Kedokteran membutuhkan biaya pendidikan yang sangat mahal

Daftar Jurusan Kuliah dengan Biaya Pendidikan Terbesar

rini | Pendidikan | 05-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Biaya kuliah yang tinggi kadang menjadi permasalahan seorang calon mahasiswa membatalkan niatnya untuk mengambil sebuah jurusan yang diinginkan di universitas.

Biaya yang tinggi dalam perkuliahan biasanya berbeda-beda tenggantung jurusan dan universitas. Biaya kuliah biasanya terdiri dari uang kuliah per semester, biaya praktek, uang untuk membeli buku, biaya membuat laporan dan masih banyak jenis biaya lainnya.

Namun ada juga jurusan yang membutuhkan biaya besar selama proses perkuliahan karena adanya praktik di laboratorium yang sangat banyak, fasilitas kampus yang memadai.

Berikut jurusan kuliah dengan biaya pendidikan terbesar:

1. Kedokteran

Menempuh pendidikan di jurusan kedokteran membutuhkan biaya yang sangat besar karena pembelajaran dan praktikum dilakukan dengan alat lab yang harus lengkap.

Misalnya untuk praktikum bedah anatomi saja, mahasiswa kedokteran perlu menggunakan kadaver (mayat) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Ada juga alat lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti jarum suntik. Membuat mahasiswa perlu pendanaan yang cukup sampai proses pendidikan selesai.

Namun banyak pihak yang mengangap biaya tersebut setimpal dengan pendapatan seorang dokter setelah bekerja.

2. Penerbangan

Kuliah di jurusan penerbangan adalah langkah awal bagi orang yang bercita-cita sebagai pilot. Biaya tinggi selama proses studi dianggap sepadan karena mahasiswanya mendapat praktikum, simulasi penerbangan dan sertifikasi yang sangat penting sebelum menjadi pilot.

Selain itu tenaga pengajar di bidang penerbangan juga adalah para pengajar yang berlisensi sehingga biaya untuk membayar mereka sebagai pengajar pun tidaklah sedikit.

3. Arsitektur

Biaya kuliah di jurusan arsitektur berasal dari peralatan wajib yang harus dimiliki mahasiswa. Seperti komputer atau laptop yang harus memenuhi spesifikasi pendukung untuk menjalankan software gambar hingga berbagi jenis kertas, pensil, meja gambar, yang harganya ratusan ribu.

Seorang arsitek harus mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi yang tentunya didapat dengan mempunyai peralatan yang sangat mahal, ditambah lagi dengan uang kuliah per semesternya.

4. Teknik

Jurusan bidang teknik di Indonesia merupakan salah satu yang paling diminati, selain karena lapangan pekerjaannya sangat luas. Namun untuk menempuh pendidikan di jurusan ini juga dibutuhkan biaya yang sangat mahal untuk membeli peralatan-peralatan penunjang dan bahan-bahan praktikum.

5. Fashion Design

Dunia fashion berkembang dari masa ke masa dan Indonesia terus bersaing dalam perkembangan fashion dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya desainer Indonesia yang sudah terkenal di kancah internasional, misalnya Tex Saverio, Ivan Gunawan, dan Adjie Notonegoro.

industri fashion merupakan salah satu bidang yang paling diminati, tidak heran jika banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang fashion design. Namun, untuk kuliah di jurusan ini, Anda perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit.

Biaya kuliah yang tinggi dari Jurusan Desain Fashion dikarenakan tingginya gaji para staf pengajar di lapangan dan kemudian selama di universitas Anda juga akan dikenakan biaya tambahan untuk pembelian bahan-bahan praktis atau mengikuti fashion show.

Tag : pendidikan, biaya kuliah termahal, jurusan kuliah, uang praktik

Berita Terkait