Ilustrasi Solidaritas Mekanik dan Organik (Dok. RDK FM UIN JAKARTA)

Solidaritas Mekanik VS Organik, Apa Bedanya?

Mei | Pendidikan | 03-08-2022

PARBOABOA - Pernahkah kamu melakukan suatu hal yang bukan menjadi bagian dari dirimu sendiri atas dasar sebuah kebersamaan?

Atau, pernahkan kamu merasa empati kepada seseorang, sehingga menimbulkan niat untuk membantu?

Jadi, semua perasaan yang timbul tersebut itu menjadi bukti, lho kalau kita sebagai makhluk sosial pasti memiliki jiwa solidaritas antar sesama.

Lantas, apa sih sebenarnya solidaritas itu? Jenis nya apa saja? Contohnya dalam kehidupan nyata bagaimana?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan yang muncul dibenak kalian tersebut, pada kesempatan kali ini Parboaboa akan membahas mengenai Solidaritas tersebut sampai tuntas, langsung simak ya.

1. Pengertian Solidaritas

Secara garis besar, solidaritas merupakan sebuah perasaan simpati, keinginan untuk mengikat diri dalam sebuah kebersamaan, mementingkan kesatuan, menumbuhkan rasa empati, hingga bergabung kedalam sebuah anggota dari strata yang sefrekuensi.

Menurut Robert M.Z Lawang (1985), “Solidaritas merupakan proses sosial yang tetap bermuara pada sikap kesatuan, pertemanan, saling percaya yang muncul akibat dari tanggung jawab atau keinginan untuk bersama diantara para anggota masyarakat atau kelompok”.

Sedangkan menurut Soerjono Soekanto (1987), “Solidaritas sosial ialah suatu ketertarikan individu antar individu akan suatu kelompok, serikat, perhimpunan, strata, kelas sosial, yang membentuk masyarakat dengan bagian-bagiannya berdasarkan derajat-derajat yang sama”.

2. Solidaritas Mekanik VS Organik

Solidaritas Mekanik

Solidaritas mekanik adalah sekumpulan masyarakat yang cenderung memiliki ikatan dalam ciri solidaritas mekanik menjadi satu padu karena seluruh orang dalam solidaritas tipe ini adalah generalis (umum).

Pada dasarnya, mereka yang tergolong kedalam solidaritas mekanik memiliki kesamaan karakter yang umum terjadi karena nantinya mereka akan terlibat dalam aktvitas dengan tanggung jawab yang sama.

Solidaritas Organik

Berbanding terbalik dengan solidaritas mekanik, solidaritas organik adalah sekumpulan masyaratan yang terbentuk karena unsur perbedaan yang ada didalamnya menjadikannya semakin kuat, dengan catatan setiap orang memiliki peran serta tanggung jawab yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

3. Perbedaan Solidaritas Mekanik dan Solidaritas Organik

Solidaritas Organik

Dalam sebuah solidaritas organic, hal yang paling mencolok adalah tingkat persaingan antar individunya sangat tinggi serta kompleks yang memicu tingginya angka kompetisi.

Hal tersebut tentu memicu timbulnya diferensiasi sosial atau (pembagian kerja yang teratur dan ketat sudah digunakan) dengan angka yang tingg, sehngga memungkinkan semua anggota untuk senantiasa selalu bekerja sama dengan di dukung oleh SDM yang sama.

Karena hal tersebut jugalah yang membuat diferensiasi justru membuat sebuat kondisi dengan ikatan yang lebih erat, bukan hanya sebatas persamaan.

Biasanya ikatan yang ada didalamnya akan dibentuk atas dasar kesepakatan bersama antara kelompok profesi yang memiliki spesialisasi kerja masing-masing.

Solidaritas Mekanik

Berbeda dengan solidaritas organik, solidaritas mekanik cenderung memiliki kesadaran kolektif yang jauh lebih tinggi serta kuat jika dibandingkan dengan solidaritas mekanik.

Yang dimaksud dengan kesadaran kolektif disini adalah hal-hal yang berkaitan dengan norma, pemahaman, serta kepercayaan bersama.

Dalam solidaritas ini angka persaingan cukup rendah, namun pembagian kerjanya sangat ketat. Solidaritas mekanik juga lebih mengutamakan kesamaan dalam berperilaku dan sikap yang sudah lama ada kehidupan bermasyarakat.

Tak hanya itu saja, kehidupan masyarakat pada tipe yang satu ini juga masih tergolong sederhana, dimana ketidakhadiran salah satu anggota juga tak akan membawa dampak pada aktivitas kelompok.

Kesadaran bersama yang dibangun dalam masyarakat yang mencakup keseluruhan nilai-nilai dan kepercayaan bersifat eksternal dan memaksa individu.

4. Contoh Solidaritas Mekanik dan Organik

Solidaritas Mekanik

Pada dasarnya, solidaritas mekanik ini akan muncul pada kelompok masyarakat yang masih memiliki pola fikir yang masih sangat sederhana atau dengan tingkat kolektifitas nilai yang tinggi dan kuat, yang biasanya dijumpai pada masyarkat pedesaan.

Adapun contoh solidaritas mekanik dalam kehidupan sehari-hari yakni : ketika tetangga kita lagi tertimpa musibah akibat adanya bencana alam maupun sebab lainnya, maka seluruh warga secara sukarela akan bahu-membahu untuk memberikan pertolongan.

Solidaritas Organik

Jika contoh solidaritas mekanik sering dikaitkan dengan masyarakat desa, lain halnya dengan solidaritas organik yang lebih sering dikaitkan dengan masyarakat perkotaan yang dipersatukan atas dasar perbedaan.

Adapun contoh solidaritas organik adalah munculnya berbagai jenis pabrik dan perusahaan yang masing-masingnya terdiri dari devisi yang berbeda-beda dengan tanggung jawab yang juga berbeda tentunya.

Solidaritas mekanik dan organi tentu merupakan dua hal yang berbeda. Namun, walaupun begitu kita tetap harus menghargai kedua. Kenapa kita harus menghargai perbedaan? Agar tetap hidup rukun dan aman tentunya.

Tag : #solidaritas    #solidaritas masyarakat    #pendidikan    #solidaritas mekanik    #solidaritas organik   

Baca Juga