Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Penulis : Wulan | Internasional | 18-02-2022

ilustrasi sungai (Foto: iStock)

PARBOABOA, Pematangsiantar – Sungai merupakan aliran yang besar di daratan dan menjadi tempat mengalirnya air dari hulu ke hilir sungai.

Air sungai mengalir dari hulu atau bagian tertinggi yang biasanya berada di pegunungan. Kemudian, air akan mengalir ke hilir atau bagian terdekat dengan muara sungai baik di danau atau lautan.

Menghimpun dari banyaknya sumber, berikut ini merupakan beberapa sungai terpanjang di dunia:

1. Sungai Nil

Sungai terpanjang di dunia yang berada di benua Afrika ini, mempunyai kepanjangan sungai yang mencapai hingga 6.650 km dan melewati 9 negara, yakni Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Sudan. Nama ‘Nil’ itu mempunyai arti yaitu ‘lembah sungai’ dalam bahasa Yunani.

Sungai Nil mempunyai cerita yang sangat terkenal hingga mendunia karena menjadi saksi sejarah sejak zaman peradaban di Mesir Kuno. Disini, terdapat beberapa satwa liar khasnya salah satunya seperti buaya sungai nil yang merupakan reptil terbesar kedua di dunia.

2. Sungai Amazon

Di deretan kedua posisi sungai terpanjang di dunia ditempati oleh Sungai Amazon yang mempunyai kepanjangan sungai sekitar 6.436 kilometer. Sungai Amazon menjadi sungai terbesar di dunia dalam hak volume pembuangan airnya. Sungai Amazon diberi nama oleh seorang tentara Spanyol yang bernama Francisco de Orellana pada tahun 1541.

Amazon memiliki beberapa muara, yang melebar ke arah laut, sehingga titik pasti di mana sungai itu berakhir tidak dapat dipastikan. Jika muara Par (mulut terjauh) dihitung, panjangnya kira-kira 6.750 km (4.195 mil).

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang ketiga setelah Sungai Nil dan Sungai Amazon. Sungai yang terletak di negeri Tiongkok ini memiliki panjang sekitar 6.300 km.

Sungai ini memiliki peran besar dalam menghidupi masyarakat di Tiongkok dengan menyediakan sumber daya air serta transportasi, karena sungai Yangtze adalah sungai terpanjang yang hanya mengalir sepenuhnya di satu negara saja.

4. Sungai Mississippi

Sungai terpanjang di dunia yang masuk dalam urutan keempat ini berada di Amerika Serikat. Sungai terpanjang di Amerika Serikat ini memiliki panjang 5.970 kilometer dan memiliki hulu di Danau Itasca dan berakhir di Teluk Meksiko. Nama sungai ini sendiri berasal dari bahasa asli Amerika yang berarti 'Banyak Air' karena menjadi sumber mata air.  

Sungai ini juga mempunyai habitat hewan liarnya, seperti Aligator Amerika yaitu salah satu hewan terbesar dari anggota buaya. Namun, mereka berbeda dengan buaya, misalnya dalam hal penampilan, aligator memiliki moncong yang lebih membulat dibanding buaya.

5. Sungai Yenisei

Sungai yang termasuk di deretan ke 5 sungai terpanjang di dunia memiliki panjang 3438 kilometer dan merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Meskipun berhulu di Mongolia, sebagian besar aliran sungai ini berada di Rusia.

Sekitar setengah dari air sungai Yenisey berasal dari salju, sepertiga lebih sedikit dari air hujan, dan sisanya dari air tanah. Dalam hal limpasan, Yenisey adalah sungai terbesar di Rusia, dengan sekitar 150 mil kubik (620 kilometer kubik) per tahun.

Editor : -

Tag : #sungai    #sungai terpanjang    #internasional   

Baca Juga