Panda Merah (Dok: Milan Zygmunt/Shutterstock)

Daftar 5 Hewan Terlangka di Dunia

Wulan | Hiburan | 21-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Hewan adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi Animalia.

Dengan sedikit pengecualian, hewan mengonsumsi bahan organik, menghirup oksigen, dapat bergerak, bereproduksi secara seksual, dan tumbuh dari bola sel yang berongga, blastula, selama fase perkembangan embrio.

Banyak jenis-jenis hewan di dunia ini dengan berbagai jenis dan spesiesnya masing-masing.  Nah terdapat sejumlah hewan langkah di dunia yang jarang kita ketahui.

Disini kita akan mengenal 5 jenis hewan terlangkah di dunia

1. Gelada

Gelada adalah spesies monyet yang hanya dapat ditemui di Dataran Tinggi Ethiopia dengan populasi yang besar di Pegunungan Simien.

Gelada adalah hewan yang memakan daun maupun biji rumput. Namun, jika keduanya tersedia Gelada lebih memilih biji.

2. Panda Merah

Panda merah adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. Sama seperti namanya, Panda Merah mempunyai bulu tebal berwarna merah kecokelatan dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat berwarna putih dengan garis merah kecokelatan dari mata ke mulutnya. Buntutnya panjang dengan dua belas cincin merah dan cokelat-muda berselang-seling. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es.

3. Badak Jawa

Badak jawa adalah sebuah anggota famili Rhinocerotidae dan merupakan mamalia terbesar yang paling langka di dunia.

Dulu hewan ini sangat banyak ditemukan di seluruh Asia Tenggara, bahkan sampai Bangladesh. Tetapi sekarang, jumlah hewan ini hanya mencapai 50 ekor.

4. vaquita

Vaquita adalah hewan sejenis ikan pesut yang memiliki ukuran yang kecil.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, ikan yang hidup di Teluk California ini hanya tinggal sekitar 30 ekor saja.

Vaquita sering ditemukan di pantai utara California. Kehidupan mereka terancaman akibat penangkapan ikan ilegal totoaba. Vaquita secara tidak sengaja berakhir dalam jerat jaring yang dipasang untuk totoaba dan tenggelam karena mereka tidak bisa lagi berenang ke permukaan untuk bernafas.

5. Kanguru Pohon

Kanguru jenis ini merupakan makropod yang beradaptasi dengan lingkungan di atas pohon. Kanguru pohon lebih mudah ditemukan di Papua Nugini. Ada pula di Queensland dan Australia.

Makanan pokok binatang ini adalah dedaunan, bunga, buah-buahan, ranting pohon, telur, burung kecil dan rerumputan. Mereka juga sering menjilati tubuhnya sendiri yang bertujuan untuk menjaga suhu tubuhnya.

Nah! Itu dia daftar 5 hewan terlangkah yang ada dunia. Semoga bisa menambah wawasan kalian yah!

Tag : #hewan    #hewan terlangka    #hiburan   

Baca Juga