Daftar 7 Gunung Tertinggi di Dunia, Udah Pernah ke Sini Belum?

Daftar 7 Gunung Tertinggi di Dunia, Udah Pernah ke Sini Belum?

Sondang | Hiburan | 20-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Mendaki gunung telah menjadi kegiatan out door yang cukup populer sejak dulu bahkan sebelum Covid-19 menyerang. Kegiatan yang mengacu adrenalin ini telah menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang, termasuk kaum muda.

Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk mencapai puncak tertinggi. Banyak yang kesulitan untuk mencapai puncak, sehingga berhenti di tengah jalan.

Berhasil menaklukkan puncak gunung jelas merupakan prestasi tersendiri, apalagi jika berhasil menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia. Gunung tertinggi di dunia tersebar di seluruh pelosok dunia termasuk benua Asia.

Gunung tertinggi di planet ini mempunyai jalur pendakian yang berat sehingga dibutuhkan peralatan dan persiapan supaya bisa menaklukannya. Bahkan, tidak jarang pendaki yang meninggal dunia ketika menuju ke puncak tertinggi yang ada di planet ini. Bisakah kamu menaklukkannya?

Daftar 7 Gunung Tertinggi di Dunia:

1. Gunung Everest - 8848 mdpl

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di planet ini yang terletak di wilayah pegunungan Himalaya, Nepal. Gunung ini telah didaki oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada tahun 1953. Ini adalah gunung yang paling banyak dikunjungi di planet ini.

Baru-baru ini, Everest telah menjadi bahan perdebatan besar. Banyak foto-foto bermunculan yang memperlihatkan antrian besar di dekat puncak Everest. Hal itu memicu perdebatan besar tentang kepadatan di Everest.

Gunung ini tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Tahun lalu, terdapat 11 orang pendaki yang meninggal dunia karena antrean di Death Zone. Untuk para pendaki, membutuhkan waktu sekitar 45 hari untuk sampai di puncaknya dengan biaya sekitar $100 ribu.

2. Gunung K2 - 8611 mdpl

Gunung K2 merupakan gunung tertinggi kedua di dunia yang terletak di Tibet. Pemberian nama gunung ini dilakukan oleh The Great Trigonometrical Survey of British India. Nama tersebut berasal dari notasi yang digunakan oleh para surveyor.

Gunung ini berada di area perbatasan antara Pakistan dengan China. Gunung yang berada di wilayah Karakoram ini tergabung dalam pegunungan yang membentang dari India, Pakistan, dan China yang merupakan wilayah gunung tertinggi di dunia.

Puncak gunung K2 ini terkenal tidak ramah untuk para pendaki karena kesulitannya sehingga diberikan julukan ‘Savage Mountain’. Suasana alam yang ada di gunung ini tidak kenal ampun dan pandang bulu. Bahkan, gunung ini terkenal ekstrim karena tingkat kematiannya yang tinggi.

3. Gunung Kangchenjunga - 8586 mdpl

Gunung Kangchenjunga merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia yang terletak di antara Nepal dan Sikkim India, dengan tiga puncaknya di sisi perbatan India dan dua lainnya di Distrik Taplejung Nepal.

Gunung ini pernah dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia sampai tahun 1852. Hal ini terjadi bukan karena tidak mengetahui gunung Everest, melainkan adanya kesalahan dalam perhitungan ketinggian. Sesudah perhitungan lebih lanjut, Kangchenjunga dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di dunia.

4. Gunung Lhotse - 8516 mdpl

Gunung Lhotse merupakan gunung tertinggi keempat di dunia yang terletak di wilayah Hilamalaya, dekat dengan Gunung Everest. Puncak utamanya ditaklukkan pertama kali tahun 1956 dan pernah menjadi titik tertinggi yang belum pernah didaki selama beberapa dekade. Tapi, tim ekspedisi dari Rusia berhasil menaklukkan puncaknya pada tahun 2011.

Rute mendaki Lhotse sama dengan rute mendaki Gunung Everest hingga mencapai Camp 3, setelah itu Anda akan berangkat ke Reiss couloir dari Lhotse Face, dari sana Anda akan mencapai puncak Lhotse.

Gunung Lhotse sering dibandingkan dengan adik Gunung Everest yang terabaikan, Everest. Everest menerima semua perhatian, sedangkan Lhotse, meskipun dianggap lebih menarik secara visual, secara signifikan tidak seramai Everest.

5. Gunung Makalu - 8485 mdpl

Gunung Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia yang terletak di Everest Massif, Nepal. Puncak gunung ini pertama kali ditaklukkan oleh Ekspedisi Prancis yang dipimpin oleh Jean Franco tahun 1955.

Pendakian mereka paling populer karena semua orang yang tergabung dalam ekspedisi tersebut berhasil menaklukkan puncaknya. Ketika itu, hanya terdapat satu atau dua pendaki dari setiap tim yang dapat mencapai puncak gunung pada sebuah ekspedisi.

Dua orang pertama, yang tergabung dalam ekspedisi tersebut mencapai puncak tanggal 15 Mei 1995. Lalu, disusul oleh empat orang keesokan harinya, dan empat orang lain naik sehari setelah itu.

6. Gunung Cho Oyu - 8188 mdpl

Gunung Cho Oyu merupakan gunung tertinggi keenam di dunia yang terletak di wilayah Everest.

Cho Oyu dianggap sebagai gunung 8000 meter yang paling mudah untuk ditaklukkan karena medan pendakian yang terbilang landai.

Terlebih lagi, hanya beberapa km dari Nangpa La Pass, yang mana merupakan rute perdangan utama antara Tibet dan Khumbu Sherpa.

7. Gunung Dhaulagiri - 8167 mdpl

Gunung Dhaulagiri merupakan gunung tertinggi ketujuh di dunia yang terletak di Nepal. Gunung ini adalah salah satu gunung paling menakjubkan secara estetika.

Gunung ini pertama kali didaki pada 13 Mei 1960. Namun, gunung ini dikenal karena visibilitasnya di Sirkuit Annapurna yang populer, dengan Annapurna I yang hanya berjarak 34 km. Pegunungan ini juga dipisahkan dengan ngarai terdalam yang ada di dunia yaitu Ngarai Kaligandaki.

Tag : #gunung tertinggi di dunia    #everest    #mountain    #himalaya    #mendaki gunung   

Baca Juga