Contoh Portofolio Lamaran Pekerjaan (Dok:qoura.co.id)

Portofolio Lamaran Pekerjaan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Ester | Pendidikan | 24-05-2022

PARBOABOA – Jika kamu sedang kesulitan menemukan pekerjaan, mungkin portofolio kerja yang kamu lampirkan kurang maksimal. Setelah membahas tentang contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, di bawah ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai pengertian, cara membuat, hingga ke contoh portofolio pekerjaan.

Menemukan sebuah pekerjaan di era modern saat ini adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Selain persaingan yang semakin ketat, syarat yang diberikan dari sebuah instansi kepada setiap pelamar juga semakin sulit.

Mungkin banyak dari kalian yang sering mendengar bahwa syarat utama untuk melamar pekerjaan adalah dengan melampirkan sebuah CV. Namun tahukah kamu ternyata selain CV, portofolio pekerjaan sangat diperlukan di dalam sebuah pekerjaan.

Di dalam portofolio biasanya kamu akan diminta untuk mengisi skill atau keunggulan yang ada di dalam diri kamu. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai portofolio pekerjaan, simak ulasan kami di bawah ini.

Pengertian Portofolio Lamaran Kerja

Portofolio lamaran kerja adalah sebuah dokumen yang biasanya menjadi sebuah syarat dalam perusahaan untuk melamar kerja. Isi portofolio lamaran kerja umumnya rincian dari seseorang untuk meningkatkan kualitas diri dalam mencari pekerjaan.

Atau dalam kata lain, di dalam portofolio lamaran kerja ini berisi pencapaian dan karya-karya yang sudah kamu raih selama ini untuk memberikan value yang tinggi terhadap diri kamu sendiri.

Selain menjadi syarat dalam melamar kerja, fungsi portofolio lamaran kerja adalah menjadi salah satu modal dalam personal branding, mempersentasikan karya, kreatifitas, skill, pencapaian, prestasi dan lainnya.

Bentuk portofolio ini sendiri tersedia dalam online maupun offline. Melihat situasi saat ini, banyak orang yang lebih memilih portofolio online karena lebih mudah diakses dan diedit lewat fitur-fitur canggih yang ada di internet.

Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja Online

Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya kami akan memberikan cara membuat portofolio lamaran kerja yang baik dan benar. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghasilkan portofolio lamaran kerja yang maksimal dan mudah diterima banyak perusahaan.

1. Perhatikan dan Kumpulkan informasinya mengenai pekerjaan yang akan kamu lamar

Sebelum membuat portofolio lamaran kerja, tentu kamu membutuhkan semua informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Dengan begitu, kamu akan memiliki modal dalam menentukan isi dari portofolio kamu.

2. Mulai Mengumpulkan Semua Karya

Setelah mengetahui semua informasi mengenai pekerjaan yang kamu lamar, kamu dapat memulai dengan mengumpulkan dan menyiapkan seluruh karya-karyamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kamu juga dapat menambahkan projek, skill, dan pencapaian yang kamu raih selama ini.

3. Membuat Daftar Isi

Selanjutnya, kamu dapat mulai menuliskan daftar isi dari portofolio yang akan kamu lampirkan ini. Daftar isi ini sangat penting untuk mengetahui apa saja yang kamu lampirkan di dalam portofolio lamaran pekerjaanmu.

Banyak orang yang mengabaikan daftar isi, padahal daftar isi juga menjadi salah satu keterangan yang penting di dalam portofolio pekerjaan untuk dinilai oleh sebuah perusahaan.

4. Melampirkan Data Diri

Setelah menuliskan daftar isi, kamu dapat melanjutkan dengan memberikan keterangan terkait data diri kamu serta beberapa informasi tambahan seperti e-mail, nomor telepon, pengalaman pribadi, serta beberapa keterangan diri kamu.

5. Memberitahu Tujuan

Selanjutnya, kamu dapat memberikan keterangan mengenai tujuan kamu dan apa yang akan kamu capai di dalam portofolio ini. Kamu juga dapat menambahkan visi dan misi kamu untuk perusahaan yang kamu tuju untuk memaksimalkan isi portofolio kamu.

6. Memberikan Hasil Karya

Setelah semuanya sudah kamu lampirkan, selanjutnya kamu dapat mulai memasukkan semua pencapaian yang sudah kamu kumpulkan tadi serta beberapa deskripsi tambahan terkait prestasi yang sudah kamu raih.

Kamu juga dapat melampirkan beberapa hasil dari pencapaian kamu untuk meyakinkan sebuah perusahaan.

Untuk semakin membantu kamu dalam menulis porotofolio lamaran pekerjaan, di bawah ini kami akan memberikan contoh portofolio lamaran pekerjaan yang baik dan benar untuk kamu jadikan referensi.

Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Contoh portofolio (Sumber: Nesabamedia.com)
Contoh portofolio lamaran pekerjaan yang baik dan benar(Sumber: Majoo.id)
Contoh portofolio lamaran kerja (Sumber: Kibrispdr.org)
Portofolio untuk melamar kerja (Sumber: Dosenpintar.com)
Portofolio lamaran kerja (Sumber: Akupintar.id)
Contoh portofolio lamaran kerja (Sumber: 99.co)
Tag : #portofolio    #portofolio lamaran kerja    #pendidikan    #lamaran pekerjaan   

Baca Juga