Contoh Surat Pengunduran Diri (Dok:Parboaboa)

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Ester | Pendidikan | 02-07-2022

PARBOABOA – Jika pekerjaan yang saat ini kamu jalankan kurang baik dan kamu berniat untuk berhenti, ulasan kami di bawah ini akan membantu kamu. Sebab, kami akan memberikan ulasan mengenai 7 contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan untuk kamu ketahui.

Dalam dunia kerja, hal pertama yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan adalah memberikan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah dokumen yang dilampirkan oleh seseorang untuk dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan.

Dokumen ini bisa berisi data diri, deksripsi diri, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pekerjaan yang dituju. Jika surat lamaran kerja sudah diterima dengan baik oleh pihak manager atau HRD, kemungkinan calon pelamar dapat langsung bekerja di dalam sebuah perusahaan.

Namun, saat ini banyak sekali orang yang asal-asalan dalam memilih pekerjaan yang mereka dapatkan dengan alasan “Yang penting kerja”. Padahal, hal itu akan berdampak pada kehidupan mereka di dalam dunia kerja nantinya.

Tidak jarang, banyak pekerja yang bahkan ingin resign dari pekerjaan yang mereka jalankan saat ini karena kurang cocok dengan bakat dan minat mereka. Tidak hanya itu, ada banyak penyebab seseorang resign dari pekerjaan mereka dikarenakan asal-asal dalam memilih pekerjaan.

Penyebab itu antara lain adalah:

  • Pekerjaan yang terlalu berat.
  • Stress.
  • Masa depan karyawan yang kurang jelas.
  • Kurang dihargai di dalam pekerjaannya.
  • Kurangnya kepercayaan yang dituju kepada karyawan.
  • Diskriminasi.
  • Pengelolaan gaji yang kurang.
  • Suasana yang kurang harmonis.
  • Kurangnya fasilitas pendukung di dalam dunia kerja.
  • Job pekerjaan yang tidak sesuai kontrak.
  • Tidak sesuai minat dan bakat

Dan masih banyak lagi penyebab seseorang ingin resign dari pekerjaan. Untuk itu, kamu diminta untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu agar pekerjaan yang kamu kerjakan dapat terlaksana dengan baik.

Dengan memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat juga dapat membuat pekerjaan menjadi ringan dan gampang untuk dikerjakan.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui seluk beluk tentang perusahaan yang kamu tuju agar pekerjaan kamu lancar nantinya.

Namun, jika kamu sudah terlanjur mendapatkan pekerjaan yang kurang kamu minati dan berniat untuk resign, kami akan membantu kamu untuk menulis surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan tanpa menyinggung siapa pun.

Akan tetapi, sebelum beralih ke contoh surat pengunduran diri kerja, kami akan memberikan struktur dalam menulis surat tersebut. Hal ini akan membantu kamu untuk menulis surat dengan baik.

Surat Pengunduran Diri Kerja

Seperti yang kita ketahui, surat pengunduran diri kerja adalah surat yang diajukan oleh karyawan atau orang yang bekerja di dalam sebuah instansi untuk menyatakan pengunduran diri dari pekerjaan yang saat ini sedang mereka kerjakan.

Sesuai dengan Pasal 154A Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pekerja atau buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri harus memunuhi syarat:

Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.

  • Tidak terikat dalam ikatan dinas.
  • Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.
  • Nah, setelah semua syarat sudah dilaksanakan barulah seseorang dapat mengajukan surat pengunduran diri.

Untuk menulis surat pengunduran diri, kamu dapat mengikuti langkah di bawah ini:

1. Pembuka

Di bagian pembuka, kamu dapat mengisi dengan tanggal pembuatan surat, nama dan alamat yang akan dituju, dan beberapa informasi pribadi.

2. Isi

Di bagian isi, kamu dapat mengisi informasi mengenai rencana pengunduran diri kamu serta informasi tambahan lainnya seperti, tanggal mengundurkan diri, alasan mengundurkan, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menambahkan pengajuan surat referensi dari kantor jika dibutuhkan. Lampirkan juga kalimat terima kasih dan hal baik yang kamu terima selama bekerja di perusahaan tempat kamu bekerja.

3. Penutup

Di bagian ini kamu dapat mengisi dengan salam penutup, tanda tangan, dan nama kamu.

Agar semakin paham dalam menulis surat pengunduran diri, di bawah ini kami akan memberikan 7 contoh surat pengunduran diri kerja yang dapat kamu jadikan sebagai referensi kamu.

(Sumber : 99.co)
(Sumber : SlideShare)
(Sumber : Mapel)
(Sumber : SlideShare)
(Sumber : 99.co)
(Sumber : Bergaya.ID)
(Sumber : Forbes.ID)

 

Tag : #surat pengunduran diri    #surat    #pendidikan    #pekerjaan    #pengunduran diri    #resign   

Baca Juga