Puncak Jaya Wijaya

Daftar Gunung Tertingggi di Indonesia, Pendaki Wajib Tahu

rini | Hiburan | 28-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Indonesia mempunyai destinasi wisata alam yang beragam, mulai dari pantai yang indah, danau yang luas, hingga pemandangan bawah laut yang beragam. Tak ketinggalan dengan keindahan yang tersaji dari ketinggian puncak-puncak gunung di Indonesia.

Indonesia memiliki ratusan gunung yang mempunyai keunikan dan keindahan yang memikat pendaki lokal maupun internasional untuk menjelajah. Kegiatan mendaki memang sedikit lebih menantang dan membutuhkan persiapan yang baik sebelum mendaki. Apalagi kalau memilih gunung tinggi dengan jalur pendakian yang sulit, pendaki harus ekstra hati-hati agar dapat melakukan perjalanan dengan selamat.

Berikut beberapa puncak gunung tertinggi di Indonesia yang bisa jadi referensi tujuan pendakian:

1. Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya atau Piramida Carstensz adalah puncak tertinggi di Indonesia yang terletak di Papua. Gunung ini mempunyai ketinggian 4.884 mdpl dan merupakan bagian dari Pegunungan Sudirman.

Gunung ini menjadi kawasan Situs Warisan UNESCO. Puncak gunung ini dipenuhi dengan es dan jalur pendakian yang mematikan.

2. Puncak Mandala

Masih di bumi Papua, masih ada gunung tertinggi di Indonesia lain yakni puncak Mandala. Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 mdpl yang puncaknya membentuk bagian Pegunungan Bintang dekat perbatasan Papua Nugini. Gunung ini juga sebelumnya ditutupi oleh salju, namun akibat perubahan iklim salju tersebut semakin menipis.

Gunung ini juga terkenal menjadi gunung yang sulit ditaklukkan. Nama lain dari gunung ini adalah Puncak Juliana yang diberikan seorang pendaki Belanda.

3. Puncak Trikora

Gunung Trikora juga terletak di Papua, tepatnya di Papua Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Banyak yang menyebut jika jalur pendakian gunung ini jauh lebih sulit daripada pendakian ke puncak Jaya Wijaya. Bahkan banyak diantara pendaki yang gagal sampai ke puncak gunung ini.

4.Gunung Kerinci

Puncak Gunung Kerinci berada di ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini terletak di Jambi. Masuk dalam jajaran dari bukit barisan dan termasuk golongan gunung berapi aktif dam terakhir meletus pada tahun 2009. Hingga kini, gunung dengan kawah yang luas dan warna airnya yang hijau kebiruan ini menjadi salah satu gunung favorit para pendaki.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani melengkapi keindahan Pulau Lombok, NTB dengan ketinggian 3.726 mdpl. Butuh skill mendaki khusus untuk menapakkan kaki ke puncak Gunung Rinjani karena medannya terjal. Meski begitu, Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit oleh pengunjung.

Itu dia 5 gunung tertinggi di Indonesia. Sudah pernah mendaki salah satunya?

Tag : hiburan, mendaki, gunung tertinggi, puncak tertinggi, wisata indonesia, wisata a

Berita Terkait