Hotma Sitompul dan Hotman Paris (Kolase foto Instagram.com/@hotmasitompoelofficial/@hotmanparisofficial/)

Daftar 7 Pengacara Terkenal di Indonesia, Adakah Pengacara Favoritmu?

Wulan | Nasional | 26-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Pengacara adalah salah satu profesi yang paling sering disebut ketika pertanyaan seputar cita-cita keluar disaat masih di taman kanak-kanak atau sekolah dasar.

Walaupun saat ini telah tercipta profesi baru yang lebih terkenal, tapi tetap tidak merubah pandangan banyak orang secara umum dimana menjadi seorang Pengacara adalah sebuah kesuksesan.

Di Indonesia terdapat puluhan ribu Pengacara, namun yang sering muncul dipermukaan hanya beberapa Pengacara saja. Penasaran? Yuk simak daftar Pengacara Terkenal di Indonesia.

1. Hotman Paris Hutapea

Pengacara yang lahir di Laguboti, 20 oktober 1959 ini memiliki beberapa julukan karena kemampuannya dalam menangani kasus hukum seperti “Pengacara Konstitusi” dan pengacara Rp30 Miliar. Tak hanya itu, Hotman Paris juga terkenal sebagai Pengacara yang memiliki harta kekayaan yang berlimpah. Hotman Paris diketahui mempunyai beberapa ruko di Jakarta, hotel, villa dan beberapa koleksi mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, Cadillac Escalade, Bentley, dan Audi yang per unitnya dibandrol miliaran rupiah. Walaupun kaya dan terkesan seperti ‘tukang pamer’ tapi Hotman Paris juga merupakan sosok yang suka menolong sesama, dia tidak segan-segan menjadi seorang pengacara untuk sebuah kasus yang menjerat orang-orang kelas ekonomi kebawah yang tidak punya uang untuk mendapatkan perlindungan hukum.

2. Elza Syarief

Elza Syarief adalah pengacara senior yang sangat terkenal di Indonesia. Wanita kelahiran Jakarta, 24 Juli 1957 ini menyelesaikan pendidikan sebagai sarjana hukum di Universitas Jaya Baya tahun 1987. Ia mulai menjadi Pengacara pada 1989 dan kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister di Universitas Padjajaran pada tahun 2003. Ia juga lanjut menamatkan pendidikan doktoralnya di Universitas yang sama tahun 2003. Namanya mulai terdengar saat menangani kasus perceraian selebriti Tanah Air. Elza pernah terlibat dalam perceraian Maia Estianty dan Ahmad Dhani dan pernah terlihat berseteru di sebuah siaran televisi bersama aktris Nikita Mirzani

3. Yusril Izha Mahendra

Pengacara top Indonesia selanjutnya adalah Yusril Ihza Mahendra. Selain sebagai pengacara, ia juga dikenal sebagai politikus dan akademisi di Indoensia. Beberapa jabatan penting pernah diemban Yusril seperti Menteri Hukum dan Perundang-Undangan Indonesia periode 1999 – 2001, Menteri Hukum dan HAM pada 2001 sampai 2004 dan menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara selama 3 tahun, yakni sejak 2004 hingga 2007. Sebagai seorang advokat, ia mendirikan Yusril Ihza Mahendra & Partners yang kemudian berganti nama menjadi Ihza & Ihza Law Firm.

4. Todung Mulya Lubis

Todung merupakan seorang Pengacara bisnis terkenal sekaligus dosen di Indonesia. Todung merupakan amunus Universitas Indonesia (UI) di tahun 1974. Kemudian ia pernah tinggal di Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan. Dirinya juga merupakan pengajar di beberapa universitas di Indonesia, seperti Univeristas Indonesia, Universitas Atmajaya, dan Universitas Sumatera Utara. Kemudian, ia aktif menulis jurnal dan buku seputar hukum.

5. Sunan Kalijaga

Pengacara yang dijuluki “Pengacara Hijrah” ini menjadi Pengacara terkenal kelima. Ia sering dipanggil sebagai Sunan, selain sering tampil dengan mobil mewahnya Sunan juga sering terlihat menggunakan sorban dan jenggotn yang membuat dirinya sebagai Pengacara Hijrah.

6. Hotma Sitompul

Hotma juga tidak kalah hebat namanya menjadi Pengacara terkenal di Indonesia. Saudara kandung dari Pengacara sekaligus Politikus ternama Ruhut Sitompul ini bisa dibilang jadi salah satu pengacara paling kontroversial di Indonesia ini juga memiliki bayaran yang tinggi untuk setiap penanganan kasus yang ia tangani, diketahui bayarannya bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah per kasusnya. Sebagai salah satu pengacara terkenal di Indonesia, Hotma juga pernah menangani kasus-kasus sensasional seperti tuduhan pemakaian narkoba oleh artis Raffi Ahmad dan kasus pembunuhan gadis kecil Engeline oleh Margariet di Bali.

7. Juniver Girsang

Dia adalah salah satu Pengacara di Indonesia yang cukup senior dan terkenal di Indonesia. Ia memulai karir di dunia hukum Indonesia sejak tahun 1987. Girsang menempuh pendidikan formal di Fakultas Hukum (S1) Universitas Krisnadwipayana (1986), Program Study Magister (S2) Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran (2004), dan Program Study Doktor (S3) Universitas Padjadjaran (2010). Semasa ia berkarir menjadi Pengacara terkenal di Indonesia, Girsang sering terlibat dalam berbagai kasus hukum yang besar, seperti menjadi salah satu kuasa hukum Firman Wijaya dalam menghadapi gugatan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kasus korupsi Mall Grand Indonesia dan masih banyak lagi.

Nama-nama yang sudah dirangkum diatas telah menjadi orang yang sukses tidak hanya karena sekedar menjadi ‘Pengacara’ saja tapi juga karena semangat dan perjuangan mereka memulai karirnya dari 0 hingga menjadi Pengacara terkenal di Indonesia. Semoga bisa menginspirasi kita semua, ya. Terimakasih!

Tag : #pengacara    #terkenal    #nasional    #lawyer    #pengacara indonesia    #hotman paris hutapea    #elza syarief   

Baca Juga