Contoh kata kata perkenalan diri yang bagus (Dok: Parboaboa.com/EsterM)

Contoh Kata-kata Perkenalan Diri Yang Bagus

Ester | Pendidikan | 11-04-2022

PARBOABOA – Berikut ini Parboaboa telah merangkum dari beberapa sumber mengenai contoh kata-kata perkenalan diri yang bagus. Kata-kata perkenalan diri yang kami berikan di bawah ini dapat menjadi referensi kamu untuk melakukan perkenalan diri di depan umum, lamaran kerja, kuliah, dan masih banyak lagi.

Menggunakan kalimat perkenalan diri yang baik sangat penting dalam diri kita sendiri. Hal itu dikarenakan, orang-orang dapat menilai karakter atau sifat seseorang lewat kalimat perkenalan diri yang disampaikan oleh orang tersebut.

Di dalam dunia kerja, cara memperkenalkan diri di depan umum sangat dinilai. Jika seseorang kurang baik dalam menyampaikan perkenalan diri seperti kalimat yang tidak jelas, terlalu gugup, atau melebih-lebihkan sesuatu, maka bisa dipastikan orang tersebut akan gagal saat interview kerja.

Tidak hanya dalam dunia kerja saja, kata-kata perkenalan diri yang bagus sangat dibutuhkan dimana-mana saat ini seperti, disekolah, universitas, depan umum, bahkan bersama dengan teman baru sekali pun.

Dengan memperkenalkan diri menggunakan kalimat yang bagus, maka first impression orang kepada kita akan baik dan dinilai lebih sopan. Jadi,pastikan penggunakan kata-kata perkenalan diri yang kalian buat cukup bagus dan dapat diterima oleh banyak orang.

Jika kalian bingung ini membuat kalimat pengenalan diri seperti apa, Parboaboa akan menjawab hal itu. Di bawah ini kami telah memberikan beberapa contoh kata-kata perkenalan diri yang bagus dan dapat kalian gunakan.

Contoh kata kata perkenalan diri yang bagus dibawah ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian, baik di pekerjaan, depan umum, group wa, bahkan di jenjang pendidikan sekalipun.

Penasaran dengan kata-kata perkenalan diri yang bagus bagaimana? Simak ulasan dibawah ini.

1. Memberikan Penjelasan

Contoh kata kata perkenalan diri yang bagus untuk kalian lakukan adalah dengan memberikan penjelasan singkat terhadapat diri kalian. Contohnya adalah:

“Saya adalah guru”

Cara yang di atas kurang baik dan terlalu simpel. Orang-orang pastinya masih akan bertanya mengenai diri kamu, dan bagaimana selengkapnya tentang diri kamu.

Kamu dapat menuliskannya dengan kalimat dibawah ini agar lebih baik

“Saat ini saya bekerja sebagai seorang guru di sebuah sekolah favorit di Pematangsiantar yaitu SMA Negeri 4. Di sana, saya telah mengajar puluhan murid selama 10 tahun dan memberikan banyak ilmu-ilmu yang berguna untuk kedepannya kelak.

Saya dapat memastikan bahwa ilmu yang saya berikan dapat diterima dengan baik oleh setiap murid yang saya ajarkan. Hal itu dapat dilihat dari keaktifan banyaknya murid yang saja ajari di dalam kelas, mengikuti berbagai kegiatan olimpiade, dan banyaknya siswa yang lulus ke dalam PTN favorit.”

2. Memberikan gambaran besar

Jika contoh yang diatas menurut kamu terlalu panjang dan kurang cocok digunakan untuk beberapa situasi tertentu, kamu dapat menggantinya dengan memberikan gambaran besar tentang diri kamu.

Misalnya:

“Saya penulis”

Kalimat di atas terlalu simpel dan kurang mendeskripsikan diri kamu sendiri. Cobalah untuk menggantinya menjadi:

“Saat ini saya berprofesi sebagai penulis berita online di salah satu media online terbesar saat ini yaitu Parboaboa. Berita yang saya tulis adalah berita yang aktual, terpercaya, dan banyak dicari orang untuk menambah wawasan.”

3. Memberikan penjelasan berupa teks

Contoh kata-kata perkenalan diri yang satu ini cocok untuk kalian gunakan pada saat berkenalan di group WA karena perkenalan yang berbentuk teks panjang.

Kalimat perkenalan dalam bentuk teks yang panjang harus diisi dengan deskripsi diri lengkap namun tidak terlalu privasi, dan beberapa informasi tambahan yang bisa melengkapi data pribadi kamu.

Contoh yang dapat kami berikan adalah:

“Selamat pagi semua,

Perkenalkan nama saya Sarah Simanjuntak. Saya berasal dari Pematangsiantar dan saat ini saya sudah berusia 19 tahun.

Pendidikan terakhir yang saya jalani adalah lulus dengan nilai memuaskan di salah satu SMA Swasta di Siantar yaitu SMA Asisi.

Saat ini saya berprofesi sebagai penulis berita online di salah satu media online terbesar saat ini yaitu Parboaboa.

Sebagai penulis, saya ditugaskan untuk selalu mencari berita-berita hangat dan aktual yang bisa menjadi sumber bacaan setiap orang dalam mencari informasi terhangat saat ini.

Setiap pembaca tidak perlu khawatir tentang berita yang saya buat karena berita yang saya publikasikan tidak mengandung unsur SARA apalagi Hoax.

Meskipun sebagai seorang penulis memiliki tantangan yang besar, namun saya tetap menyukai pekerjaan saya karena dapat menjadi sumber informasi terpercaya dalam penyaluran berita untuk dikonsumsi banyak orang.

Sekianlah perkenalan diri saya dan terima kasih.”

Demikianlah contoh kata kata perkenalan diri yang bagus untuk menjadi referensi kamu dalam memperkenalkan diri nantinya. Semoga referensi yang kami berikan bermanfaat, dan selamat mencoba.

Tag : #perkenalan diri    #kata perkenalan diri    #pendidikan    #cara berkenalan    #kalimat perkenalan diri   

Baca Juga