Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia

Daftar Penyakit Paling Mematikan di Dunia, Patut Diwaspadai

rini | Kesehatan | 25-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sakit merupakan satu hal yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan. Mulai dari penyakit yang ringat sampai penyakit kronis yang sulit disembuhkan.

Beberapa penyakit tidak terdeteksi saat awal-awal menginfeksi tubuh, menjadi penyebab serangan yang dapat merebut nyawa seketika. Gaya hidup sehat adalah cara yang dianggap ampuh untuk menangkah penyakit, seperti mengkonsumsi makanan sehat, rajin berolaharaga, serta rutin melakukan pemeriksaan tubuh.

Berikut ini beberapa penyakit paling mematikan di dunia menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO):

1. Penyakit Jantung Coroner

Ini adalah penyakit paling mematikan di dunia berdasarkan jumlah kematian penderitanya. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Ketika jantung sama sekali tidak mendapat pasokan oksigen dan darah, maka organ ini akan berhenti berfungsi.

2. Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Stroke adalah kondisi gawat darurat yang perlu ditangani secepatnya, karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Tindakan penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan otak dan mencegah kemungkinan munculnya komplikasi.

3. Infeksi saluran pernapasan

Infeksi saluran pernapasan adalah infeksi yang bisa menyerang setiap bagian saluran pernapasan. Infeksi saluran pernapasan bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Walaupun bisa dialami oleh setiap orang dari golongan usia mana pun. Infeksi saluran pernapasan disebabkan kuman patogen, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

4. Diabetes melitus

Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

5. Kanker

Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang tersebar di setiap organ dan bagian. Nantinya, sel-sel ini akan terus tumbuh dan berkembang menjadi sel baru. Karena sudah tergantikan, secara alami sel-sel yang tidak sehat, tidak berfungsi dan tua akan mati.

Tag : gaya hidup sehat, penyakit mematikan, stroke, jantung, diabetes, kesehatan

Berita Terkait