaan planet mengalami pembengkokan.

Karakteristik planet Venus yang lainnya adalah memiliki sebuah tesserae atau daerah yang cukup tinggi yang terdiri dari cukup banyak pegunungan dan juga lembah.

4. Orbit planet Venus

Ciri-ciri planet Venus yang berikutnya adalah membutuhkan waktu selama 243 hari untuk melakukan rotasi atau proses perputaran planet pada porosnya.

Selain itu, karakteristik planet Venus yang berikutnya adalah dikenal sebagai planet yang paing lambat untuk melakukan satu kali rotasi.

Lambatnya proses rotasi pada planet ini membuat bintang siaran yang satu ini tidak memiliki magnet seperti yang terdapat pada planet bumi.

5. Venus berotasi ke arah yang berlawanan

Ciri ciri planet Venus yang berikutnya yaitu pada umumnya planet yang satu ini melakukakan sebuah rotasi atau perputaran planet pada porosnya secara berlawaan, tidak seperti yang ada pada kebanyakan planet yang lainnya.

Tag : #planet    #bintang siaran    #pendidikan    #tata surya    #venus    #planet venus   

Baca Juga