parboaboa

Contoh Perilaku Sabar dalam Kehidupan Sehari – hari

Ratni Dewi Sawitri | Pendidikan | 31-01-2023

Contoh Sabar (Foto :Parboaboa/Ratni)

PARBOABOA – Sikap sabar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Dengan bersabar, kita dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah, menerima kenyataan dengan ikhlas dan lapang dada, serta lebih tenang ketika menghadapi banyak ujian.

Sabar adalah suatu sifat yang menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Sabar dapat dilakukan diberbagai tempat seperti, sekolah, rumah, lingkungan masyarakat, dan dimana pun kita berada. Membiasakan bersikap sabar adalah hal yang mudah, kata sabar gampang diucapkan tapi sulit dilakukan. Oleh karena itu, kita perlu melatih sabar dalam berbagai aspek kehidupan sedikit demi sedikit.

Contoh Sikap Sabar dalam Kehidupan Sehari – hari

Sabar Ketika Menghadapi Ujian

Dalam hidup, manusia tak akan lepas dari ujian yang selalu muncul kapan saja. Ujian tersebut dapat berupa ujian berat maupun ringan. Terkadang kita tidak sabar ketika menerima ujian, sehingga selalu merasa terbebani, stres, dan kehilangan harapan.

Padahal dengan bersabar, pikiran kita akan jadi lebih tenang dan lebih fokus dalam menghadapi ujian tersebut. Sikap sabar ini juga membuat pikiran lebih jernih dalam menerima kenyataan yang ada.

Sabar Ketika Dicaci Maki Orang Lain

Beberapa orang mungkin tidak suka dengan kita, sehingga mereka mencaci maki atau menghina dengan kata-kata yang menyakitkan hati. Hal ini juga perlu kita sikapi dengan sabar, cacian orang lain tidak sepatutnya kita masukkan dalam hati dan tak perlu ditanggapi berlebihan.

Sabar Ketika Tertimpa Musibah

Musibah adalah kejadian atau peristiwa buruk yang menimpa, musibah dapat datang kapan saja dan kepada siapa saja. Rasanya sulit bersikap sabar ketika dicoba dengan musibah yang datang dalam kehidupan kita, namun kita patut berusaha sabar dan menerima musibah yang ada.

Sabar dalam Pekerjaan

Sabar dalam pekerjaan juga penting, mengingat kita sering mengalami hal-hal yang menguras kesabaran. Misalnya pekerjaan yang jenuh, rumit, membuat stres, atau bahkan ketika menghadapi orang lain yang mencela dan memaki pekerjaan kita. Dengan bersabar, maka kita akan lebih ikhlas dalam bekerja dan tidak terlalu takut dengan kegagalan.

Sabar Ketika Mengalami Kerugian

Kerugian mungkin dialami siapa saja, misalnya kerugian material berupa uang atau harga benda ketika berdagang. Menyikapi hal ini, kita sepatutnya bersabar dengan ujian yang sulit ini. Kerugian yang pernah dialami dapat dijadikan pelajaran berharga supaya kita dapat berubah dan menjadi lebih baik lagi.

Sabar saat Difitnah Orang Lain

Terkadang, seseorang mendapat fitnah berupa tuduhan maupun argumen yang tidak benar tentang dirinya. Fitnah mungkin bertujuan untuk merendahkan, menjelekkan, atau menghancurkan harga diri seseorang. Fitnah memang sulit untuk dihadapi, tapi kita harus tetap berusaha sabar karena kebenaran akan terungkap suatu saat.

Sabar saat Memperoleh Kesedihan

Contoh sikap sabar berikutnya adalah menerima kesedihan dan menghadapinya dengan ikhlas. Kesedihan dapat terjadi kapan saja, bahkan setelah kita mengalami kebahagiaan. Kesedihan memang membuat kita tertekan, tak berdaya, dan pasrah. Namun dengan bersabar, kita akan lebih mudah bangkit untuk meraih kebahagiaan.

Sabar dalam Menahan Diri dari Sifat Malas

Kemalasan adalah hal yang merusak masa depan dan tujuan seseorang. SIfat malas harus dilawan dengan kita berusaha berkerja keras dan konsisten. Karena itu, dibutuhkanlah perilaku sabar dalam menahan diri dari sifat malas. Memang sulit, tapi hal ini dapat kita latih sedikit demi-sedikit.

Sabar Ketika Dimarahi Orang Lain

Selanjutnya ada sikap sabar ketika dimarahi oleh orang lain, baik itu orang tua, guru, atasan, dan sebagainya. Dengan bersabar, kita akan bisa introspeksi diri tentang kesalahan dan kekurangan yang ada dalam diri sendiri. Terlebih lagi, marah dari orang lain mungkin karena kita berbuat salah.

Sabar dalam Beribadah

Sabar dalam beribadah juga penting supaya kita dapat beribadah dengan konsisten dan ikhlas. Sabar dalam ibadah termasuk sikap sabar yang sangat sulit untuk kita lakukan. Karena itu, kita harus melatih bersabar dalam beribadah sedikit demi-sedikit.

Editor: -

Tag: #pendidikan islam    #sabar    #pendidikan    #contoh sabar    #ibadah    #syariat Islam   

BACA JUGA

BERITA TERBARU