Curug di Bandung Barat, foto: Kumparan

Surga Tersembunyi, Ini 7 Curug di Bandung Barat yang Sangat Indah

Wanovy | Travel | 19-05-2022

PARBOABOA, Bandung - Bandung Barat terkenal dengan relief alamnya yang unik. Berada di gugusan pegunungan Sunda Besar Purbakala, dialiri oleh rangkaian sungai Citarum Purba, menjadikannya tempat bersembunyi dengan banyaknya curug yang indah.

Curug atau air terjun dalam Bahasa Sunda menjadi salah pilihan sebagai tempat untuk menenangkan badan dan pikiran. Pemandangan yang indah di sekitar curug pun cocok untuk diabadikan dalam kamera.

Nah, berikut beberapa curug di Bandung Barat yang indah dan wajib kamu kunjungi saat musim libur tiba. Yuk, simak ulasannya!

1. Curug Malela

Curug Malela dikatakan sebagai Niagara Mini di Ujung Barat Bandung. Lebarnya sekitar 70 meter dengan ketinggian 60 meter.

Curug Malela ada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Malela sendiri diambil dari nama Prabu Taji Malela, beliau adalah tokoh masyarakat sekitar yang makamnya bisa ditemui di atas tebing sebelah kanan curug.

Konon, usia bebatuan yang berkisar 5 hingga 10 juta tahun ini, terbentuk akibat letusan Gunung Api Purba yang dulu banyak terdapat di selatan Bandung.

2. Curug Dago

Curug Dago menyimpan jejak sejarah bagi Kerajaan Thailand di Indonesia. Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat dua prasasti batu tulis peninggalan tahun 1818.

Menurut para ahli sejarah, kedua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

Di sana terdapat dua prasasti dengan aksara dan bahasa Thai. Curug Dago merupakan kawasan wisata yang terletak di Kampung Curug Dago, Desa Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap.

Letaknya sangat tersembunyi. Curug ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (THR) Djuanda. Diantara objek wisata di THR Djuanda, Curug dago biasanya  paling jarang dikunjungi.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Kamu jangan fokus dengan si "Teteh" yang sedang menikmati indahnya curug. Tapi fokuslah ke curugnya.

Curug ini terletak di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Tilu Leuwi Opat memiliki tiga tingkatan air terjun dan empat cerukan kolam (leuwi) yang indah dan nyaman untuk berenang.

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah, kamu bisa menikmati dinginnya air Curug Tilu Leuwi Opat ini.

4. Curug Panganten

Curug Panganten terletak di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Lokasinya memang agak jauh dan terletak di antara rimba pohon, namun rasa lelah saat perjalanan akan terobati setelah sampai ke sana.

Curug ini merupakan sebuah air terjun di ketinggian 1050 Mdpl, dengan tinggi curug kurang lebih 50 meter.

Dengan relief sekitar yang indah, kamu akan mendapatkan jepretan foto keren untuk menghiasi galeri media sosialmu.

5. Curug Maribaya

Curug selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah curug Maribaya. Destinasi satu ini masuk dalam jajaran curug hits yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan Anda. Jaraknya dari pusat kota sekitar 21 km yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Begitu menginjakkan kaki ke tempat satu ini Anda akan nuansa yang masih asri dan terjaga. Membutuhkan stamina kuat karena untuk menuju curug harus berjalan kaki dahulu.

6. Curug Batu Templek

Wisata Curug di Bandung yang memiliki pemandangan tak kalah cantik selanjutnya adalah Curug Batu Templek.

Air yang mengalir dari ketinggian ini melewati tebing tebing cadas yang membuatnya semakin menawan.

Terdapat jembatan gantung yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi untuk berswafoto dan menikmati keindahannya.

Untuk menikmati keindahannya Anda hanya perlu merogoh kantong sekitar Rp. 5 ribuan untuk tiket masuknya.

7. Curug Panyandaan

Curug di Bandung Barat yang satu ini terletak di Kampung Pasanggrahan, RT 02 RW 10, Desa Weninggalih, Kecamatan Sindangkerta, Kab Bandung Barat.

Konon, dalam curug tersebut ada sebuah gua yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Masyarakat setempat menyebut Curug Panyandaan juga dengan nama Curug Orok. Disebut demikian, karena curug ini berukuran lebih kecil daripada curug-curug lain yang ada di aliran sungai Cidadap.

Itulah tadi beberapa curug di Bandung Barat yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar menenangkan pikiran dari hiruk pikuk perkotaan. Happy holiday!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #jawa barat    #curug    #bandung barat   

Baca Juga